Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap. Pemilihan jenis plugin juga akan berdampak besar pada efektivitas website. Selain kamu wajib mempertimbangkan penempatan dari sharing buttons di website, kamu juga perlu memperhatikan kualitas social sharing buttons dan kecepatan loading page-nya.

WordPress memiliki banyak sekali plugin yang pastinya memberi keuntungan kepada pengguna, salah satunya adalah plugin social media WordPress. Meskipun begitu, masalah plugin tetap kembali pada selera masing-masing.


Plugin social media ini akan membantu kamu sebagai blogger untuk mendapatkan exposure pada artikel secara tidak langsung. Hal ini juga yang akan mempengaruhi conversion rate.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

Apa Itu Plugin Sosial Media?

Apakah kamu masih bingung terkait plugin sosial media? Secara sederhana, plugin ini memiliki fungsi untuk mengakomodir kebutuhan sosial media pada sebuah website. Pada wordpress sendiri jenis plugin ini sangat banyak.

Mulai dari plugin dengan tujuan untuk promosi melalui media sosial, social media commenting, auto post, login, hingga social media sharing. Untuk itu, kamu bisa pahami masing-masing fungsi dan memanfaatkannya dengan baik.

kamu perlu memahami terlebih dahulu apa saja fitur yang ada pada masing-masing plugin. Dengan begitu, kamu menjadi lebih mudah untuk menentukan jenis plugin yang cocok dengan situs.

Biasanya beberapa blogger akan memilih plugin yang memiliki tampilan selaras dengan websitenya. Pertimbangan lain ada pada button yang mayoritas pengguna lebih menyukai warna yang cenderung cerah dan hidup.

Namun, semuanya tetap kembali pada selera masing-masing. Pasalnya, tujuan utama dari adanya plugin sosial media ini untuk meningkatkan kuantitas membagikan pada jejaring sosial dan beberapa platform umum lainnya.

Apa saja yang termasuk plugin wordpress? Tentu saja sangat banyak sekali. WordPress memiliki sekitar 55 plugin dan yang paling terkenal adalah sosial media sharing.

Meskipun begitu, kamu wajib memahami apa saja fitur dari masing-masing plugin untuk menentukan plugin dengan kualitas terbaik. Beberapa daftar plugin social media wordpress yang dapat kamu pertimbangkan, antara lain :

1. Monarch

Rekomendasi pertama plugin yang bisa kamu coba adalah Monarch. Plugin by Elegant Themes ini memiliki lebih dari 20 jaringan social sharing yang bisa kamu pasang di dalam situs.

Tidak hanya itu, Monarch juga memungkinkan kamu untuk menambah dan mengatur arah pembaca agar bisa membagikan artikel di dalam situs. Fitur ini juga lengkap dengan opsi berbagi gambar, sehingga cocok sekali untuk dipertimbangkan.

Sayangnya, untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus mengeluarkan budget sekitar Rp950 ribu per tahunnya.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

2. Easy Social Share Buttons for WordPress

Berikutnya, kamu juga bisa mempertimbangkan plugin social media wordpress dari Easy Social Share Buttons. Plugin satu ini memiliki fitur unggulan yaitu mendukung lebih dari 45 situs sosial media, termasuk aplikasi seperti WhatsApp.

Fitur pendukung lain dari Easy Social Share Buttons ini berupa shortcode untuk memudahkan pengunjung membagikan artikel. kamu juga memiliki kebebasan untuk mengatur plugin agar bisa terakses dengan mudah untuk mobile.

3. AddThis

Share Buttons by Addthis merupakan salah satu plugin social media wordpress terbaik yang memiliki banyak sekali peminat. Beberapa penggunanya beralasan karena plugin ini cukup nyaman dan telah lama dikembangkan sejak tahun 2004.

Menjadi salah satu plugin senior, AddThis terus berupaya memberikan fitur terbaik kepada penggunanya. Salah satunya dengan fasilitas untuk membagikan konten ke lebih dari 200 media sosial.

Apalagi plugin AddThis bisa kamu gunakan dengan versi gratis. Tentunya sangat irit dan nyaman, bukan? Meskipun begitu, untuk mendapatkan fitur lebih lengkap, kamu juga bisa menggunakan plugin AddThis versi berbayar.

