Pengertian Online Marketing, Berikut Ini Panduan Lengkap bagi Pemula. Di era serba digital seperti saat ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi kan dengan apa itu online marketing?

Secara sadar atau tidak, perkembangan sistem informasi dan komunikasi telah berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya orang-orang dengan profesi tertentu saja yang bisa merasakannya, namun perkembangan sistem informasi ini juga memberi pengaruh signifikan terhadap gaya hidup dari berbagai kalangan masyarakat.


Sesuai namanya, pemasaran online atau online marketing adalah cara mempromosikan produk ataupun layanan secara online menggunakan internet. Terdengar simpel bukan? Nyatanya, kita memerlukan strategi marketing online yang efektif dalam prosesnya demi memperoleh hasil optimal.

Pengertian Online Marketing, Berikut Ini Panduan Lengkap bagi Pemula

Lalu, bagaimana strategi pemasaran online marketing yang dimaksud tersebut? Simak penjelasan serta panduan lengkapnya di bawah ini.

Pada dasarnya, pengertian online marketing adalah segala upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis atau perusahaan untuk menjangkau pelanggan melalui internet. Tidak hanya pelanggan, online marketing adalah strategi yang juga bertujuan menyampaikan pesan terkait produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Dewasa ini, online marketing memang sering digunakan oleh banyak orang, pelaku bisnis, dan perusahaan.

Misal saja, salah satu contoh online marketing adalah SEO. Ada yang sudah tahu soal SEO? Singkatnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik atau upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.

Nah, akhir-akhir ini berbagai perusahaan dan pelaku bisnis saling berlomba dalam memaksimalkan SEO agar bisnisnya berada di peringkat teratas pencarian Google.

Apakah SEO hanya memprioritaskan pencarian di Google saja? Bagaimana dengan situs pencarian lain seperti Microsoft Bing, Yahoo, Baidu, Ask.com dan lainnya? Jawabannya sederhana, yaitu karena Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet.

Baca Juga :   Tips Belajar CSS Mudah Untuk Pemula

Selain SEO, ada juga strategi marketing online yang efektif bernama SEM (Search Engine Marketing). Fungsinya hampir sama, yaitu untuk menempati halaman pertama google dengan keyword tertentu.

Pengertian Online Marketing, Berikut Ini Panduan Lengkap bagi Pemula

Perbedaan SEM dengan SEO adalah, SEM ini berbayar. Jadi, kita menggunakan platform iklan Google Ads berbayar agar website bisa muncul pada halaman pertama Google dengan cepat.

Selain itu, strategi online marketing yang sering dijumpai tentu saja melalui berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Siapa sih yang masih asing dengan media sosial tersebut? Bahkan rasanya sehari tidak mengunjungi satu diantaranya pun akan terasa ada yang kurang.

Dari semua media sosial tersebut, seringkali kamu mendengar istilah advertising, kan? Dimana kamu bisa melakukan strategi online marketing dengan memasang iklan di salah satu atau bahkan semua media sosial yang kamu miliki.

Tak berhenti sampai di situ, strategi online marketing juga bisa melalui influencer marketing, email marketing, lead generation, dan lain-lain.

Dilihat dari berbagai macam strategi tersebut, bisa dibilang cara marketing online cukup efektif digunakan pada era digital seperti sekarang ini. Selain bisa menjangkau seluruh dunia, biaya yang kamu keluarkan pun tidak akan bikin kantong jebol.

Pengertian Online Marketing, Berikut Ini Panduan Lengkap bagi Pemula

Kelebihan Online Marketing

Banyaknya strategi online marketing yang dipakai oleh berbagai perusahaan membuktikan bahwa hal tersebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan offline marketing. Apa saja itu? Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran online:

1. Akses yang luas

Kamu bisa melakukan pemasaran produk ke ujung dunia manapun, tanpa harus repot memesan tiket pesawat dan mendatangi tempatnya langsung. Jika dunia bisa kamu kelilingi, apalagi daerah-daerah yang ada di Indonesia?

Inilah alasan mengapa pemasaran online menjadi salah satu strategi yang paling diminati para pengusaha. Yup, karena kamu bisa menjangkau pasar di manapun, tanpa harus khawatir akses.

Baca Juga :   Rahasia Cara Kerja GetContact dalam Mendeteksi Nomor Telepon

2. Mendapatkan feedback instan

Online marketing adalah strategi yang memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan feedback instan dari pelanggan. Pelanggan bisa memberitahumu pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk kamu dan memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah perlu dilakukan perbaikan layanan atau tidak.

Manfaatkan saja Google My Business, yaitu review di google terkait dengan bisnismu. Jika kamu mendapat banyak review positif, otomatis akan banyak orang yakin dan tertarik untuk mencoba produk yang kamu tawarkan!

3. Biaya yang murah

Dibanding dengan media pemasaran lainnya, mempromosikan produk di internet juga jauh lebih murah. Hal inilah yang membuat para pelaku bisnis kecil dan menengah mudah untuk mengenalkan produk mereka. Bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, kamu bisa melakukan marketing secara online!

Itulah mengapa ada profesi sebagai content marketing, yaitu seseorang yang mengelola media sosial sehingga terjadilah transaksi. Menarik kan, Sob?

4. Terhubung tanpa batas waktu

Sebelum adanya strategi pemasaran ini, menjaga hubungan antara konsumen dan produsen pastinya memakan banyak waktu dan tenaga. Ketika media online sudah maksimal, hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada para konsumen.

5. Operasional dalam waktu singkat

Kelebihan selanjutnya dari pemasaran online adalah dapat membuat kegiatan operasional selesai dalam waktu singkat. Terkoneksinya dengan internet memungkinkan kamu menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan cepat dan singkat.

6. Iklan digital

Menentukan konten iklan bukanlah hal yang mudah, sama halnya dengan menentukan target iklan yang tepat. Namun, dengan hadirnya pemasaran online kamu sudah bisa bersantai sembari merencanakan hal tadi.

Iklan digital dikenal dengan ketepatan dan segmentasi pasarnya, karena itu sangat memudahkan kamu dalam menentukan target calon konsumen. Dan yang pasti meminimalisir kemungkinan iklan yang sia-sia karena tidak tepat sasaran.

Baca Juga :   Tips Cara Download Video Pinterest dengan Cepat dan Mudah

Iklan digital juga memiliki kisaran harga lebih murah dibandingkan iklan konvensional seperti reklame atau baliho.

7. Available 24 jam

Online marketing adalah strategi yang juga memungkinkan bisnis kamu tersedia setiap hari selama 24 jam. Hal tersebut tentunya mampu meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha.

8. Bisa menghemat banyak waktu

Pemasaran online juga dapat menghemat waktu pelakunya. Seorang calon konsumen bisa memperoleh semua informasi terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui internet.

Hal ini berlaku untuk penjual maupun pembeli. Pembeli bisa mengakses informasi kapanpun dan dimanapun, sedangkan penjual juga dapat bekerja kapanpun dimanapun. Sangat efisien, bukan?

9. Bisa terus terhubung dengan pelanggan

Jaringan internet memungkinkan kamu untuk selalu terhubung dengan pembeli secara realtime. Jika kamu menerapkan sistem diskon, kamu bisa dengan mudah mengirimkan email ke pembeli dan mereka bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Ini berarti kamu juga bisa mengirimkan katalog produk kepada seluruh pelanggan.

Bagaimana? Susah-susah gampang bukan menjalankan strategi pemasaran berbasis internet tersebut? Tapi, jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, tentu saja semuanya bisa berjalan lancar.

Pengertian Online Marketing, Berikut Ini Panduan Lengkap bagi Pemula

Online marketing adalah salah satu cara yang wajib ada dalam strategi bisnis mu. Mengingat di zaman sekarang, hampir semua orang sudah menggunakan internet untuk mendukung aktivitas sehari-harinya. Jadi, besar kemungkinan usaha pemasaran secara online ini akan berhasil!