Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi. Beberapa HP dengan model lama kebanyakan adalah yang menempati posisi HP dengan radiasi terbesar. Beberapa model lama dari Google, Sony, Motorola, OnePlus, OPPO, dan ZTE memancarkan radiasi paling tinggi. Akan tetapi, angkanya masih di bawah 1,6 watt per kilogram sehingga sebenarnya masih relatif aman bagi manusia.


Smartphone adalah salah satu benda yang memancarkan radiasi. Menurut Komisi Komunikasi Federal AS, tingkat absorpsi spesifik (SAR) yang mengukur seberapa cepat tubuh menyerap energi frekuensi radio mempunyai batas maksimum yakni 1,6 watt per kilogram.

Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Adapun yang mempengaruhi tingkat radiasi setiap telepon genggam cukup beragam. Selain usia perangkat, ada juga faktor model hingga kekuatan antena pemancarnya. Faktor lainnya adalah jarak dari menara seluler terdekat.

Radiasi dari smartphone adalah radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh perangkat tersebut. Radiasi ini berasal dari berbagai sumber, termasuk sinyal jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth. Radiasi ini diklasifikasikan menjadi dua jenis utama: non-ionizing dan ionizing.

  1. Non-ionizing Radiation: Mayoritas radiasi yang dipancarkan oleh smartphone termasuk dalam kategori ini. Ini adalah radiasi elektromagnetik dengan energi rendah yang tidak cukup kuat untuk merusak DNA dalam sel dan menyebabkan kerusakan langsung pada tubuh manusia. Namun, ada kekhawatiran terkait paparan jangka panjang terhadap radiasi non-ionizing, terutama dalam hal potensi dampak kesehatan jangka panjang seperti risiko kanker. Namun, bukti ilmiah yang kuat tentang dampak kesehatan jangka panjang masih belum jelas.
  2. Ionizing Radiation: Ini adalah jenis radiasi yang memiliki energi yang cukup tinggi untuk merusak DNA dan sel manusia. Namun, smartphone tidak menghasilkan jenis radiasi ini.
Baca Juga :   Cara Mempercepat Tampilan Loading Speed Website Anti Lambat dan Mudah

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan badan regulasi kesehatan lainnya telah melakukan penelitian untuk memahami risiko kesehatan yang terkait dengan paparan radiasi smartphone. Sampai saat ini, mayoritas penelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi smartphone pada tingkat yang wajar tidak meningkatkan risiko kanker atau kondisi kesehatan serius lainnya. Namun, beberapa ahli merekomendasikan tindakan pencegahan sederhana seperti menggunakan headset atau hands-free saat melakukan panggilan, mengurangi waktu paparan, dan menjaga jarak antara tubuh dan smartphone saat tidak digunakan.

Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Melansir Gizchina, laporan Bankless Times membuka daftar HP yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi. Adakah di antaranya yang masih kamu punya sampai sekarang?

  • Motorola Edge(1,79 w/kg)
  • ZTE Axon 11 5G (1,59 w/kg)
  • OnePlus 6T (1,55 w/kg)
  • Sony Xperia XA2 Plus (1,41 w/kg)
  • Google Pixel 3XL (1,39 w/kg)
  • Google PIxel 4a (1,37 w/kg)
  • Oppo Reno5 5G (1,37 w/kg)
  • Sony Xperia XZ1 Compact (1,36 w/kg)
  • Google Pixel 3 (1,33 w/kg)
  • OnePlus 6 (1,33 w/kg).

Melihat daftar di atas, kebanyakan perangkat tersebut adalah HP tipe lama. Karena itu, kemungkinan besar sudah sangat sedikit orang yang menggunakan HP di atas.

Sudah banyak penelitian mengenai bahaya radiasi HP terhadap kesehatan manusia. Tentunya alangkah lebih baik jika kita memiliki HP dengan radiasi paling rendah.

Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Berikut 20 HP dengan Radiasi Paling Rendah

Dilansir dari situs WaveWall, di bawah ini adalah daftar 20 HP dengan radiasi paling rendah di dunia pada tahun 2023, lengkap dengan ukuran radiasinya, yaitu Watt per kg.