Baca Juga :   Tips Cara Rahasia Lihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Terdeteksi

4. Social Icons Widget & Block

Beberapa pengguna baru WordPress, pasti dibuat penasaran apakah ada plugin sosial media di wordpress gratis? Meskipun mayoritas fitur lengkap mengharuskan kamu untuk membayar biaya layanan.

Namun, tetap ada plugin dari wordpress yang bisa kamu akses secara gratis. Salah satunya adalah Social Icons Widget & Block yang dikembangkan langsung oleh WPZOOM.

Meskipun gratis, kamu tidak perlu resah akan ada pembatasan akses plugin. Sebab, plugin satu ini telah mendukung lebih dari 100 media sosial populer, loh. kamu bisa memasangnya di page, media, artikel, maupun custom page lain.

Fitur lain yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan plugin ini adalah kemampuan untuk memberikan desain unik sesuai selera pada tombol sharing di website.

5. Blog2Social

Plugin social media wordpress lainnya yang dapat kamu pilih untuk membagikan konten di website ke sosial media sesuai pilihan adalah Blog2Social. Fitur lain yang Blog2Social tawarkan adalah kemampuannya dalam menetapkan jadwal publikasi.

Sehingga, kamu tidak perlu setiap hari melakukan publikasi. Belum lagi jika terdapat kendala karena masalah tertentu sehingga gagal posting. Kini, kamu hanya perlu mengatur jadwal sesuai dengan artikel yang harus terposting hari itu juga.

Fitur unggulan lain dari Blog2Social ini adalah kamu dapat menentukan jenis konten yang akan dipublikasi. Sehingga, bisa membuat backlink pada artikel maupun website untuk meningkatkan traffic pada situs kamu.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

6. Social Snap

Apakah plugin wordpress gratis? Tentu saja beberapa plugin tersedia secara gratis dan bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kualitas situs. Salah satu plugin gratis dan terbaik untuk kamu coba adalah Social Snap.

Interface pada plugin satu ini memiliki desain yang sangat unik dan menarik. kamu bisa langsung melihatnya dari tombol sharing yang tersedia. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menarik pengunjung website agar dapat berbagi artikel ke media sosial.

Fitur unggulan lain yang Social Snap tawarkan adalah kemudahan pengguna untuk membagikan konten ke email dengan menyalin tautan pada artikel.

Tidak hanya itu, social snap juga memberikan kemudahan pengguna agar dapat langsung mencetak konten pada website dalam sekali klik saja.

Meskipun terdapat fitur yang bisa kamu nikmati secara gratis. Tetapi, untuk bisa menikmati fasilitas premium lainnya, kamu perlu mengeluarkan uang kurang lebih USD 27,30 atau setara dengan Rp380 ribu per tahunnya.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

7. Sassy Social Share

WordPress plugin social share lain yang sangat layak untuk kamu pertimbangkan adalah Sassy Social Share. Plugin satu ini memiliki banyak sekali fitur salah satunya memungkinkan kamu untuk memberikan fitur berbagi ke media sosial secara lengkap.

Apa saja sosial media share pada plugin wordpress? Mulai dari Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn, hingga Tumbler dan juga Pinterest.

Tidak hanya tombol berbagi, Sassy juga memungkinkan kamu untuk menambahkan tombol follow di dalam situs, loh. Karena terkenal dengan kemudahan serta penawaran fiturnya yang menarik, Sassy telah banyak digunakan oleh pengguna.

Hingga saat ini pengguna aktifnya telah mencapai 50 ribu. Sedangkan dari total keseluruhan reviewers terkait plugin Sassy Social Share, 96% penggunanya memberikan bintang 5 terhadap kualitas plugin.

Sassy Social Share merupakan salah satu plugin social media wordpress dengan kualitas serta pelayanan terbaik. Karena, dengan banyaknya fitur yang disediakan, Sassy masih memberikan penawaran agar bisa digunakan pengguna secara gratis.

Baca Juga :   Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengubahnya ke versi premium.

