Aplikasi Pekerjaan Yang Bikin Jadi Lebih Mudah dan Efisien. Berkat aplikasi yang terus berkembang, rutinitas kerja yang dulunya melelahkan kini dapat diatasi dengan lebih efisien. Dari mengelola waktu hingga menyusun proyek berskala besar, aplikasi-aplikasi cerdas ini hadir sebagai solusi untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efektif. Dilansir dari laman Lifehack, berikut 5 aplikasi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam bekerja.


Waktu Anda pada saat bekerja di kantor adalah mungkin menjadi salah satu hal paling berharga pada hidup Anda. Anda pastinya ingin menghemat waktu Anda saat bekerja dan beraktivitas supaya beban pekerjaan Anda menjadi lebih efisien untuk diselesaikan.

Dan seiring perkembangan zaman dan semakin canggihnya dunia teknologi informasi dan komunikasi, maka saat ini sudah ada berbagai aplikasi yang akan meningkatkan produktivitas kerja Anda. Silahkan meluangkan waktu Anda untuk mempelajari aplikasi-aplikasi ini.

Aplikasi Pekerjaan Yang Bikin Jadi Lebih Mudah dan Efisien

Kebayang kaan kalau jaman sekarang harus ngumpulin pekerjaan secara langsung? Padahal di zaman yang serba canggih dan digital ini sudah disediakan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu meringankan beban kerjamu. Jadi, kamu juga nggak perlu repot-repot buat me-manage atau mencetak lembaran kertas yang ujung-ujungnya akan jadi sampah.

1. Basecamp

Basecamp merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk menetapkan suatu pekerjaan, berdiskusi, melakukan pengontrolan, serta dapat menandainya sebagai selesai. Untuk mempermudah alur komunikasi di lingkup kerja, aplikasi basecamp merupakan pilihan yang tepat bagi para pekerja, khususnya tim project management.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang mampu menata jadwal dengan rapi serta dijamin ampuh untuk meningkatkan produktivitas para anggota yang terlibat dalam pekerjaan tertentu. Fitur-fitur yang disediakan sangat berguna untuk mengelola time management antaranggota, mempermudah pengunggahan dokumen, serta bisa juga dijadikan sebagai wadah berinteraksi. Menariknya lagi, Basecamp menjadi salah satu aplikasi paling detail yang dapat menyiapkan ruang proyek khusus bagi para pekerja sehingga anggota tim memiliki space yang jelas dan tertata untuk saling berkolaborasi.

Baca Juga :   Tips Belajar SEO Website Otodidak

2. Asana

Asana jadi salah satu tool yang unggul dalam memecahkan berbagai macam masalah saat bekerja. Aplikasi ini memungkinkan seorang leader untuk memberikan pekerjaan ke masing-masing anggota tim dengan deadline dan tingkat prioritasnya masing-masing.

Asana juga terhubung langsung dengan berbagai aplikasi penunjang kerja, seperti Gmail, Microsoft Teams, Slack, hingga Jira Cloud. Selain itu terdapat berbagai fitur, seperti tampilan garis waktu yang menawarkan bagan visual dan interaktif dari pekerjaan tim. Sehingga dapat memudahkanmu dalam manajemen pekerjaan.

Aplikasi Pekerjaan Yang Bikin Jadi Lebih Mudah dan Efisien

3. Trello

Jika dilihat sekilas, aplikasi yang satu ini memang menonjolkan sisi visual dengan sistem kerja seperti papan tulis kosong. Melalui Trello, papan tulis itu bisa ditempel dengan beberapa sticky notes yang berisi keterangan pekerjaan, deadline, data-data pelengkap, serta dokumen-dokumen yang mendukung.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu proses delegasi pekerjaan ke setiap anggota tim, mengatur dan mengingatkan soal deadline setiap pekerjaan ke seluruh anggota tim, memfasilitasi terjadinya kolaborasi dalam tim secara virtual, sarana untuk sharing dokumen pekerjaan, melancarkan workflow karena terhubung ke beberapa aplikasi kerja seperti Google Drive, Gmail, Slack, dan lain sebagainya.

4. Todoist

Aplikasi ini dirancang untuk membuat satu to do, lalu memecahnya menjadi beberapa sub-to do. Lewat aplikasi ini, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik karena terbantu dengan anggota-anggota tim yang tergabung dalam ruang kerja di aplikasi tersebut. Todoist juga dapat membantu mengirimkan pengingat, tenggat waktu, dan tanda prioritas agar semua anggota tetap pada track-nya masing-masing

5. Notion

Notion adalah aplikasi yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas. Pada dasarnya, aplikasi ini ditujukan untuk membuat notes atau catatan dengan tampilan yang sederhana. Dengan begitu, akan mempermudah kamu dan rekan satu tim untuk dapat mengoperasikannya.

