Tips SEO Cara Top Rank Halaman 1 di Search Engine Result Page. Anda perlu meningkatkan prospek dan kunjungan situs web. Untuk itu, rencana pemasaran konten Anda pasti membutuhkan bantuan. Ikuti petunjuk sejumlah tips berikut ini untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) dan lihat bagaimana situs web Anda menjadi juara di peringkat puncak hasil pencarian.

SEO tetap menjadi perhatian utama bagi pemasar saat merencanakan strategi pemasaran konten mereka di tahun 2021 ini. Bagi sebagian besar pemasar, prosesnya sudah tidak serumit apa yang dibayangkan. Waktu masih menjadi masalah dan pemantauan mingguan membuat Anda harus selalu menunggu dan membaca beberapa blog untuk mendapatkan tips, trik, dan tren SEO terbaru.

Baca Yuk :



Tips SEO Cara Top Rank Halaman 1 di Search Engine Result Page

Tahukah Anda? 75% pengguna internet hanya memperhatikan hasil pencarian Google pada halaman pertama. Inilah alasan kuat mengapa situs Anda tidak terjamah jika berada di halaman kedua atau seterusnya.

Namun, bagaimana cara agar website tampil di halaman pertama Google? Tentunya hal tersebut tidak mustahil. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari trik-triknya.

1. Publikasikan Konten yang Relevan

Konten yang berkualitas adalah pendorong nomor satu bagi strategi SEO Anda dan tidak ada pengganti untuk menghasilkan konten yang hebat. Konten berkualitas yang dibuat khusus untuk pengguna yang Anda targetkan untuk meningkatkan trafik situs, harus bisa meningkatkan otoritas dan relevansi situs Anda. Sempurnakan keterampilan menulis web Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

A. Penggunaan Kata kunci

Identifikasi dan targetkan frasa kata kunci tertentu untuk setiap halaman di situs web Anda. Pikirkan tentang bagaimana pembaca Anda mungkin mencari halaman tertentu dengan istilah pencarian seperti:

Tips jitu menguasai manajemen pertanian

Apa itu teknik biomedis?

Cara tepat menggunakan Microsoft Excel

Cara membudidayakan ikan hias

Bagaimana cara mengajukan beasiswa?

Apa itu teknik baca skimming dan scanning?

B. Perhatikan Frasa Kata Kunci

Akan sangat sulit bagi halaman situs web untuk mencapai peringkat teratas di hasil pencarian yang menggunakan beberapa frasa kata kunci tertentu—kecuali jika frasa tersebut sangat mirip. Misalnya, halaman yang mungkin akan mendapat peringkat tertinggi menggunakan kata kunci seperti “pekerjaan teknik biomedis” dan “karir teknik biomedis”.




Jika Anda ingin meraih peringkat tertinggi menggunakan beberapa frasa kata kunci pada situs web, Anda perlu membuat halaman web terpisah untuk setiap frasa kata kunci yang Anda targetkan.

C. Menempatkan Kata Kunci Pilihan

Setelah frase kata kunci Anda dipilih pada halaman tertentu, pertimbangkan pertanyaan berikut:

– Dapatkah saya menggunakan sebagian atau seluruh frase kata kunci di URL halaman (dengan menggunakan kata kunci dalam folder)?

– Dapatkah saya menggunakan sebagian atau seluruh frase kata kunci pada judul halaman?

– Dapatkah saya menggunakan sebagian atau seluruh frase kata kunci pada page headings dan subheadings?

Jika Anda dapat menjawab ya untuk setiap pertanyaan ini, Anda dapat meningkatkan peringkat di hasil pencarian. Namun, tetap jadilah situs organik dan ramah pengguna. Misalnya, Anda tidak perlu mengulang kata “teknik” sehingga muncul tiga kali atau lebih di URL atau frasa tertentu diulang di judul halaman dan setiap judul halaman. Isi konten harus bisa dibaca dengan jelas dan memberi manfaat lebih bagi pengguna sehingga bisa meningkatkan peringkat laman situs.

D. Isi konten

Di luar URL halaman, judul, dan judul, isi konten paling berpengaruh dalam meningkatkan peringkat di halaman pencarian. Ulangi frasa kata kunci Anda beberapa kali di seluruh halaman—sekali atau dua kali di paragraf pembuka dan penutup, dan dua hingga empat kali lagi di seluruh konten yang tersisa.



