Pekerjaan Bidang Tekonologi dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan, saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan sangat pesat.

Sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus siap dengan kemampuan untuk bersaing di era teknologi digital.


Pekerjaan Bidang Tekonologi dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan

Menurut laporan World Economic Forum (WEF) yang berjudul Future of Jobs Report 2020, terdapat 85 juta jenis peran pekerjaan yang tergantikan dalam 5 tahun ke depan.

WEF juga melaporkan ada 3 pekerjaan bidang teknologi yang memiliki prospek menjanjikan dan paling banyak dicari perusahaan untuk beberapa tahun mendatang.

Pekerjaan Bidang Tekonologi dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan diantaranya adalah:

  1. Data Analyst atau Data Scientist
    Data analyst merupakan peran yang meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya. Data analyst menggunakan berbagai aplikasi dan program pengolahan data dalam pekerjaan sehari-harinya, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.
    Data Scientist adalah orang yang bertugas mengolah data dari Data Engineer dan melihat apakah ada peluang bisnis baru dari data yang dikumpulkan.
  1. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist
    AI sendiri merupakan sistem komputer yang dirancang untuk meniru cara berpikir manusia. Sistem komputer tersebut memiliki kemampuan dalam memproses dan menganalisis informasi serta melakukan problem-solving secara otomatis. Bahkan AI diprediksi akan menjadi teknologi masa depan yang dapat menggantikan beberapa pekerjaan manusia di masa depan.
    Kecerdasan buatan (AI) sering dikaitkan dengan sistem komputer dalam meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Peran AI telah membantu berbagai industri dalam efisiensi bisnis serta memberikan kepuasan dalam pelanggan. Salah satu bagian dari AI adalah machine learning yang merujuk pada software dan hardware. Machine learning membutuhkan algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah, volume, dan skala besar.
  1. Big Data Specialist
    Big Data Specialist berperan dalam mengambil dan mengolah data yang berguna bagi manajemen perusahaan untuk menciptakan pemecahan masalah sekaligus solusi bisnisnya.
  2. Digital Marketing dan Specialists
    Bagian paling penting dari perusahaan adalah mempromosikan bisnis demi mendapatkan pendapatan sebagai hasilnya.
    Digital marketing specialist merupakan seseorang yang bekerja bersama tim pemasaran perusahaan untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, serta membuat dan memelihara marketing campaign dengan menggunakan internet dan teknologi digital. Seorang marketing specialist bisa memilih keahlian dalam bidang tertentu seperti ahli dalam, search engine optimization (SEO), paid search (PPC), display media, social media and shopping feeds. Selain itu, mereka juga bisa memiliki keahlian digital marketing yang lebih umum.
    Untuk itu, digital marketing merupakan peran yang paling tepat dan relevan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa di mana masa sekarang setiap masyarakat telah bergantung pada aktivitas daring.
    Orang yang memiliki keterampilan digital marketing akan paham bagaimana menggunakan alat (tools) digital marketing dalam membantu proses pemasaran bisnisnya.
  3. Business Development Specialist
    Business Development adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencari cara supaya interaksi dari ketiga saluran tersebut (pelanggan, pasar, dan relasi bisnis) bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh.
    Business Development berperan dalam tumbuh kembang bisnis melalui berbagai macam strategi, baik itu strategi B2B (Business to Business), B2C (Business to Customer), B2G (Business to Government), dan lain-lain.
    Nilai jangka panjang atau yang biasa disebut long-term-value sendiri sederhananya yaitu uang, keuntungan, image, atau apa saja yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan berkembang. Namun, orang yang bertanggung jawab atas business development bukan hanya mengusahakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Mereka juga harus memikirkan strategi dan taktik dalam jangka panjang demi berkembangnya perusahaan tersebut.
    Seringkali peran Business Development berdekatan erat dengan peran sales executive, yang memiliki tujuan sama, yakni untuk memperoleh pendapatan bagi perusahaan.
Baca Juga :   Celah Keamanan di TikTok

Itulah Pekerjaan Bidang Tekonologi dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan, semoga bermanfaat.

Pekerjaan Bidang Tekonologi dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan

Referensi:

  • https://www.cnbc.com
  • https://tekno.tempo.co
  • https://www.antaranews.com
  • https://glints.com

Rekomendasi Untuk Anda :