Tips Menyusun Teks Prosedur di ChatGPT dengan Mudah. Adapun fungsi teks prosedur adalah untuk memberikan informasi atau petunjuk pada pembaca tentang cara melakukan tindakan tertentu, cara membuat sesuatu, atau cara menggunakan suatu barang.

Teks prosedur bisa disusun melalui beberapa tahap, seperti mencari topik, menentukan tujuan, menyusun teks, dan menegaskan kembali manfaat jika prosedur itu dilakukan kembali.


Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT merupakan chatbot AI yang memiliki kemampuan untuk menanggapi berbagai perintah pengguna. Dengan kemampuan itu, pengguna bisa meminta ChatGPT untuk menyusun teks prosedur.

Tips Menyusun Teks Prosedur di ChatGPT dengan Mudah

Teks prosedur adalah jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan sebuah proses pembuatan atau pengoperasian sesuatu. Struktur teks prosedur memiliki ciri khas dengan menuliskan langkah-langkah yang harus ditempuh secara urut.

Dengan demikian, teks prosedur memiliki tujuan untuk membantu seseorang mencapai hasil akhir yang diinginkan. Pengguna kiranya perlu mengetahui cara menyusun teks prosedur. Sebagai informasi, teks prosedur adalah teks yang menyajikan petunjuk atau instruksi dalam melakukan sesuatu secara berurutan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Ciri-ciri teks prosedur biasanya berisi kalimat imperatif agar pembaca melakukan apa yang diperintahkan dalam teks tersebut. Kemudian, teks prosedur juga berisi panduan yang jelas dan menggunakan konjungsi untuk mengurutkan tahapan.

Pengguna bisa melakukan langkah-langkah menyusun teks prosedur tersebut secara mandiri. Selain itu, pengguna juga bisa mencari inspirasi pembuatan teks prosedur dengan mudah melalui platform chatbot AI (Artificial Intelligence), ChatGPT.

Baca Juga :   Tips Cara Download Video Instagram buat Disimpan di Galeri HP

Struktur Teks Prosedur

1. Tujuan
Hasil akhir yang ingin dicapai jika mengikuti langkah-langkah dalam sebuah teks prosedur.

2. Langkah-langkah
Berisi langkah atau cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Untuk hasil yang maksimal, bagian ini wajib ditulis dan disusun secara urut.

3. Penegasan Ulang
Merupakan harapan atau manfaat jika langkah-langkah dalam teks prosedur dilakukan dengan baik.

Namun ada juga yang membagi struktur teks prosedur dalam 4 bagian, yakni:

1. Tujuan

Merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.

2. Alat dan Bahan

Berupa perincian alat-alat dan bahan yang akan digunakan/dibutuhkan untuk melakukan kegiatan dalam teks prosedur

3. Langkah -langkah

Berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.

4. Penutup

Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Langkah Menulis Teks Prosedur

1. Pilih topik yang ingin ditulis dalam bentuk teks prosedur.
2. Tentukan tujuan atau hasil akhir yang ingin dicapai setelah mengikuti langkah- langkah dalam teks prosedur yang akan dibuat.
3. Urutkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Pada tahap ini, tulislah dengan penjelasan secara detail, obyektif, aktual, akurat, dan logis.
4. Tutup teks prosedur dengan penegasan ulang, apa manfaat yang didapat setelah mengikuti proses dari teks prosedur yang dibuat.

Baca Juga :   Tips Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Lantas, bagaimana langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menyusun teks prosedur dengan ChatGPT.

Tips Menyusun Teks Prosedur di ChatGPT dengan Mudah

Langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT

Cara menyusun teks prosedur dengan ChatGPT itu cukup mudah. Pengguna tinggal memasukkan perintah atau prompt pada ChatGPT dengan kalimat tertentu untuk memintanya membuat teks prosedur sesuai keinginan.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah untuk membuat teks prosedur sesuai keinginan.
  • Kirim prompt tersebut ke ChatGPT.
  • Selanjutnya, ChatGPT bakal menyajikan teks prosedur sesuai dengan perintah yang dimasukkan.
  • Jika hasilnya dirasa kurang sesuai, pengguna bisa klik opsi “Regenerate” dan ChatGPT bakal menyajikan variasi lain dari tanggapan sebelumnya.

Cukup mudah bukan cara menyusun teks prosedur dengan ChatGPT? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat.

Adapun beberapa contoh prompt untuk menyusun teks prosedur via ChatGPT adalah sebagai berikut.

Contoh prompt untuk menyusun teks prosedur

  • Buatkan teks prosedur mengenai cara menyalakan komputer dengan benar. Teks prosedur harus berisi perintah yang jelas dan mudah dimengerti, gunakan kalimat imperatif. Teks prosedur harus berisi tujuan dan manfaat.
  • Susun teks prosedur mengenai cara mematikan komputer dengan benar. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dimengerti. Gunakan kalimat imperatif dalam menyusun langkah-langkahnya. Cantumkan tujuan dan manfaat dari melakukan cara tersebut.
  • Buat teks prosedur dengan judul “langkah-langkah menghubungkan laptop dengan WiFi”. Teks prosedur harus memuat kalimat imperatif, panduan yang jelas, dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Tambahkan penjelasan tujuan dan manfaat dari teks prosedur ini.
Baca Juga :   Tips Aplikasi Discord buat Obrolan Komunitas, Menggunakan Suara, Teks, Video, Secara Real Time

Itulah beberapa contoh prompt ChatGPT untuk menyusun teks prosedur. Perlu diketahui, prompt di atas hanyalah contoh. Pengguna tidak harus mengikuti sama persis dengan prompt di atas untuk menyusun teks prosedur di ChatGPT.

Pengguna bisa membuat sendiri teks perintahnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT.

Penting diingat, hasil yang diberikan ChatGPT sebaiknya tidak dipakai secara langsung. Pengguna bisa meninjau kembali hasil teks prosedur yang diberikan ChatGPT. Kemudian, pengguna dapat menyesuaikan isinya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan.

Tips Menyusun Teks Prosedur di ChatGPT dengan Mudah

Sumber : https://tekno.kompas.com/