Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya. Google Takeout biasanya berguna untuk berbagai lini, seperti bisnis, organisasi atau institusi pendidikan. Platform ini seringkali digunakan perusahaan untuk mentransfer data karyawan ke akun Google lain saat mereka sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

Banyaknya orang kini menjadikan Google sebagai salah satu tempat penyimpanan, file, dan data penting lainnya seperti foto, video, hingga dokumen. Banyak orang yang kuatir ketika data penting yang disimpan di Google hilang. Misalnya, kehilangan data di Gmail, Google Photos, Google Drive dan lainnya. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Google tidak menjamin data kamu aman, terkadang kamu masih saja dapat kehilangan datanya juga apabila ketika secara tidak sengaja menghapus data penting tertentu.


Untuk mengantisipasi masalah yang ada, baiknya kamu melakukan backup data dari akun Google kamu. Supaya jika mendadak dibutuhkan, kamu masih memiliki save datanya.

Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya

“Google Takeout” fitur baru yang disediakan Google untuk kamu. Fitur ini memungkinkan kamu dapat mengunduh seluruh data dan file di akun Google yang dapat dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan yang ada. Sehingga kamu dapat menyimpan data-data penting di laptop. Format penyimpanan yang disediakan dimulai dari CSV, JPG sampai TXT. Jadi bukan hanya berupa file foto dan video saja, melainkan juga seperti kontak yang disimpan seperti profil Google Bisnis, profil Google Play, dan lainnya.

Google memiliki berbagai layanan untuk pengguna mengakses berbagai platform dan memudahkan aktivitas pengguna. Salah satunya Google Takeout yang membantu pengguna dalam menyalin data yang tersimpan di berbagai produk Google, seperti Google Photos, Drive, dan Gmail.

Baca Juga :   Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

Tak hanya itu layanan ini juga berguna jika Anda ingin mencadangkan data Anda untuk berjaga-jaga jika akun Google Anda hilang atau jika Anda ingin memindahkan data Anda ke layanan lain. Salah satunya ingin menghapus akun Google lama dan beralih ke akun terbaru.

Untuk mengulas selengkapnya, berikut ini pengertian Google Takeout, layanan mana yang didukung, dan cara menggunakannya.

Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya

Pengertian Google Takeout

Dilansir dari Business Insider, Google Takeout merupakan layanan yang ditawarkan oleh Google untuk mencadangkan semua data akun Google Anda dalam satu file. File-file cadangan inilah yang kemudian bisa diunduh.

Layanan ini gratis dari Google untuk memungkinkan Anda menyalin data yang tersimpan di Google, termasuk Gmail, Drive, Photos, Kalender, dan lainnya.

Pengguna bisa mengunduh data Anda dengan format beragam, mulai dari ZIP, TAR, dan XML. Selain itu Anda juga bisa memilih untuk mengunduh hanya jenis data tertentu, seperti e-mail, foto, atau video.

Untuk menggunakan Google Takeout, penggun aperlu masuk ke akun Google. Setelah masuk, pengguna akan memilih produk dan jenis data yang ingin diunduh.

Pengguna juga bisa memilih format dan tingkat kompresi unduhan. Setelah membuat pilihan, pengguna bisa mengklik tombol “Buat arsip”. Google kemudian akan membuat arsip data dan mengirimkan e-mail kepada Anda dengan tautan untuk mengunduhnya.

Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya

Layanan-layanan yang didukung Google Takeout

Berikut ini beberapa layanan atau aplikasi yang didukung dari Google Takeout:

Data Produk Google

Gmail, Drive, Chrome, Foto, dan YouTube.

Aktivitas Google Play

Aktivitas di Play Store, Play Buku, Google Maps, Layanan Play Game, video YouTube, dan Play Film & TV.

Baca Juga :   Tips Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Email Google, Google Map, Whatsapp, Nomor IMEI Walaupun dalam Keadaan Mati

Log akses akun.

Google Classroom

Kelas, postingan, pengiriman, dan pendaftaran di Google Classroom.

Blog Blogger

Blog, postingan, halaman, komentar, video, dan profil di Blogger.

Data Kesehatan

Data kesehatan dari layanan seperti Google Fit.

Profil Google Bisnis

Data terkait dengan profil Google Bisnis Anda.

Google Pay

Tiket tersimpan, nomor rekening virtual, dan riwayat transaksi dari Google Pay.

Google Shopping

Riwayat pesanan, metode pengiriman, alamat, dll., dari Google Shopping.

Riwayat Lokasi

Lokasi dan setelan Anda dari Riwayat Lokasi.

Google Cloud

Riwayat penelusuran Google Cloud Anda.

Konfigurasi Perangkat Android

Data konfigurasi perangkat Android Anda.

Perangkat Smart Home

Data dari perangkat smart home seperti Google Nest Hub

Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya

Kapan harus menggunakan Google Takeout

Mencadangkan data

Jika Anda ingin mencadangkan data Anda untuk berjaga-jaga jika akun Google Anda hilang, Google Takeout adalah menjadi pilihan untuk mencadangkan salinan data, Anda dapat mengunduh semua data Anda atau hanya jenis data tertentu, seperti e-mail atau foto.

Memindahkan data ke layanan lain

Jika Anda ingin memindahkan data Anda kelayanan lain, Google Takeout dapat membantu menyalin data. Anda dapat mengekspor data Anda dari Google Takeout ke layanan lain, seperti Dropbox atau OneDrive.

Memeriksa dan menganalisis data Anda

Google Takeout juga berguna untuk menganalisis data. Pengguna bisa mengunduh data Anda dalam format yang mudah dibaca, seperti CSV atau JSON.

Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya

Cara menggunakan Google Takeout

  • Navigasikan akun Anda ke takeout.google.com dan pilih “Batalkan pilihan semua”. Secara default, Google Takeout memilih semua kemungkinan jenis data dan file untuk disertakan dalam arsip Takeout
  • Gulir ke bawah dan pilih kotak centang salah satu folder yang ingin Anda salin. Misalnya Google Foto
  • Pilih Semua album foto yang disertakan. Secara default, setiap album foto akan dipilih. Anda bisa memilih salah satunya
  • Gulir ke bawah dan pilih “Next step”
  • Pengguna diminta untuk memilih jenis file, frekuensi, dan tujuan arsip Anda.
  • Anda juga diminta memilih ukuran maksimum untuk setiap file arsip. Selanjutnya Di bawah Metode Pengiriman , pilih tempat mengunduh file arsip jika sudah siap.
  • Di bawah kolom Frekuensi , pilih seberapa sering mengekspor file untuk diunduh. Pilih “Ekspor sekali” atau “Ekspor setiap 2 bulan selama 1 tahun”
  • Di bawah bagian “Jenis & ukuran file”, pilih jenis file untuk file arsip dan ukuran maksimum
  • Pilih “Buat ekspor”, lalu tunggu sementara Google mengumpulkan file dan mengarsipkannya sesuai spesifikasi Anda.
  • Saat pengarsiapan selesai, Takeout akan mengirimi Anda email berisi tautan ke file yang diarsipkan
  • Dari email tersebut, pilih “Unduh Arsip” untuk mulai mengunduh, seperti file lainnya. Data Anda berpindah dari server Google ke folder Unduhan Anda
Baca Juga :   UI/UX Design : Tips Convert Figma ke HTML dan CSS

Pengertian Google Takeout dan Cara Menggunakannya

Demikian ulasan mengenai Googke Takeout, layanan-layanan, dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://tekno.kompas.com