Google Ulang Tahun ke 23, Sejarah Berdirinya Google. Pada 27 September 2021, Google resmi berusia 23 tahun. Dalam merayakannya, pihak Google menampilkan doodle bertema ulang tahun pada laman pencariannya.

Kita tentu sering memanfaatkan Google dalam belajar, kan? Mesin pencarian ini kerap diandalkan untuk menemukan berbagai jawaban atas materi yang tidak dipahami.

Baca Yuk :

Google Ulang Tahun ke 23, Sejarah Berdirinya Google

Sejarah Berdirinya Google hingga Jadi Raksasa Pencarian

Melansir dari laman resmi Google, mesin pencarian ini diciptakan pada 1998. Sosok di balik terciptanya Google adalah Larry Page dan Sergey Brin.

Page dan Brin bertemu ketika mereka menjadi mahasiswa pascasarjana di Stanford University. Keduanya mulai membangun Google dari kamar asrama Page.

Di pertengahan tahun 1998, Brin dan Page mulai mendapat pendanaan dari luar. Investor pertama mereka adalah Andy Bechtolsheim, yang merupakan salah satu pendiri Sun Microsystems, Inc.

Brin dan Page pada akhirnya mengumpulkan sekitar Rp $1 juta dari investor, keluarga, serta teman-temannya. Mereka lalu mendirikan toko di Menlo Park, California dengan nama Google.

Nama Google didapatkan dari salah eja nama asli Page yang direncanakan, yaitu googol. Artinya, istilah matematika untuk nomor satu diikuti dengan seratus nol.

Pada pertengahan 1999, Google menerima pendanaan modal ventura dengan nilai $25 juta. Saat itu, mereka memproses 500 ribu kueri per hari.

Jumlah tersebut meledak di tahun 2000 saat Google jadi mesin pencari untuk situs paling populer, Yahoo!.

Ketika tahun 2004 Yahoo! ditiadakan dengan layanan Google, pengguna internet melakukan browsing 200 juta kali dalam sehari. Dan hal ini berkembang sampai akhir 2011.

Pada saat itu, Google mencakup tiga miliar pencarian per hari. Pada akhirnya, Google menjadi begitu umum dan dimasukkan dalam leksikon kata kerja “to google”.

Berdasarkan ensiklopedia Britannica, lebih dari 70 persen pencarian di internet adalah menggunakan Google. Itulah sejarah Google dari awal diciptakan hingga sebesar sekarang. Semoga menjadi inspirasi kita ya SobatPhi.

Google Ulang Tahun ke 23, Sejarah Berdirinya Google

Sumber : detik.com

Baca Yuk :