Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda. Katalog online adalah suatu platform digital yang isinya memaparkan daftar produk dan layanan dari suatu bisnis. Kini beragam jenis bisnis telah merambah pasar digital dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran. Termasuk salah satu hal yang wajib kamu tahu untuk meningkatkan bisnis yaitu cara membuat katalog online.

Dengan adanya katalog online, pelanggan dapat mengecek deskripsi, harga, dan informasi lain terkait produk atau layanan yang mereka butuhkan.


Pasalnya, melalui katalog pelanggan akan lebih mudah mengakses bisnis kamu. Katalog online juga merupakan cara promosi produk dan layanan yang efektif.

Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Selain itu, katalog online memungkinkan pencarian yang lebih praktis karena bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Dewasa ini katalog online termasuk item wajib untuk meningkatkan pemasaran.

Katalog online adalah sebuah daftar atau direktori digital yang berisi informasi tentang berbagai produk, layanan, atau barang yang tersedia untuk dijual atau digunakan secara online. Biasanya, katalog online dapat diakses melalui situs web, aplikasi seluler, atau platform e-commerce.

Katalog online dapat mencakup berbagai kategori, seperti:

  1. Produk Konsumen: Produk elektronik, pakaian, sepatu, perhiasan, mainan, makanan, dan minuman.
  2. Layanan: Layanan seperti perjalanan, pemesanan tiket, reservasi hotel, layanan kecantikan, layanan pengiriman makanan, dan banyak lagi.
  3. Properti: Katalog online properti dapat mencakup rumah, apartemen, kantor, tanah, dan properti komersial lainnya yang dijual atau disewakan.
  4. Buku dan Media: Buku, musik, film, dan perangkat lunak.
  5. Kendaraan: Mobil, sepeda motor, sepeda, atau kendaraan lainnya yang dijual.
  6. Barang-barang seni dan kerajinan: Seni lukis, perhiasan, kerajinan tangan, dan barang-barang seni lainnya.
  7. Perlengkapan Olahraga: Peralatan olahraga, pakaian, sepatu, dan aksesori.
  8. Perangkat Elektronik: Gadget, peralatan rumah tangga pintar, dan perangkat elektronik lainnya.
  9. Perangkat Kesehatan dan Kecantikan: Produk kesehatan, perawatan kulit, produk rambut, dan lain-lain.
  10. Makanan dan Minuman: Produk makanan, minuman, dan makanan kemasan.

Katalog online biasanya memiliki fitur pencarian yang memungkinkan pengguna mencari produk atau layanan tertentu berdasarkan kriteria tertentu, seperti harga, merek, atau kategori. Selain itu, pengguna juga dapat melihat deskripsi produk, gambar, ulasan pengguna, dan informasi lainnya sebelum membuat keputusan pembelian atau penggunaan.

Katalog online merupakan alat yang sangat berguna untuk konsumen yang mencari produk atau layanan, dan juga untuk bisnis yang ingin mempromosikan dan menjual produk mereka secara online.

Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda

ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat katalog online gratis:

1. Mengenali Target Audiens

Seperti halnya strategi pemasaran melalui media lain, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenal target audiens.

Tentukan target audiens yang juga merupakan calon pelanggan dari bisnis kamu. Kemudian, pelajari format dan style katalog yang sesuai dengan target audiens kamu.

Selain itu, kamu juga perlu menentukan apa tujuan dari katalog yang hendak kamu buat.

Ada katalog yang bertujuan untuk memperkenalkan produk baru saja. Sementara, ada juga yang memberi info lengkap mengenai produk dan layanan dari suatu bisnis

Baca Juga :   Waspada, 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Dengan mengidentifikasi dua hal tersebut, kamu dapat membuat katalog yang lebih sesuai baik dari segi bahasa, desain, bahkan SEO. Katalog yang sesuai dapat mendorong peningkatan penjualan.

2. Memilih Template Katalog

Langkah kedua dalam cara membuat katalog online adalah memilih template yang bagus.

Tenang, Sob, ada banyak sekali pilihan katalog profesional yang tersedia di internet dan bisa digunakan secara gratis. Kamu bisa mengunjungi situs seperti Canva, Isuu, Freepik, dan Adobe untuk mencari template katalog online.

Setelah menemukan katalog yang sesuai, lakukan kustomisasi katalog tersebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Kamu bisa mengubah jenis font, teks, dan menambahkan foto ke dalam katalog. Bahkan, ada juga template yang menyediakan opsi personalisasi desain sehingga kamu bisa mengatur pemilihan warna agar sesuai dengan branding bisnis kamu.

3. Mengumpulkan Konten

Setelah memilih template katalog, kamu dapat melanjutkan dengan mempersiapkan isinya. Konten katalog dapat mencakup foto produk, deskripsi, dan harga.

Kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana cara menyajikan produk agar tampak menarik dalam katalog saat memutuskan hendak menambahkan foto atau deskripsi.

Tentukan juga berapa banyak foto yang ingin kamu tambahkan dan bagaimana penempatannya.

Sebagai inspirasi, kamu bisa menilik contoh katalog online yang sudah ada. Biasanya, untuk katalog produk fashion tidak perlu deskripsi yang panjang dan lebih banyak berisi foto.

Sedangkan katalog untuk aplikasi memerlukan deskripsi secara lengkap dan detail.

Sebelum menuliskan konten katalog, kamu perlu memahami terlebih dahulu fitur, spesifikasi, dan keunggulan produk. Kemudian tonjolkan bagian yang merupakan daya tarik produk saat membuat konten.

4. Menggunakan Visual yang Menarik

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan dalam cara membuat katalog online yaitu penggunaan visual yang menarik.

Dari sisi pemasaran, elemen visual memiliki peran yang krusial dalam merangsang minat pelanggan untuk membaca deskripsi, bahkan membeli produk. Oleh karena itu, pastikan untuk menghadirkan foto produk secara jelas.

Gunakan konsep yang eye catching untuk membuat audiens terkesan. Contohnya, untuk bisnis fashion, sebaiknya menggunakan foto dengan model pria dan wanita sesuai jenis pakaian alih-alih foto produk saja.

Menampilkan unsur manusia akan membuat gambar tampak lebih hidup. Selain itu, penggunaan visual juga sebaiknya dibarengi desain yang sesuai ciri khas brand.

Untuk menghasilkan visual yang menarik, sebaiknya kamu menggunakan jasa fotografer yang sudah terbukti keterampilannya.

Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda

5. Mempertimbangkan Panjang dan Organisir Konten

Katalog produk idealnya memiliki panjang yang cukup untuk menyampaikan semua informasi yang pelanggan kamu butuhkan, Meski begitu, katalog sebaiknya cukup pendek supaya pelanggan tidak bosan dan kehilangan minat.

Maka dari itu, penting untuk mengenali terlebih dahulu keunggulan dan daya tarik produk.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan penempatan konten, seperti produk apa yang tampil lebih dahulu. Kamu bisa menempatkan produk yang berkaitan dalam bagian yang sama.

Biasanya, katalog mengelompokkan produk dengan kategori untuk membuat konten lebih efektif. Kategori memungkinkan pelanggan untuk dapat menemukan produk yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.

6. Mencantumkan Informasi Brand

Ini dia langkah cara membuat website katalog yang tidak boleh kamu lewatkan. Informasi brand wajib untuk tercantum dalam katalog online.

Baca Juga :   Segera Hapus, Malware XploitSPY Aplikasi Android Berbahaya Karena Bisa Kuras Rekening

Informasi tersebut meliputi logo, nama brand, informasi kontak, website brand, dan alamat. Menyertakan informasi brand dalam katalog dapat membantu dalam membangun branding, sehingga lebih banyak orang mengenali bisnis kamu.

Bukan itu saja, pelanggan juga akan lebih mudah untuk menghubungi apabila perlu melakukan pembelian atau menyampaikan keluhan.

Biasanya, informasi brand tercantum pada bagian paling bawah katalog online.

7. Menggunakan Aplikasi atau Website Katalog Online

Penggunaan tool produk katalog dapat membantu dalam membuat katalog online yang interaktif. Tool atau aplikasi memungkinkan kamu untuk memusatkan konten produk serta meningkatkan kualitasnya.

Mengutip dari Sales Layer, beberapa bisnis menggunakan CMS (Content Management System) untuk membantu mengorganisir konten,

Namun, penggunaan PIM (Product Information Management) merupakan pilihan software katalog yang lebih ideal untuk bisnis yang tumbuh.

Sistem PIM memungkinkan kamu untuk memantau kualitas konten dengan lebih baik. Selain itu, kamu dapat melakukan otomatisasi perubahan data produk untuk update lintas platform.

Ada banyak aplikasi pembuat katalog online yang memungkinkan kamu untuk membuat katalog dengan mudah, contohnya AnyFlip, Publitas, Flipsnack, dan FlipHTML5.

Selain menyediakan kustomisasi katalog sesuai kebutuhan, aplikasi tersebut juga menyediakan fitur pengunduhan katalog dalam bentuk PDF.

Selain pake aplikasi, untuk buat katalog onlin juga sangat mudah dan cepat pake website. Keuntungan jika kamu bikin pake website, tidak hanya katalog yang bisa digunakan tetapi juga bisa buat website toko online kompleks sampai proses order dan pembayaran.

Dapatkan kemudahan buat katalog dengan menggunakan website dimulai dengan pilih Hosting Murah Terbaik yang sangat cocok untuk web toko online.

Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda

8. Memperhatikan Lama Penggunaan Katalog

Membuat katalog online profesional memerlukan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Maka sebaiknya kamu memastikan bahwa katalog tersebut bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meskipun bentuknya digital, katalog online juga tidak bisa kamu gunakan tanpa batasan waktu.

Pasalnya, bisnis yang terus berkembang akan menghasilkan produk-produk baru setelah beberapa lama. Selain itu, harga produk juga dapat mengalami peningkatan sehingga katalog perlu kamu update.

Sebaiknya kamu menentukan jadwal untuk melakukan update katalog online secara berkala. Sehingga pelanggan dapat mengakses produk dengan informasi yang terbaru.

Membuat katalog online bisa menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat katalog online:

  1. Tentukan Tujuan dan Sasaran:
    • Tentukan tujuan utama katalog online Anda, apakah itu untuk mempromosikan produk, melayani pelanggan, atau tujuan lainnya.
    • Identifikasi target audiens Anda agar Anda dapat merancang katalog dengan baik sesuai dengan kebutuhan mereka.
  2. Pilih Platform atau Situs Web:
    • Anda dapat memilih untuk menggunakan platform e-commerce yang sudah ada seperti Shopify, WooCommerce (plugin WordPress), BigCommerce, Magento, atau Anda bisa membangun situs web kustom.
  3. Kumpulkan Konten:
    • Kumpulkan deskripsi produk, gambar, video, harga, dan detail lainnya yang diperlukan untuk setiap item dalam katalog Anda.
    • Pastikan konten berkualitas tinggi dan informatif.
  4. Desain dan Tampilan:
    • Desain situs web atau halaman katalog Anda agar sesuai dengan merek Anda.
    • Pastikan tampilan produk yang menarik dan mudah dinavigasi.
  5. Struktur Kategori:
    • Organisasi produk dalam kategori dan subkategori untuk memudahkan pengguna menemukan item yang mereka cari.
  6. Integrasi Pembayaran:
    • Jika Anda menjual produk, pastikan Anda memiliki opsi pembayaran online yang aman dan nyaman, seperti kartu kredit, PayPal, atau metode pembayaran lainnya.
  7. Pilihan Pencarian dan Filter:
    • Sediakan fitur pencarian yang kuat sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari.
    • Aktifkan filter berdasarkan harga, merek, dan fitur lainnya.
  8. Pengujian:
    • Lakukan pengujian menyeluruh untuk memastikan bahwa situs web atau katalog online Anda berfungsi dengan baik di berbagai perangkat dan browser.
    • Pastikan bahwa proses pembayaran berjalan dengan lancar.
  9. Optimasi SEO:
    • Optimalkan katalog online Anda untuk mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Ini mencakup penggunaan kata kunci yang relevan, deskripsi produk yang informatif, dan metadata yang sesuai.
  10. Peluncuran dan Promosi:
    • Setelah Anda yakin bahwa katalog online Anda berfungsi dengan baik, luncurkan situs web atau halaman katalog.
    • Promosikan katalog Anda melalui media sosial, email marketing, dan kampanye iklan online.
  11. Analisis dan Perbaikan:
    • Gunakan alat analitik web untuk melacak kinerja katalog Anda dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
    • Terus perbarui dan perbaiki katalog Anda sesuai dengan umpan balik pelanggan dan data analitik.
  12. Dukungan Pelanggan:
    • Sediakan opsi dukungan pelanggan, seperti chat online atau formulir kontak, untuk menjawab pertanyaan dan masalah pelanggan.
Baca Juga :   Pilih Mana? Framework Codeigniter atau Laravel

Membuat katalog online memerlukan waktu dan upaya, tetapi dapat membantu Anda memperluas jangkauan produk atau layanan Anda ke audiens yang lebih luas. Pastikan untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik dan fokus pada kualitas konten dan desain.

Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda

FAQ

Apa saja isi dari katalog?

Katalog berisi tentang daftar produk atau layanan dari suatu bisnis serta informasi terkait, seperti harga dan deskripsi produk.

Apa manfaat dengan membuat katalog digital?

Katalog online memberikan berbagai manfaat, seperti:

  • Menyediakan akses yang lebih mudah pada pelanggan untuk menjangkau produk dan layanan
  • Memungkinkan pembaruan yang lebih mudah
  • Lebih efisien dari segi waktu dan biaya
  • Memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi mengenai pelanggan dan klien potensial
  • Menjadikan investaris produk dengan lebih menarik secara visual
  • Sebagai promosi yang efektif karena dapat dibagikan dengan mudah ke berbagai media

Berbagai manfaat tersebut membuat semakin banyak pelaku bisnis yang ingin mempelajari cara membuat katalog online. Semoga adanya artikel kali ini, bisa membantu para pelaku bisnis.

Tips Cara Membuat Katalog Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda, semoga bermanfaat 🙂