Namun dalam perkembangannya, aplikasi ini juga dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja serta mendukung adanya kolaborasi dengan pengguna lainnya. Aplikasi ini sebenarnya lebih dari sekadar pendelegasi pekerjaan, namun juga sebagai database. Dengan Notion, kamu dapat menetapkan pekerjaan kepada anggota tim dengan catatan yang sangat dapat disesuaikan, di mana setiap baris dan kolom yang tersedia berisi semua detail yang diperlukan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menautkan konten terkait sehingga gambaran besar dari pekerjaan yang sedang on process dapat dilihat secara sekilas.

Baca Juga :   Cara Mempercepat Tampilan Loading Speed Website Anti Lambat dan Mudah

Aplikasi Pekerjaan Yang Bikin Jadi Lebih Mudah dan Efisien

6. Aplikasi Office

Dapat dikatakan, aplikasi ini wajib Anda miliki saat bekerja menggunakan laptop atau perangkat mobile Anda. Iya, aplikasi Office ini menjadi pilihan utama para pegawai kantoran, mahasiswa, dan siapapun yang berkutat dalam bidang penulisan dokumen, korespondensi atau surat-menyurat dan lain sebagainya.

Banyak orang yang memilih aplikasi ini karena mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur menarik yang cocok untuk menghemat waktu kerja Anda. Bahkan saat ini sudah ada fitur baru dimana Anda dan rekan kerja Anda dapat melakukan editing pada waktu bersamaan untuk dokumen yang sama. Tidak hanya untuk penggunaan Windows, aplikasi ini juga bisa digunakan di perangkat berbasis Android dan IOS.

7. Evernote

Salah satu aplikasi yang patut Anda pertimbangkan untuk efisiensi waktu kerja Anda adalah Evernote. Aplikasi yang bisa diunduh untuk perangkat Android dan IOS ini, juga bisa digunakan untuk perangkat berbasis Windows dan mac OS.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menulis catatan-catatan apapun dan membagikannya kepada teman Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur dokumen-dokumen yang penting untuk disimpan, dan banyak lagi fungsi lainnya.

Menariknya aplikasi juga menawarkan sejumlah fitur yang menarik agar catatan Anda dapat tersimpan secara teratur. Catatan-catatan yang Anda buat akan tersimpan pada server Evernote. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuka catatan yang tersimpan di ponsel pintar Anda dengan laptop atau komputer Anda.

8. LastPass

Aplikasi yang cukup unik ini juga patut Anda pertimbangkan untuk dimiliki. Nama aplikasi ini adalah LastPass yang berguna untuk menyimpan berbagai kata sandi yang sudah dibuat supaya Anda mudah menemukannya kembali saat memerlukan kata sandi tersebut.

Baca Juga :   Tips Belajar Seo YouTube untuk Pemula 2024

Menariknya disini kata sandi yang Anda simpan pada aplikasi ini akan segera tersimpan pada cloud yang dikelola oleh server LastPass. Anda juga bisa mengakses aplikasi ini dari seluruh perangkat mobile dan desktop Anda.

Oh iya, aplikasi cukup penting untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda karena Anda tidak perlu lagi mengingat kata sandi saat ingin melakukan login pada sebuah platform.

Aplikasi Pekerjaan Yang Bikin Jadi Lebih Mudah dan Efisien

9. Lua

Salah satu aplikasi yang akan menunjang produktivitas kerja Anda adalah Lua. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merubah file PDF ke Word dan juga sebaliknya dari Word ke PDF tanpa susah payah. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat lunak Word Processing atau servis penyimpanan cloud dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, aplikasi yang dapat diunduh secara gratis untuk penggunaan Android dan IOS ini dapat membantu Anda mengimpor berbagai file yang akan diubah dari perangkat lunak lainnya seperti Dropbox, Google Drive, Galeri, File Manager dan lain-lain.

File-file ini dapat diimpor dengan dua cara, yaitu dari program lain dengan membuka file-file ini dengan bantuan Lua, dan dengan mengklik opsi “Upload” secara langsung dari dalam perangkat lunak itu. Lua merupakan produk dari BCL Technologies.

See, teknologi memang terbukti memudahkan kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja. Berkat kehadiran deretan aplikasi di atas, beban kerja terasa lebih ringan. Jadi, aplikasi mana nih yang kira-kira paling pas buat meringankan beban kerjamu?

Aplikasi Pekerjaan Yang Bikin Jadi Lebih Mudah dan Efisien

Selamat mencoba 🙂