Jangan lupa untuk menggunakan huruf tebal, miring, tag heading (terutama H1), dan tag penekanan lainnya untuk menyorot frasa kata kunci ini—tetapi jangan gunakan secara berlebihan. Anda tetap perlu bahasa dan gaya penulisan Anda agar bisa dibaca secara alami. Jangan pernah mengorbankan tulisan yang bagus untuk strategi SEO. Konten terbaik ditulis untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari.

2. Perbarui Konten Anda Secara Teratur

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa pengguna sangat menyukai konten yang disajikan. Mesin pencarian juga akan melakukannya. Konten yang terus diperbarui secara berkala akan dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi situs, jadi pastikan membuatnya untuk tetap segar. Audit konten Anda pada jadwal yang telah ditentukan (per-semesteran misalnya) dan buat pembaruan sesuai kebutuhan.

3. Metadata

Saat mendesain situs web Anda, setiap halaman berikan ruang di antara taguntuk menyisipkan metadata, atau informasi tentang konten laman Anda. Jika Anda memiliki situs CMS yang dibuat oleh tim web UMC, data ini telah terisi sebelumnya untuk Anda. Namun, penting bagi Anda untuk meninjau kembali dan memperbarui Metadata karena situs Anda akan berubah seiring berjalannya waktu.

A. Judul Metadata

Judul metadata bertanggung jawab atas judul halaman yang ditampilkan di bagian atas jendela browser dan berfungsi sebagai judul utama dalam hasil pencarian. Ini menjadi bagian metadata terpenting di laman Anda.

Bagi mereka yang memiliki situs web CMS, tim web telah mengembangkan sistem otomatis untuk membuat judul meta pada setiap halaman web berdasarkan judul halaman Anda. Ini menambah pentingnya penggunaan judul halaman yang telah dipikirkan dengan matang sehingga kaya dengan frasa kata kunci.

B. Deskripsi Metadata

Deskripsi metadata adalah deskripsi tekstual yang mungkin digunakan browser dalam hasil pencarian laman Anda. Anggap saja ini sebagai tampilan jendela situs Anda yang berisi tentang deskripsi singkat dan menarik tentang apa yang ada di dalamnya, dengan tujuan mendorong orang untuk masuk ke situs tersebut. Deskripsi meta yang baik biasanya berisi dua kalimat lengkap. Mesin pencarian mungkin tidak selalu menggunakan deskripsi meta Anda, tetapi penting untuk memberi mereka pilihan.

C. Metadata Kata Kunci

Metadata kata kunci jarang digunakan untuk menabulasi peringkat mesin pencari. Namun, Anda harus sudah mengetahui frasa kata kunci Anda, jadi tidak ada salahnya untuk menambahkannya ke metadata kata kunci Anda. Untuk itu, Anda perlu memasukkan berbagai frasa. Sebagai aturan umum, cobalah untuk memasukan sekitar 3-7 frasa dengan setiap frasa terdiri dari 1-4 kata.

4. Miliki Situs dengan Tautan yang Layak

Tetap berfokus pada pembuatan tautan yang relevan di dalam teks. Alih-alih memiliki tautan “klik di sini”, coba tuliskan nama tujuan dengan jelas. “Klik di sini” tidak memiliki nilai mesin pencari di luar URL terlampir, sedangkan menuliskan kalimat dengan jelas seperti “Program Perusahaan Teknologi Se-Asia Tenggara” akan kaya dengan kata kunci dan dapat meningkatkan peringkat di hasil pencarian serta peringkat halaman yang Anda tautkan.




Selalu gunakan tautan deskriptif dengan menautkan kata kunci karena ini tidak hanya meningkatkan performa Search Engine Optimization saja, tetapi juga menambah nilai lebih bagi pembaca Anda, termasuk bagi mereka yang membutuhkan pertolongan khusus seperti orang disabilitas.

5. Selalu Gunakan Tag Alt

Selalu deskripsikan media visual dan video Anda menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Keduanya membantu mesin pencarian untuk menemukan laman situs Anda sehingga ini menjadi sangat penting, terutama bagi mereka yang menggunakan browser dengan teks saja atau mungkin screen readers.

Tips SEO Cara Top Rank Halaman 1 di Search Engine Result Page

Demikian 5 cara agar website tampil di halaman pertama Google maupun search engine lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qwzg7q3117000/5-cara-agar-seo-jadi-juara-di-search-engine-result-page

Baca Yuk :