Tips Cara Daftar Google News Agar Diterima Google. Berita terbaru tentunya lebih pembaca sukai. Apa jadinya jika situs kamu menyajikan informasi terlambat? Pasti akan mengurangi rasa ingin tahu dari pembaca.

Mengetahui cara daftar blog ke Google News menjadi penting untuk kamu ketahui jika ingin situs lebih cepat terintegrasi Google. Sehingga, setiap konten yang kamu sampaikan semakin cepat tersampaikan kepada pembaca.


Melihat pergerakan dunia digital yang semakin pesat, semua orang semakin canggih untuk mencari informasi. Oleh karena itu, sebagai pemilik situs penting untuk mengetahui cara daftar Google News.

Tips Cara Daftar Google News Agar Diterima Google

Nah, upaya yang bisa kamu lakukan agar website lebih cepat update adalah dengan mendaftarkan situs di Google News.

Mengetahui cara daftar blog ke Google News menjadi penting untuk kamu ketahui jika ingin situs lebih cepat terintegrasi Google. Sehingga, setiap konten yang kamu sampaikan semakin cepat tersampaikan kepada pembaca.

Apa itu Google News

Dari namanya pasti kamu sudah tidak asing lagi. Google News menjadi salah satu platform yang menyediakan konten berita dari banyak situs website baik secara nasional maupun internasional.

Google News juga memiliki tampilan yang sangat menarik sehingga memudahkan pembaca untuk akses berbagai berita melalui handphone maupun komputer. Pemanfaatan layanan ini pun cocok buat kamu yang akan membuat website berita dan akses ini kamu dapatkan secara gratis, loh.

Keunggulan dari Google News daripada platform lain seperti memudahkan pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan lokasi, sumber berita, hingga topiknya.

Sebagai pemilik blog, mendaftar Google News Publisher akan mendapatkan banyak keuntungan. Karena jumlah kunjungan pada Google News sendiri mencapai 494 juta di seluruh dunia.

Apabila kamu bisa memanfaatkannya dengan tepat, akan memberikan dampak positif cukup besar.

Terdapat beberapa panduan yang dapat Sob ikuti apabila ingin mendaftar Google News. Tentunya setelah mengikuti beberapa persyaratan sesuai kaidah dari Google News. Untuk cara pendaftaarannya antara lain:

Baca Juga :   Tips Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Email Google, Google Map, Whatsapp, Nomor IMEI Walaupun dalam Keadaan Mati

Tips Cara Daftar Google News Agar Diterima Google

1. Login ke Publisher Center Pakai Akun Google

masuk ke google publisher center

Pertama, proses pendaftaran mengharuskan kamu untuk masuk ke halaman Google News Publisher. Di sana, kamu bisa langsung login menggunakan akun Google blog yang kamu miliki

2. Tambahkan Alamat Website

add a publication

Cara daftar Google News selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menambahkan blog pada pilihan “Add Publication”. Nantinya, kamu akan melihat halaman permintaan pendaftaran ke Google News.

3. Verifikasi Google Search Console

Sekarang Anda perlu memverifikasi situs kamu dengan Google Search Console.
Klik “Pengaturan Publikasi”, gulir ke bawah ke “URL properti situs utama” dan klik “Verifikasi di Search Console”.

4. Tunggu Review Google

Setelah kamu mengikuti cara diterima Google News dengan panduan di atas. Sekarang kamu hanya perlu menunggu review dari tim Google. Kurang lebih proses review berlangsung satu hingga tiga minggu.

Apabila kamu memenuhi persyaratan dari Google News. Maka, pendaftaran akan berhasil dan kamu bisa langsung menikmati layanan dari Google News.

Tips Cara Daftar Google News Agar Diterima Google

Apa Benefit Website Daftar di Google News?

Mendaftar ke Google News apakah memberikan benefit untuk blog? Tentu saja. Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mendaftar di Google News antara lain:

1. Kunjungan di Blog Semakin Bertambah

Ketika kamu mendaftarkan blog ke situs Google News, maka akan meningkatkan persentase kunjungan ke situs. Hal ini terjadi karena pengunjung lebih mudah menemukan situs kamu melalui Google News.

