Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Pemula. Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, Anda pasti mencari cara untuk mempromosikan usaha tersebut. Anda mungkin dapat menyewa papan iklan, membuat brosur atau poster. Namun ada cara yang lebih mudah untuk mempromosikan produk-produk bisnis Anda. Yakni dengan menggunakan online shop.

Online Shop saat ini merupakan pilihan mudah bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Anda cukup menggunakan layanan internet yang ada. Nah, bagi kamu yang masih cukup awam dan ingin tahu bagaimana cara membuat akun instagram bisnis hingga tips mengelolanya, yuk intip artikel berikut!

Baca Yuk :

Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Pemula

Instagram kini telah menjadi sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya berbisnis menggunakan instagram bisnis. Bagi pemilik olshop, fitur instagram bisnis (instagram business) bisa membantu kamu dalam memasarkan produk atau layanan yang ada.

Cara membuat akun instagram bisnis

Berawal dari aplikasi berbagi foto, kini Instagram memiliki beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengelola bisnis bernama Instagram Bisnis. Pembuatan instagram bisnis (instagram business) juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan instagram bisnis.

  1. Jika sudah memiliki akun instagram sebelumnya, kamu bisa langsung masuk ke halaman profil. Kemudian pilih 3 garis yang ada di pojok kanan atas.
  2. Pilih menu pengaturan atau setting jika menggunakan Bahasa Inggris. Selanjutnya, pilih menu Account.
  3. Kemudian geser ke bawah hingga kamu menemukan pilihan Switch to Professional Account atau pilih Beralih ke Akun Bisnis.
  4. Jika sudah terbuka, kamu bisa melanjutkannya dengan proses pengubahan jenis akun dengan klik button continue atau lanjutkan.
  5. Setelah itu, kamu bisa pilih kategori akun yang sesuai dengan bisnismu. Misalnya, clothing (brand) jika kamu memiliki bisnis clothing.
  6. Pilih jenis akunmu juga antara dua pilihan bisnis/kreator. Kamu bisa memilih bisnis jika akunmu digunakan untuk berjualan/usaha, atau kamu juga bisa memilih kreator jika akun instagram digunakan untuk pembuatan konten digital.
  7. Langkah berikutnya adalah melakukan konfirmasi alamat email dan nomor telepon bisnis.
  8. Selanjutnya, kamu bisa pilih untuk menyambungkan akunmu ke halaman Facebook atau jika tidak kamu bisa klik pilihan skip.
  9. Selesai, akunmu sudah beralih menjadi akun bisnis. Selanjutnya kamu cukup melengkapi profil akun instagram bisnis.

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah melakukan promosi untuk bisnismu di instagram.

Cara promosi di instagram

Cara promosi di instagram ini biasanya disesuaikan dengan tujuan yang ingin kamu capai, baik meningkatkan brand awareness, brand exposure, hingga meningkatkan sales dan leads. Berikut ini adalah beberapa cara promosi di instagram yang bisa kamu lakukan.

  1. Mengubah akun personal menjadi akun bisnis

Cara promosi di instagram pertama adalah mengubah akun instagram personal brand menjadi akun bisnis yang lebih profesional (instagram business). Dengan akun instagram bisnis ini, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur untuk meningkatkan promosi bisnismu.

  1. Memanfaatkan fitur instagram bisnis (instagram business)

Fitur instagram business yang bisa membantu meningkatkan promosi adalah sebagai berikut:

  • Content insight, fitur instagram insight ini berfungsi untuk mengevaluasi aktivitas dan engagement setiap konten yang kamu buat.
  • Audience insight, dengan fitur instagram insight ini kamu bisa mengetahui demografi audiens akun instagram bisnismu diantaranya, usia, jenis kelamin dan lokasi orang-orang yang melihat konten atau profil bisnismu.
  • Activity insight, fitur instagram insight ini berfungsi untuk mengetahui aktivitas audiensmu. Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui berapa klik untuk profile visit, klik panggilan, email dan sebagainya.
  1. Membuat konten yang menarik dan sesuai dengan brand personality

Cara promosi di Instagram selanjutnya adalah membuat konten yang menarik sesuai dengan brand personality. Pastikan konten-konten unggahan di instagram adalah konten yang menarik secara visual maupun captionnya.

Sehingga konsumen/audiens yang melihat kontenmu akan tertarik. Penting juga untuk menyesuaikan desain konten dengan personaliti brand mulai dari warna, gaya komunikasi, dan lain-lain.

