Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri. Salah satu fitur utama WhatsApp adalah kemampuannya untuk mengirim dan menerima foto dengan mudah. Namun, ada kalanya Anda mungkin mengalami masalah di mana foto yang Anda terima atau kirim tidak tersimpan secara otomatis ke galeri ponsel Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.


Seperti aplikasi pesan instan pada umumnya, WhatsApp atau biasa disebut juga dengan WA, juga tak lepas dari kendala. Salah satu kendala yang mungkin kerap dijumpai adalah foto WA tidak tersimpan di galeri handphone (HP).

Kiriman berbagai jenis file media di WhatsApp, termasuk foto, biasanya bakal terunduh secara otomatis. Setelah terunduh, foto akan tersimpan di galeri ponsel. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa juga foto WA tidak tersimpan di galeri HP.

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

WhatsApp (WA) mempunyai fitur bawaan untuk mengunduh kiriman foto dan video secara otomatis. Sehingga, foto/video tersebut bisa tersimpan di galeri HP.

Namun, terkadang ada video atau foto WA yang tidak tersimpan di galeri. Kendala tersebut memang cukup umum, dan sering terjadi pada pengguna WA baik di Android atau iPhone.

Dilansir dari laman Airdroid Personal, berikut adalah beberapa faktor penyebab kenapa foto WA tidak tersimpan di galeri:

1. Pengaturan Privasi

Salah satu penyebab foto WA tidak tersimpan di galeri yaitu karena pengguna menggunakan opsi untuk menyembunyikan foto WA, karena alasan privasi.

Baca Juga :   Tips Belajar SEO Website Otodidak

Opsi privasi mungkin diaktifkan oleh pengguna. Sehingga, pengguna tidak akan bisa melihat langsung media WA yang telah terunduh di galeri HP.

2. Ada Opsi Default yang Dinonaktifkan

Jika pengguna menonaktifkan fitur “Unduh otomatis media ” di pengaturan WhatsApp. Tentu file media tidak akan disimpan, sehingga foto/videonya tidak terlihat.

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

3. Koneksi Internet

Tidak adanya koneksi internet atau koneksi yang buruk, akan mempengaruhi pengunduhan media. Pasalnya, diperlukan internet yang stabil untuk mengunduh kiriman foto dan video yang masuk ke WA.

4. Kesalahan Sementara pada WhatsApp

WhatsApp sendiri juga terkadang mengalami kesalahan atau error, sehingga sistem tidak bisa menyimpan unduhan foto ke HP kamu. Kamu bisa coba memperbarui atau memulai ulang aplikasi untuk memperbaiki masalah ini.

5. Memori atau Penyimpanan HP Penuh

Alasan umum penyebab foto WA tidak muncul di galeri selanjutnya yaitu, karena ruang penyimpanan yang tidak tersedia. Tidak adanya tersedia cukup ruang di memori HP, membuat media tidak bisa tersimpan.

6. Kartu SD yang Rusak (Pengguna Android)

Pengunduhan dari WA juga memungkinkan foto atau video dari WA, masuk ke kartu SD di HP Android kamu. Oleh sebab itu, jika kartu rusak atau tidak berfungsi, foto WA tidak akan tersimpan di galeri.

Baca Juga :   Perbedaan Android Developer dan Web Developer

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

Cara Mengatasi Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri

Masih dari sumber yang sama, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki masalah foto WA yang tidak tersimpan atau tidak muncul di galeri.

1. Mulai Ulang HP

Cara sederhana mengatasi foto WA tidak tersimpan di galeri yaitu cobalah untuk memulai ulang HP (restart). Setelah HP dimulai ulang, periksa apakah WA sudah bisa menyimpan foto ke galeri ponsel atau tidak.

2. Aktifkan Fitur Unduh Otomatis

Pengguna bisa mengaktifkan fitur simpan otomatis. Hal ini akan memungkinkan foto terunduh hanya melalui Wi-Fi (membatasinya pada data seluler) maupun sebaliknya.

Berikut ini langkah-langkah mengaktifkannya untuk pengguna Android:

  • Buka WhatsApp
  • Klik ikon tiga titik di bagian atas
  • Pilih Pengaturan
  • Klik Penyimpanan dan Data
  • Pilih opsi yang diinginkan di bawah Unduh otomatis media

Langkah-langkah untuk pengguna iPhone:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih Pengaturan > Obrolan > Simpan ke Rol Kamera
  • Aktifkan sakelar

3. Hapus Cache WhatsApp

Sering kali terdapat malware atau bug pada file cache WhatsApp. Hal ini termasuk penyebab folder foto WA tidak muncul di galeri. Oleh sebab itu, menghapus cache WhatsApp menjadi opsi untuk mengatasi hal ini.

Menghapus file yang tidak diinginkan juga akan meningkatkan kinerja HP, sekaligus menambah ruang penyimpanan.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache WhatsApp di Android:

Baca Juga :   Cara Menampilkan Hasil Google Search yang Tak Tampil di bawah Pencarian
  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi
  • Klik WhatsApp, lalu buka penyimpanan dan klik “Hapus data”

Di iPhone, tidak ada cara langsung untuk menghapus file cache WhatsApp. Pengguna bisa menghapus dan menginstal ulang aplikasi dari App Store.

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

4. Perbarui WhatsApp

Penggunaan WhatsApp versi lama menjadi salah satu masalah ini terjadi, oleh karena itu perbaruilah (update) aplikasi WhatsApp.

5. Hapus File yang Tidak Ada

Penyebab lainnya adalah adanya file .nomedia di penyimpanan WhatsApp. File tersebut menyembunyikan media WhatsApp di galeri HP.

Sehingga, yang harus dilakukan yaitu menghapus file .nomedia di Android. Berikut caranya:

  • Buka Manajer File
  • Klik ikon tiga titik untuk membuka Pengaturan
  • Aktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi”

6. Buat Ruang Penyimpanan

Diperlukan cukup ruang di HP agar WA bisa menyimpan foto dan video yang masuk. Jadi, pengguna perlu menghapus media, aplikasi, dan dokumen yang tidak penting untuk mengosongkan memori.

Itulah beberapa alasan kenapa foto WA tidak tersimpan di galeri serta cara mengatasi hal ini.

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

Semoga bermanfaat.