Tips Cara Mudah Edit File PDF Secara Offline dan Online. Selama ini jika ingin mengedit file PDF aplikasi yang sering digunakan adalah Adobe Acrobat. Tapi aplikasi ini tidak bisa digunakan dengan gratis dan harganya pun cukup mahal.

Dalam suatu kondisi saat melakukan pekerjaan atau tugas sekolah kita mendapati file formulir dalam format PDF, namun kita kerap bingung bagaimana cara mengisinya lewat PC ataupun laptop.

Baca Yuk :



Tips Cara Mudah Edit File PDF Secara Offline dan Online

Tentu saja kalian bisa mencetak formulir tersebut dan mengisinya secara manual menggunakan tulisan tangan. Tapi cara ini terbilang lebih sulit apalagi jika kalian harus mengirimkan kembali formulir tersebut lewat email.

Untuk itu, berikut adalah alternatif cara mengedit file PDF secara online dan offline yang murah serta mudah :

1. Secara Online

Mengedit file PDF secara online memiliki beberapa keunggulan. Kalian bisa melakukannya lewat perangkat apa saja dan di mana saja asalkan terhubung dengan koneksi internet.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan edit tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan sebelumnya.

Salah satu layanan PDF editor online yang bisa diandalkan adalah Sejda. Fitur editing yang ditawarkan Sejda pun cukup lengkap seperti menambahkan tautan, mengisi formulir, menambah gambar dan anotasi serta masih banyak lagi. Berikut caranya:

  • Buka situs Sejda¬†di sini, bisa melalui browser di PC atau laptop kamu. Di halaman depannya pilih menu PDF Editor.
  • Setelah itu kamu bisa memilih file PDF mana yang hendak diedit dengan klik Choose PDF file.Setlah itu juga bisa drag-and-drop dokumen yang diinginkan dari file manager langsung ke browser.
  • Kemudian pilih file, tunggu sesaat hingga semua halamannya selesai dimuat. Untuk mengedit teks yang ada di halaman, kamu bisa langsung klik di bagian yang ingin diedit. Jika ingin menambahkan teks baru, kamu bisa klik di bagian halaman mana saja yang dihendaki.
  • Setelah semua proses mengedit selesai, klik Apply Changes yang ada di bagian tengah bawah layar. Tunggu beberapa saat dan dokumen kalian siap untuk disimpan di komputer maupun di layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Perlu diperhatikan ada beberapa hal yang patut dicatat jika kalian ingin menggunakan Sejda. Pertama, Sejda tidak memiliki fitur optical character recognition (OCR), jadi kalian tidak bisa mengedit file PDF hasil scan.

Kedua, layanan ini gratis tapi memiliki batasan. Dalam satu jam, kalian hanya bisa memproses tidak lebih dari 200 halaman atau 50 MB data, tergantung mana yang dicapai lebih dahulu. Selain itu kalian juga tidak bisa menjalankan lebih dari tiga task.




2. Secara Offline

Siapa yang sangka Microsoft Word bisa digunakan untuk mengedit file PDF secara offline langsung di PC atau laptop? Fitur ini tersedia di Word untuk Office 365, Word 2019, Word 2016 dan Word 2013.

Tapi jika kalian menggunakan cara offline ini patut dicatat bahwa file PDF kalian akan dikonversi menjadi file Word terlebih dahulu sebelum bisa diedit. Caranya pun tidak sulit.

  • Langkah pertama kamu cukup membuka file PDF yang ingin diedit menggunakan Microsoft Word. Word kemudian akan memberitahu bahwa ini akan membuat salinan PDF dan konversi kontennya ke dalam format Word yang bisa menampilkan.
  • Jika pemberitahuan tersebut muncul, cukup klik OK. Setelah file PDF terbuka di Word, kalian bisa langsung mengedit teks yang ada di file tersebut.
  • Setelah proses editing selesai, kamu bisa simpan file tersebut langsung dalam format PDF.
  • Pilih dan klik menu File, kemudian Save As. Jangan lupa ganti format file dari DOCX menjadi PDF.
Baca Yuk :