  1. Berbagi testimonial konsumen

Membagikan testimoni konsumen yang sudah kamu miliki bisa menjadi salah satu cara promosi di instagram yang cukup ampuh. Hal tersebut karena produkmu akan dikenal sebagai produk berkualitas dilihat dari apresiasi pelanggan atau pembeli.

Kamu bisa membuat konten feed, atau repost postingan dari konsumen yang berbagi testimoni tentang produkmu.

  1. Beriklan di Instagram Ads

Salah satu fitur instagram bisnis (instagram business) adalah memiliki fitur untuk beriklan dengan promote atau instagram Ads. Namun, dalam menggunakan fitur ini, akun instagram bisnismu harus terhubung dengan Facebook page dengan profil yang sama.

Instagram Ads memungkinkan kamu menargetkan audiens yang sesuai dengan segmentasi bisnismu. Tak perlu pusing memikirkan pengeluaran, sebab kamu dapat menggunakannya sesuai budget.

Tips instagram bisnis untuk olshop

Saat ini, Instagram sudah digunakan oleh ribuan online shop untuk mempromosikan dan menjual produknya. Online shop di Instagram juga memiliki potensi yang cukup bagus. Bahkan menurut data dari Porto News, masyarakat Indonesia mengakses Instagram setiap 3 jam sekali.

Hal ini menunjukan instagram bisa menjadi salah satu platform untuk mengembangkan bisnis online shop. Jangan khawatir jika kamu seorang pemula, di bawah ini Jagoan Hosting sudah merangkum tips instagram bisnis untuk online shop.

  1.  Menyambungkan akun instagram bisnis dengan sosial media lainnya

Tips instagram bisnis untuk online shop pertama adalah menyambungkan akun instagram bisnis dengan sosial media lainnya. Instagram memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan instagram dengan sosial media lainnya seperti, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Dengan fitur koneksi sosial media ini kamu bisa memposting satu konten di semua sosial media, lebih efektif dan lebih cepat, bukan?

  1. Memaksimalkan fungsi hashtag

Tahukah kamu jika hashtag bisa memudahkan audiens untuk mencari produk jualanmu? Ya, tambahkan saja hashtag yang sesuai dengan produk atau kontenmu.

Tips dari Jagoan Hosting, cukup gunakan metode 305 hashtag saja. Yakni metode dengan komposisi 3 hashtag yang tidak terlalu banyak dicari, dan 2 hashtag paling banyak dicari. Lalu, pastikan kamu menggunakan hashtag yang relevan dengan bisnis online shop kamu ya, Sob!

  1. Jadwal posting yang konsisten

Jadwal posting yang konsisten juga menjadi salah satu tips untuk bisnis online shop di instagram. Jangan spamming dengan mengunggah lebih dari 2 konten setiap harinya.

Hal itu juga bisa dideteksi instagram sebagai spam. Atur jadwal posting maksimal 2 posting dalam sehari dengan jarak 3 jam.

  1. Mengadakan giveaway dan promo

Memberikan apresiasi atau reward kepada customer bisa jadi salah satu tips instagram bisnis online shop. Caranya, kamu bisa mengadakan event giveaway atau promo untuk followersmu.

Event ini bisa meningkatkan peluang konsumen untuk membeli produk dengan memanfaatkan promo, atau mengikuti giveaway dengan persyaratan tertentu, misalnya, mengajak teman untuk ikutan. Sehingga dengan begitu akan meningkatkan exposure akun instagram bisnismu.

  1. Jangan hanya posting produk yang dijual

Meskipun akun online shop kamu digunakan untuk berjualan, kamu tetap bisa mengunggah hal lain loh di akun tersebut. Misalnya, dengan posting quotes maupun Q&A yang bisa meningkatkan engagement dengan audiens.

Tentunya tips instagram bisnis online shop satu ini tidak akan membuat followersmu bosan dan jengkel karena konten jualanmu. Bahkan mereka bisa lebih mengenal personaliti brand.

Itu lah tips instagram untuk bisnis online shop. Hal terpenting dalam mengelola akun instagram bisnis adalah konten feed, mengelola feed instagram bisnis tentu bukanlah hal yang mudah. Gunakan kreativitas kamu dan maksimalkan fungsi instagram sebagai media untuk memasarkan bisnis.

Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Pemula

Memasarkan produk lewat Instagram Bisnis juga bisa dioptimalkan dengan fitur Instagram Shop. Di mana kamu diharuskan untuk memiliki website. Sehingga, kamu bisa menautkan dan menampilkan produk kamu di Instagram.

Baca Yuk :
Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »