Ciri-Ciri WhatsApp Disadap, aksi sadap WhatsApp merupakan suatu tindakan kejahatan yang melanggar hukum, Namun bagaimana jika whatsapp tiba-tiba logout dengan sendirinya tanpa kita ketahui?

Ciri-Ciri WhatsApp Disadap

Baca Yuk :

Jika akun WhatsApp disadap berarti pelaku kejahatan bisa mendengar dan membaca percakapan di dalam tersebut. Pelaku kejahatan juga bisa melihat nomor kontak hingga melakukan aktivitas yang tidak dilakukan pengguna.

Dilansir dari CNN Indonesia, Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp anda sedang disadap atau tidak,  berikut Ciri-Ciri WhatsApp Disadap yang harus anda waspadai adalah sebagai berikut:

1.Akun WhatsApp logout dengan sendirinya

Jika Akun WhatsApp logout dengan sendirinya maka bisa jadi akun anda di sadap. WhatsApp tidak bisa digunakan pada dua ponsel bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka akun WhatsApp pengguna akan keluar dengan sendirinya.

Jadi ketika nomor WhatsApp digunakan diperangkat lain akan muncul kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar. Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp dengan sendirinya ada kemungkinan pelaku kejahatan ingin mengambil alih akun WhatsApp anda.

Apabila nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka akan muncul peringatan pada ponsel, sebagai berikut:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Sebaliknya, Anda harus tekan verifikasi agar akun Whatsapp tidak berpindah ke ponsel lain.

Jika Anda mendapatkan notifikasi itu sementara tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, jangan tekan Oke.

Jika pemindahan memang dilakukan oleh Anda sendiri, tentu saja mesti memilih Oke agar akun bisa digunakan di perangkat berbeda.

2.Dapat kiriman OTP

Ciri selanjutnya adalah mendapat kiriman OTP. Jika akun keluar dengan sendirinya dan pengguna mendapat kiriman kode OTP ke ponsel. Apabila pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi dengan sendirinya, ada kemungkinan nomor WhatsApp dikloning oleh orang lain.

Namun untuk melakukan kloning nomor, pelaku kejahatan harus memiliki akses terhadap kartu SIM korban untuk melakukan pengkloningan.

Maka solusinya adalah Jangan serahkan kode enam digit ini ke siapa pun dengan alasan apa pun. Pelaku kejahatan  bisa saja pura-pura mengaku sebagai teman korban dan meminta mengirimkan kode itu karena mereka sulit masuk ke akun Whatsapp mereka. Ini adalah salah satu jebakan dan kemungkinan berbagai jebakan lain yang pada intinya meminta enam kode tersebut. Sehingga jangan sampai anda memberikan kode kepada siapapun dengan alasan apapun juga.

3.Pesan telah terbaca

Ciri  WhatsApp dibajak orang selanjutnya ialah pesan telah terbaca. Itu berarti ketika akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang semestinya digunakan pada WhatsApp Web.

Tanda-tanda akun WhatsApp dikloning menggunakan aplikasi seperti ini adalah jika Anda pernah menemukan tanda pesan sudah terbaca padahal belum pernah Anda buka.

Pesan yang sudah terbaca ditandai dengan dua centang biru di bagian kanan bawah pesan. Namun, tanda ini bisa dinonaktifkan di bagian pengaturan. Jika tanda ini tak diaktifkan, pengguna tak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

4.Aktif di perangkat lain

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengakses layanannya melalui web. Salah satu untuk mengetahui apakah WhatsApp telah disadap adalah dengan melihat keaktifan akun WhatsApp di perangkat lain selain perangkat milik pengguna sendiri.

Pengguna bisa mengeceknya dengan mengakses WhatsApp

  • Klik ikon tiga titik di bagian kanan atas
  • Pilih opsi WhatsApp Web.
  • Informasi mengenai akun WhatsApp pengguna yang aktif di perangkat lain akan muncul.

Untuk memutuskan sambungan koneksi mencurigakan tersebut, pengguna dapat keluar atau logout dari semua perangkat yang tertera pada WhatsApp web.

Agar hal ini tidak terjadi lagi, solusi paling efektif adalah mengonfigurasi WhatsApp dengan App Lock. Dengan cara ini, meskipun orang lain mencuri atau mengambil ponsel pengguna, orang tersebut tidak dapat mengakses aplikasi WhatsApp dan menghubungkannya ke PC atau aplikasi lain melalui WhatsApp web.

5.WhatsApp Tidak Bisa Digunakan untuk Telepon

Jika Anda tak bisa menelepon via WhatsApp, bisa saja WhatsApp Anda terkena sadap oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

6.Nomor terdaftar di perangkat lain

Cara lain di mana seseorang dapat menyadap anda adalah mengaktifkan akun di perangkat lain dengan mendaftarkan nomor pengguna.

Pada dasarnya, orang tersebut mendaftarkan nomor pengguna di ponsel lain dan memulihkan semua obrolan atau percakapan yang tersimpan dalam aplikasi. Siapa pun dapat melakukan ini dengan mengambil ponsel pengguna untuk menerima kode verifikasi yang dikirim WhatsApp.

Jika hal itu terjadi, pengguna akan melihat pesan “Ponsel ini tidak dapat diverifikasi” karena nomornya terdaftar di perangkat lain. Pengguna dapat memverifikasi ulang nomor pengguna untuk mendapatkan kembali akses akun.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah dengan membuka

  • Pengaturan
  • Akun
  • Aktifkan verifikasi dua langkah.

7.Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Tanda lain apabila  WhatsApp sudah disadap adalah ada pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita. Tanda lain yang bisa menjadi kecurigaan kalau akun WhatsApp disadap adalah ada pesan yang tidak pernah kita kirimkan. Dari situ bisa diketahui, ada pihak lain yang ternyata sedang menyadap WhatsApp anda.

8.Status Whatapps online padahal tidak aktif

Ini adalah salah satu tanda-tanda WhatsApp disadap orang yang tidak bertanggung jawab. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apakah nomor kita tampak online di akun WhatsApp orang lain ketika kita tidak membuka aplikasi WhatsApp di ponsel ataupun WhatsApp Web.

9.Diretasnya file WhatsApp

Jika ciri Whatsapp diretasnya file WhatsApp, Ini merupakan metode yang rumit untuk mendapatkan akses ke obrolan WhatsApp. Penyadap dapat mengakses obrolan bahkan dengan akun WhatsApp yang terkunci.

Penyadap akan menargetkan log obrolan WhatsApp, gambar, video, dan media lain di File Manager. Penyadap juga dapat mengirim file ke perangkatnya atau dapat menggunakan aplikasi cadangan otomatis seperti Backup Texts untuk WhatsApp dan mengirim email langsung semua percakapan pengguna di WhatsApp dalam teks biasa.

Cara terbaik untuk selamat dari ancaman semacam ini adalah dengan memperbarui WhatsApp secara teratur. Pembaruan terdiri dari patch keamanan dengan enkripsi cadangan. Selain itu, pengguna lebih baik memiliki kunci Aplikasi untuk File Manager.

10.Whatapps Tidak Bisa Menelepon Via WhatsApp

Jika pengguna tidak bisa menelepon via WhatsApp bisa jadi tanda jika WhatsApp mereka sudah disadap pihak lain.

Itulah tadi beberapa Ciri-Ciri WhatsApp Disadap, dan semoga selalu berhati-hati agar akun  anda tidak diretas oleh orang yang tidak bertanggung jaawab. Demikian artikel tentang Ciri-Ciri WhatsApp Disadap, semoga dapat bermanfaat.

Source:cnnindonesia.com, suara.com

Baca Yuk :