Pengertian UI dan UX, UI adalah kepanjangan dari User Interface, sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya berhubungan dengan tampilan pada sebuah website atau tampilan dari sebuah aplikasi.

Pengertian UI dan UX

HCI adalah Human Computer Interaction. Hal ini berhubungan dengan UI atau UX Design.Apa yang kita lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini, merupakan bagian dari HCI. Saat anda menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, gesture, dan anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut, hal itu yang dinamakan interaksi.

UX (User Experience)

User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda jadi bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan produk Anda. Pengguna jadi mudah dan nyaman saat menggunakan produk.

UX Designer adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan bagaimana meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi maupun pengunjung situs yang dilihat dari nilai guna, manfaat, juga kesenangan yang didapatkan si pengguna dari suatu aplikasi atau situs.

UI (User Interface)

UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk.

Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Namun, tak hanya harus indah, UI juga harus mudah digunakan.

Dalam Teknologi Informasi, Desain UI mengacu pada desain antarmuka pengguna untuk perangkat lunak, situs web atau aplikasi. Penggunaan UI dengan maksud untuk memfasilitasi kegunaan dan untuk meningkatkan User Experience.

Dalam desain website, User interface yang baik sangat penting karena dapat mengubah pengunjung potensial menjadi pembeli karena memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web atau aplikasi web.

Dengan kata lain ,UI Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software.

Sedangkan UX Designer yaitu profesi dimana meningkatkan sebuah kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan/kesenangan dalam berinteraksi pengguna dan produk tersebut.

Semoga artikel tentang Pengertian UI dan UX dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

Read previous post:
Alasan Programmer Lebih Menyukai Bekerja di Malam Hari
Alasan Programmer Lebih Menyukai Bekerja di Malam Hari

Close