8. Add to Any

Add to Any merupakan plugin social media wordpress paling tua. Bagi blogger lama, pasti kamu sudah mengenal Add to Any sejak tahun 2006. Tidak heran jika hingga saat ini pengguna aktifnya telah mencapai 500 ribu.

Add to Any juga memiliki fitur share ke berbagai sosial media sosial, loh. Meskipun begitu, plugin ini mengalami perkembangan dan menyajikan fitur untuk melacak aktivitas berbagai. Bahkan fitur tersebut telah terintegrasi dengan Google Analytics.

Fitur unggulan yang Add to Any sebenarnya sangat beragam selain dua di atas. Mulai dari fitur untuk menambahkan shortcode ke berbagai tempat, plugin yang sangat responsive, hingga share counter & floating bar.

9. Social Warfare

Memilih plugin yang impressive bisa kamu jatuhkan pada social warfare. Selain memberikan button dengan tampilan yang menarik, ternyata social warfare juga membiarkan user untuk mengakses beberapa fitur lain, loh.

Jika tidak memiliki biaya lebih untuk menggunakan plugin satu ini, kamu bisa memanfaatkan layanan gratisnya. Meskipun tidak selengkap berbayar, namun kamu bisa memanfaatkan tombol untuk berbagi ke sosial media yang multifungsi.

Keunggulan dari plugin social media wordpress walfare ini adalah kemampuannya dalam memberikan kedetailan spesifikasi. Contohnya sharing pinterest, plugin akan membantu kamu untuk mengupload gambar secara spesifik.

Bagi pengguna Twitter, kamu bisa memanfaatkan opsi ‘tweetable quote boxes’ dengan membuat kalimat yang menarik. Jadi, plugin warfare ini memiliki keunikan tersendiri untuk mengkonversi trafik dari sosial media ke situs kamu.

10. Kiwi Social Share

Plugin share social media wordpress terbaik berikutnya adalah kiwi social share. Pasalnya plugin dari wordpress satu ini memiliki fitur cukup lengkap salah satunya click to tweet, floating buttons, dan berhasil terintegrasi dengan Google Analytics.

Jika kamu merupakan pengguna yang memanfaatkan fitur gratisnya, maka akan terdapat beberapa fasilitas yang terpaksa dibatasi.

Di mana kamu hanya bisa memanfaatkan fitur berbagai ke sosmed seperti Pinterest, LinkedIn, Twitter, dan Facebook.

11. Better Click to Tweet

Highlight menjadi point of view di dalam sebuah artikel. Nah, kini kamu juga bisa membagikannya dengan mudah untuk menjangkau pembaca lebih luas. Salah satunya dengan memanfaatkan plugin Better Click to Tweet.

Cara kerjanya mengharuskan kamu untuk memilih bagian penting di dalam artikel. Kemudian, plugin akan membantu kamu untuk menampilkan gambar.

Nantinya pembaca hanya perlu mengklik kotak tweet dan otomatis artikel akan dibagikan pada lini masa twitter pembaca.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

12. SumoMe

Apa saja yang termasuk plugin WordPress? SumoMe menjadi salah satu bagian lebih dari sekedar terbaik untuk share sosial media. Plugin satu ini memberikan tampilan social share yang sangat menggemaskan dan unik.

Selain itu, SumoMe juga memberikan fasilitas sharing gambar pada beberapa sosial media seperti Pinterest, Facebook, dan Twitter. Fitur yang menjadi unggulan dari SumoMe adalah form subscribes pop-ups dan fly in.

Untuk mencoba kelayakan fitur ini, kamu bisa menggunakan SumoMe dalam versi gratis. Meskipun begitu, kamu masih tetap bisa memanfaatkan SumoMe untuk mengatur kebutuhan social media sharing, loh.

Tetapi jika merasa fitur gratis kurang memuaskan. kamu bisa mengupgrade ke versi premium dengan berbagai fitur unggulan.

