Data Center Terbesar di Indonesia di Jl Jawa, Kawasan Industri MM2100 Cibitung Bekasi, Kapasitas 45 MW. Data center ini bernama NTT Jakarta 3 Data Center (NTT JKT3). Ia terletak di Jl Jawa, Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi.

NTT, perusahaan infrastruktur dan layanan TI, membuka data center terbaru yang diklaim terbesar di Indonesia. Kapasitasnya mencapai 45 megawatt (MW).


Data Center Terbesar di Indonesia di Jl Jawa, Kawasan Industri MM2100 Cibitung Bekasi, Kapasitas 45 MW

Ruang data di NTT Jakarta 3 Data Center menempati area seluas 21 ribu m2. Sudah ada 1 ruang Data Hall seluas 6 ribu m2. 3 Ruang Data Hall lainnya sedang dalam rencana pembangunan. Di luar itu, ada kantor seluas 4.500 m2.

“Jadi skala dari sebuah data center itu tergantung dari ruang dan kapasitas. Total kapasitas yang ada di NTT JKT3 ini, yaitu 45 megawatt,” ungkap Presiden Direktur NTT Ltd. Indonesia, Mizuho Tada, kepada detikINET dalam acara peluncuran NTT JKT3 di Cibitung, Bekasi, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga :   3 Plugin Underconstruction atau Maintenance untuk Membuat Halaman di WordPress yang Simple dan Mudah

Tada membandingkan dengan data center yang saat ini sudah ada terlebih dahulu, yaitu NTT JKT2 berlokasi di Jakarta. NTT JKT3 memiliki kapasitas yang amat luas. Oleh sebab itu, ia mengklaim bahwa ini menjadi fasilitas penyimpanan terbesar di Indonesia.

“Dibandingkan dengan NTT JKT2, yang paling membedakan adalah high density. Ini seperti memiliki high power, yang cukup besar. Sehingga dengan adanya penggunaan untuk satu rak, membutuhkan tenaga yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, di JKT3 ini kita memiliki high density yang cukup tinggi,” ujar Tada.

Data Center Terbesar di Indonesia di Jl Jawa, Kawasan Industri MM2100 Cibitung Bekasi, Kapasitas 45 MW

Seperti diketahui, data center di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan sangat pesat. Ada peningkatan migrasi para pemain Over The Top (OTT), serta setelah pemerintah mengumumkan implementasi 5G di Indonesia.

Baca Juga :   Tips Beli Spek Laptop Untuk Programmer 2022 Yang Pas, Supaya Nyaman dan Anti Nyesal

Lalu selain itu, banyak penggiat industri data center global masuk ke pasar Indonesia. Keberadaan fasilitas tersebut dibutuhkan oleh para pengusaha atau pelaku bisnis, di mana bertujuan sebagai sarana penyimpanan data yang aman.

Oleh sebab itu, NTT Ltd. meluncurkan fasilitas penyimpanan dengan skala besar dan terbaru, bertajuk NTT JKT3. Mereka menawarkan koneksi latensi sangat rendah, yang langsung terhubung ke jaringan utama di NTT JKT2.

“Jakarta 3 Data Center akan mengakomodasi kebutuhan klien khususnya penyedia layanan cloud dan industri keuangan, yang membutuhkan desain fasilitas yang fleksibel untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka,” ujar Tada.

Dia menyebut, NTT Indonesia telah menawarkan Jakarta 2 Data Center yang telah menarik banyak layanan dan penyedia konten, serta menyediakan layanan jaringan lokal yang terhubung ke dan dari Jakarta 3 Data Center yang baru dibangun.

Baca Juga :   Awas!, Aplikasi Squid Game Palsu Berisi Malware Joker Berbahaya di Google Play Store

Data Center Terbesar di Indonesia di Jl Jawa, Kawasan Industri MM2100 Cibitung Bekasi, Kapasitas 45 MW

Tada menuturkan, perluasan jejak data center di Indonesia merupakan bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dilakukan oleh divisi Global Data Centers dari NTT, yang mengoperasikan salah satu platform data center terbesar di dunia.

Indonesia, sambung dia, muncul sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di tingkat regional untuk penyediaan ruang data center dengan adanya ketersediaan sumber daya manusia dan kebijakan pemerintah.

Sumber : detik.com


Rekomendasi Untuk Anda :