Kecerdasan Buatan (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari, AI merupakan sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kecerdasan Buatan (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca Yuk :

Artificial Intelligence  muncul tahun 1956 untuk pertama kali melalui konferensi iptek di Darthmouth, AS. AI dianggap sebagai salah satu penemuan besar yang membawa dampak besar bagi perubahan kehidupan manusia. Salah satu konsep yang diprediksi akan mendorong tren produk teknologi masa depan ini juga sudah mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada era digital ini sudah semakin canggih. Kecerdasan Buatan (AI) yang Digunakan Sehari-hari,  sudah menggunakan teknologi yang berkaitan dengan kecerdasan buatan. Misalnya kecerdasan buatan yang terpasang pada ponsel, yaitu asisten digital yang dapat membantu dan memberikan kemudahan pada penggunanya.

Penerapan Artificial Intelligence dan Machine Learning tidak hanya terbatas pada sejumlah industri atau jumlah aplikasi tertentu saja Artificial Intelligence dan Machine Learning ternyata telah diterapkan dan kami menjumpainya lebih sering daripada yang dapat Anda bayangkan.

Dilansir dari towardsdatascience.com, There are so many amazing ways artificial intelligence and machine learning are used behind the scenes to impact our everyday lives. AI assists in every area of our lives, whether we’re trying to read our emails, get driving directions, get music or movie recommendations. Artificial intelligence is used in day-to-day activities such as: Social media, Digital Assistants, Self-Driving And Parking Vehicles, Email communications, Web searching, Stores and services, Offline experiences.

Ada begitu banyak cara menakjubkan yang menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin yang berperan besar pada kehidupan kita sehari-hari. AI membantu dalam setiap area kehidupan kita, baik saat  mencoba membaca email, mendapatkan petunjuk arah mengemudi, mendapatkan rekomendasi musik atau film. Kecerdasan buatan digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti: Media sosial, Asisten Digital, Kendaraan Mengemudi dan Parkir Sendiri, Komunikasi email, pencarian Web, Toko dan layanan, Pengalaman offline yang lainnya.

Penerapan Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

AI sebenarnya sudah digunakan dalam berbagai fitur dan produk yang ada dalam masyarakat, Berikut ini merupakan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Assistant virtual

Kecerdasan Buatan (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari terdapat pada Beragam fitur AI disematkan dalam sebuah smartphone, mulai dari fitur smart assistant seperti Google Assistant, Alexa, Siri ataupun Bixby hingga fitur canggih kamera. smartphone dinamakan ponsel pintar karena  memiliki kecerdasan  yang  salah satunya berfungsi saat mengambil gambar dan mendeteksi objek di layar.

2.Buka Ponsel dengan ID Wajah

Dengan peluncuran iPhone X, Apple meluncurkan cara radikal untuk membuka kunci iPhone Anda hanya dengan menggunakan wajah Anda sebagai kata sandi.

3.Media sosial

Bukan hanya aplikasi produktivitas yang mendapatkan transformasi cerdas.  Aplikasi hiburan dan media sosial seperti Netflix dan Facebook juga menambahkan fitur baru ke platform mereka untuk menawarkan pengalaman yang tidak hanya lebih baik tetapi juga lebih pintar.

4.Perbankan dan Keuangan

Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin berperan penting dalam industri perbankan dengan menyediakan fitur keamanan serta kenyamanan bagi nasabahnya.

  • Pencegahan Penipuan
    Manfaat Machine Learning dapat mencegah penipuan dengan memantau kebiasaan pengeluaran Anda secara teratur, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti interval antara transaksi, lokasinya, nilainya, dll.  Teknologi tersebut dapat membantu menentukan apakah transaksi tersebut sah atau penipuan.
  • Pembayaran Elektronik
    Kecerdasan Buatan dapat membantu melindungi pembayaran Anda dengan menggunakan pengenalan wajah dan ucapan, yang memungkinkan hanya pembayaran resmi untuk dilakukan.  Waspada untuk berbagai pembayaran seperti tagihan, pinjaman, transfer juga bisa dikelola oleh AI.
  • Mobile Banking
    Artificial Intelligence dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, bank telah sepenuhnya digital.  Membuka rekening bank tidak pernah semudah ini, berkat proses tanpa kertas.  Mereka sekarang memberikan pengalaman perbankan seluler yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka dengan penawaran khusus pada layanan mereka. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi AI yang terbaik.

5.Streaming Video

Saat streaming video maka program akan menampilkan kualitas yang sesuai dengan kemampuan bandwith sinyal anda, selain itu juga ada rekomendasi video berdasarkan rekam jejak dari penelusuran anda.

6.Fiture Selfie

Fitur kamera pada smartphone yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) yaitu untuk mendeteksi usia dan wajah.

7.GPS

Penerapan artificial Intelligence (AI) pada GPS yaitu dapat mendeteksi rute tercepat serta dapat mendeteksi jalanan yang macet atau memberi solusi jalan yang lancar berdasarkan simbol warna.

8.Iklan atau Adsense

Penerapan iklan atau adsense di internet tersebar sesuai dengan segmentasi pasar berdasarkan rekam jejak pengguna, sehingga lebih terfokuskan pada target.

9.Instant Heart Rate Pro

Kecerdasan buatan juga bisa mendeteksi kesehatan. Salah satunya aplikasi Instant Heart Rate Pro. jika sudah mengunduh aplikasi ini, maka tidak perlu sering mengecek kesehatan di rumah sakit.

10.Memesan Kendaraan Online

Ojek online merupakan salah satu aplikasi wajib bagi pemilik smartphone. Aplikasi kendaraan online menggunakan AI untuk mencari supir terdekat, mengalkulasi total pembayaran dan merekomendasikan restoran sesuai lokasi anda,  AI juga digunakan perusahaan ojek online untuk mendeteksi orderan palsu.

Pada masa yang akan datang, masih banyak potensi Artificial Intelligence yang dapat dikembangkan dan diaplikasikan untuk mendukung kehidupan manusia yang dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Demikian tadi artikel tentang Kecerdasan Buatan (AI) yang Digunakan Sehari-hari, semoga bermanfaat.

Source: towardsdatascience.com, digitalbisnis.id

Baca Yuk :