Beberapa fitur unggulan yang SumoMe miliki antara lain :

  • Image Sharing
  • Multiple placement
  • URL shortener
  • UTM tracking
  • Mendukung lebih dari 30 sosial media kekinian
  • Terdapat fitur tambahan berupa integrasi email marketing dan form subscriber
Baca Juga :   Segera Hapus, Malware XploitSPY Aplikasi Android Berbahaya Karena Bisa Kuras Rekening

13. Sosial Pug

Apakah plugin WordPress gratis? Jika kamu salah satu pengguna wordpress yang masih sering menanyakan hal serupa, maka bisa mencoba plugin dari Social Pug. Plugin satu ini memiliki tampilan yang unik namun desainnya sangat tegas.

Meskipun terdapat versi berbayar, kamu tetap bisa memanfaatkan versi gratis untuk membuat tombol sharing inline dan di share ke sosial media, loh.

Beberapa sosial media yang bisa Sosial Pug fasilitasi mulai dari LinkedIn, Facebook, Pinterest, dan juga Twitter.

Untuk mendapatkan fitur yang lengkap, kamu bisa coba versi berbayar dari Sosial Pug. Biayanya sekitar $24 dengan beberapa penawaran :

  • Click to tweet
  • Terintegrasi google analytic
  • Memiliki sticky button untuk perangkat seluler
  • Share recovery
  • Memberikan akses lebih banyak untuk sosial media
  • Terintegrasi URL shortener
  • Mendapatkan opsi penempatan desktop menggunakan pop up & shortcode

14. Swifty Bar

Bagi pengguna wordpress, mungkin sudah paham kalau swifty bar tidak termasuk ke dalam plugin populer pada umumnya. Meskipun begitu, swifty memiliki penawaran plugin yang sangat unik untuk setiap penggunanya.

Berbeda dengan plugin pada umumnya, swifty cenderung tidak mudah cocok untuk semua situs. Tetapi, swifty bar memiliki twist yang sangat kece sebelum dan sesudah post maupun floating.

Cara kerja dari plugin social media wordpress ini menonjolkan tampilan sticky bar bersamaan dengan informasi penulis, tombol sebelum-berikutnya, hingga perkiraan waktu pembaca di dalam sebuah situs.

Sehingga, plugin dari swifty tidak hanya cocok untuk berbagi ke sosial media saja melainkan juga membuat konten yang nyaman dilihat pengguna. Implementasi swifty bar sendiri sangat keren dan patut untuk dicoba.

Beberapa keunggulannya tidak boleh kamu abaikan begitu saja seperti ringan dan tidak memperlambat situs, adanya share counter, mendukung banyak sekali sosial media, menampilkan kategori posting, judul dan nama penulis.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

15. MashShare

Rekomendasi terakhir dari plugin social media wordpress yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mashShare. Plugin satu ini memberikan penawaran tombol berbagi ke sosial media dengan button yang sangat stylish.

Jika kamu bandingkan dengan jenis plugin pada umumnya, MashShare memiliki kemampuan untuk menampilkan virtual share. Pemasaran ini membuat banyaknya share terkesan menonjolkan konten menjadi sangat luas biasa.

Tidak hanya itu, mashshare juga memanfaatkan smart caching jumlah share agar tidak menghambat kecepatan situs.

Untuk menggunakan mashshare, kamu bisa memanfaatkan versi gratis dengan fitur terbatas maupun fitur premium dengan fasilitas lebih mewah.

Keunggulan lain yang mashshare miliki seperti click to tweet, terintegrasi dengan google analytics, memiliki virtual share counter, dan multiple placement.

Penutup

Nah, itulah beberapa referensi plugin social media WordPress yang dapat kamu pertimbangkan sesuai kebutuhan situs. Jangan lupa untuk memilih plugin yang selaras dengan website agar tampilan lebih kece dan keren.

Selain itu, kamu juga tidak perlu memaksa harus menggunakan plugin premium apabila budget masih belum mencukupi. WordPress menyediakan beberapa plugin yang dapat kamu manfaatkan secara gratis.

Meskipun fiturnya tidak begitu lengkap seperti plugin premium. Tetapi beberapa plugin memiliki banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan secara gratis, loh.

Plugin WordPress Social Media Terbaik Ada Facebook, Twitter, WhatsApp, Reddit, Google Plus, LinkedIn Lengkap

Selamat mencoba.