  1. ZTE Blade V10 (0,13 W/kg)
  2. Samsung Galaxy Note 8 (0,17 W/kg)
  3. ZTE Axon Elite (0,17 W/kg)
  4. Verykool Vortex RS90 (0,18 W/kg)
  5. Samsung Galaxy Note 10 (0,19 W/kg)
  6. ZTE Nubia 5 (0,225 W/kg)
  7. Samsung Galaxy Note 2 (0,28 W/kg)
  8. Samsung Galaxy Mega (0,321 W/kg)
  9. Kyocera DuraXT (0,328 W/kg)
  10. Pantech Discover (0,35 W/kg)
  11. Samsung Galaxy Beam (0,36 W/kg)
  12. Samsung Galaxy Stratosphere II (0,37 W/kg)
  13. Pantech Swift (0,386 W/kg)
  14. Samsung Jitterbug Plus (0,4 W/kg)
  15. Jitterbug Plus (0,4 W/kg)
  16. LG Exalt (0,43 W/kg)
  17. Samsung Galaxy Note 2 (0,455 W/kg)
  18. HTC One V (0,462 W/kg)
  19. LG Optimus Vu (0,47 W/kg)
  20. Samsung Galaxy S Relay 4G (0,47 W/kg).
Baca Juga :   Tips Cara Hapus Riwayat Pesanan di Shopee

Berapa Batas Aman Radiasi HP?

Berdasarkan situs The Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat, ukuran radiasi HP telah ditetapkan sehingga HP yang beredar dilarang melebihi ambang batas aman tersebut.

Dalam menetapkan batas radiasi ini, FCC bekerja sama dengan badan kesehatan dan keselamatan federal, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Batas tersebut ditetapkan dalam bentuk satuan yang disebut sebagai Specific Absorption Rate (SAR) atau Tingkat Penyerapan Spesifik.

Lalu berapa batas aman radiasi HP? FCC menetapkan batas paparan radiasi dari telepon seluler adalah tingkat SAR 1,6 watt per kilogram (1,6 W/kg). Sehingga bisa dikatakan bahwa 20 HP di atas sudah jauh lebih sedikit dari batas radiasi FCC.

Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Baca Juga :   Tips Lacak Posisi Bus Transjakarta secara Real-Time

Tips Mencegah Paparan Radiasi HP

Dikutip dari situs Environmental Working Group (EWG), berikut ini 6 tips mencegah paparan radiasi HP.

1. Pakai Headset atau Loudspeaker

Saat telepon, gunakan headset atau gunakan fitur loudspeaker agar HP kamu tidak dekat dengan kepala. Headset juga memancarkan radiasi, tetapi jauh lebih kecil dibandingkan HP.

2. Jauhkan Ponsel dari Tubuh

Selain saat menelepon, sebisa mungkin jauhkan HP dari tubuh kamu. Masukkan HP ke dalam tas saat tidak digunakan. Jangan meletakkan HP di saku baju yang sangat dekat dengan jantung.

3. Gunakan Teks Daripada Telepon

Manfaatkan fitur perpesanan, baik SMS, WhatsApp, Telegram, dan sebagainya. Teks jauh lebih aman dibandingkan dengan telepon.

4. Telepon Saat Sinyal Kuat

Cek sinyal seluler sebelum menelepon. Saat sinyal rendah, paparan radiasi meningkat lebih besar. Maka lakukan panggilan saat sinyal kuat saja.

5. Batasi Penggunaan Ponsel untuk Anak-anak

Otak anak-anak bisa lebih banyak menyerap radiasi ponsel dibandingkan orang dewasa. Maka jauhkan HP dari anak-anak.

6. Lepaskan ‘Perisai Radiasi’

Case HP dan sejenisnya dapat menutupi antena sinyal sehingga koneksi menjadi berkurang. Saat sinyal berkurang, maka radiasi yang dipancarkan akan semakin besar. Jika ingin mengurangi radiasi, lepaskan ‘perisai’ dari HP kamu.

Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Semoga bermanfaat 🙂