Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer, Bagi pekerja IT dan para pengguna komputer lainnya, pasti tak lepas dari komputer, laptop atau gawai, Padahal kebiasaan menatap layar komputer ini dapat menimbulkan masalah kesehatan Mata. Memandang layar dalam waktu lama dapat menyebabkan beberapa masalah pada mata,  mulai dari mata merah, mata lelah, dan kadang-kadang bahkan berair.

Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer

Terlalu sering melihat layar komputer atau layar elektronik akan membuat mata Anda bekerja lebih keras. Akibatnya, fungsi penglihatan dapat semakin menurun sampai akhirnya mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata bagi para pengguna komputer sangat penting agar kegiatan harian Anda tak terhalang.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk  Menjaga Kesehatan Mata Untuk Orang IT dan pengguna komputer diantaranya adalah sebagai berikut:

Atur pencahayaan layar komputer

Langkah preventif pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah kelelahan mata adalah mengatur kecerahan layar monitor.memilih layar komputer jenis LCD (liquid crystal display) yang  tingkat radiasinya rendah, merupakan solusi yang tepat. Jangan lupa, sesuaikan brightness dan contrast monitor, karena brightness (pencahayaan) yang terlalu terang atau terlalu buram ngga baik buat kesehatan mata.

Atur posisi mata dengan monitor

Monitor juga dapat diletakkan pada posisi yang ergonomis, seperti pada posisi 16 hingga 30 inci dari mata, tergantung dari seberapa besarnya layar. Idealnya, jarak antara monitor dengan mata adalah 45 cm. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, karena dapat menyebabkan sakit di leher. Jadi, sebaiknya anda meletakkan monitor sejajar dengan pandangan mata. Selain itu, penempatan posisi komputer atau laptop juga perlu diatur, agar mata tidak silau karena pantulan cahaya lampu kerja atau jendela.

Relaksasi Mata

Dengan mengistirahatkan dan mengendurkan otot-otot mata selama bekerja dengan komputer, Caranya, dengan mengalihkan pandangan mata anda ke ruangan lain, tanaman hijau atau langit. Selepas bekerja dan sebelum anda pergi tidur, sempatkan untuk mengompres mata dengan tisu basah atau handuk hangat. Jangan abaikan, mata juga perlu dirawat dan dijaga, karena kerusakan mata dapat membuat kerja tidak optimal.

Perbanyak konsumsi vitamin A & makanan bergizi lainnya

Mata membutuhkan vitamin A supaya tetap dalam kondisi baik. Vitamin A banyak terdapat pada sayur – sayuran, seperti wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat, dan buah – buahan seperti pepaya.

Rutin periksa mata

Setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan mata setidaknya dua tahun sekali. Dengan memeriksakan mata secara rutin, masalah atau penyakit mata dapat dideteksi dan dicegah sejak dini. Khusus untuk orang yang berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya satu tahun sekali. Sebab, pada usia tersebut, kemampuan mata telah menurun dan rentan terserang penyakit mata.

Semoga artikel tentang Menjaga Kesehatan Mata Untuk Orang IT dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

 

Read previous post:
Pengertian UI dan UX
Pengertian UI dan UX

Close