Apabila kemudahannya dapat pengguna rasakan, maka kunjungan pun akan terus meningkat. Selain itu, kunjungan blog tersebut pastinya juga akan memberikan traffic yang berkualitas. Tentu, ini sangat menguntungkan sekali, bukan?

Baca Juga :   Tips Cara Download Video Instagram buat Disimpan di Galeri HP

Berkaitan dengan Fitur personalizer content yang memiliki peranan besar. Tingkat kesenangan pengguna terhadap situs pun terus meningkat sejalan dengan topik relevan yang kamu berikan.

Backlink merupakan tautan dari sebuah website dan mengarah ke situs yang lainnya. Bagi seorang blogger, backlink memiliki peran penting untuk meningkatkan kredibilitas sebuah blog.

Melalui pendaftaran artikel di Google, kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari Google News. Dengan begitu, konten yang kamu buat di blog akan mendapatkan referensi terupdate mengenai sebuah topik.

Apabila nantinya situs lain membutuhkan referensi pendukung. Konten yang kamu buat bisa menjadi salah satu sumber terpercayanya. Dengan begitu, total kunjungan, klik, dan traffic yang kamu dapatkan akan meningkat.

3. Media Branding

Meski tidak banyak yang tahu, mendaftarkan diri di Google News bisa menjadi salah satu media untuk membangun branding, loh. Selain kamu akan mendapatkan banyak kunjungan efektif ke blog, kamu juga bisa dianggap sebagai seorang ahli.

Hal ini tentunya berdampak besar, karena kamu bisa membangun branding website. Contohnya seperti website Jagoanhosting.com yang membahas apapun berkaitan tentang hosting dan layanannya.

Sehingga, informasi terkait hosting, domain, cloud, WordPress, blog, dan informasi sejenis akan ditampilkan secara terstruktur dan dapat pembaca nikmati dengan nyaman.

4. Lebih Cepat Terindeks Google

Jika sebelumnya konten di blog kamu susah untuk terdeteksi Google dan masuk halaman pencarian pertama. Dengan mendaftar di Google News, kamu bisa memiliki kesempatan untuk masuk halaman pertama dan Google bisa indeks lebih cepat.

Pada kondisi ini, Google menganggap bahwa website kamu layak untuk berada di mesin pencarian atas. Apalagi jika kamu mengambil konten yang up to date, yang menjadi perbincangan banyak orang.

Mengingat, mendapatkan posisi di halaman pertama Google bukanlah hal yang mudah. Maka, kamu tetap perlu melakukan optimasi SEO atau mesin pencari.

Baca Juga :   Tips Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Sehingga, manfaat dari pendaftaraan Google News dapat berjalan maksimal.Itulah beberapa informasi mengenai cara daftar Google News yang dapat kamu coba.

Lakukan juga beberapa persyaratan sesuai permintaan dari pihak Google News agar cepat mendapatkan approve. Selamat mencoba.

Tips Cara Daftar Google News Agar Diterima Google

Syarat dan Tips agar Muncul di Google News

Berikut adalah cara agar bisa secara konsisten muncul di Google News:

Buat Google News Sitemap

Dengan membuat Google News Sitemap, ini bisa membantu Google News untuk menemukan dan memahami konten berita dengan lebih baik.

Pastikan sitemap tersebut terstruktur dengan baik, mencakup informasi penting seperti judul artikel, tautan, tanggal publikasi, dan lainnya.

Ikuti Panduan Google News

panduan diterima google news

Google News memiliki panduan resmi yang harus Anda ikuti agar website kamu dapat diterima sebagai sumber berita yang sah.

Panduan ini mencakup berbagai aturan dan pedoman yang harus diikuti, seperti kualitas konten, transparansi, dan ketepatan waktu dalam publikasi berita.

google news policy

Pastikan kamu membaca dan mengikuti panduan ini dengan cermat untuk meningkatkan peluang diterima oleh Google News.

Sediakan Informasi Kontak yang Jelas tentang Penulis dan Perusahaan

Google News ingin memastikan bahwa sumber berita memiliki identitas yang jelas dan dapat dipercaya. Pastikan bahwa informasi kontak tentang penulis artikel dan perusahaanmu mudah ditemukan di situs web

Tips Cara Daftar Google News Agar Diterima Google

Sumber : https://www.jagoanhosting.com