Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan. Untuk menghindari penipuan, pengguna kiranya perlu mengetahui cara melacak nomor HP yang tidak dikenal. Cara ini berguna untuk mengetahui pemilik nomor asing yang menghubungi pengguna.


Pernah mendapat panggilan atau SMS spam dari nomor tidak dikenal? Jangan buru-buru diangkat atau dibalas, lho. Bisa jadi pemilik nomor tersebut adalah sindikat penipuan yang melakukan misinya melalui telepon. Selain itu, barangkali itu juga nomor baru mantan yang tidak ingin kamu pedulikan lagi.

Meski penasaran menggebu-gebu, kamu tidak harus menjawab panggilan untuk mengetahui siapa pemilik nomor tersebut, lho. Pakai saja cara melacak nomor HP yang tidak dikenal berikut untuk mendeteksi kira-kira panggilan tersebut dari siapa.

Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan

Penipuan bisa terjadi lewat berbagai media, termasuk melalui telepon atau pesan di HP menggunakan nomor asing atau tidak dikenal. Pengguna mungkin sudah sering dihubungi oleh nomor tak dikenal.

Nomor HP asing yang menghubungi pengguna tidak selalu penipu. Namun, dengan mengetahui identitas atau namanya, pengguna bisa menghindari penipuan yang bisa jadi akan dilancarkan oleh pemilik nomor HP tidak dikenal itu.

Lantas, bagaimana cara mengetahui identitas pemilik nomor HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengetahui nomor tidak dikenal milik siapa dengan mudah dan praktis.

Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan

Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal

Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara cek pemilik nomor telepon yang bisa dilakukan pengguna. Secara umum, pengguna bisa memakai aplikasi pelacak nomor HP untuk cek nama pemiliknya.

Baca Juga :   Tips Belajar SEO Website Otodidak

Beberapa aplikasi pelacak nomor HP itu, seperti GetContact, TrueCaller, Me Caller ID, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kemampuan utama untuk menyajikan nama atau tag pemilik nomor telepon.

Aplikasi tersebut bakal mengidentifikasi nomor telepon sesuai database yang dimiliki. Adapun database tersebut dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya). Database itu berisi riwayat para pengguna dalam memberikan nama atau tag pada nomor telepon.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna dapat melacak identitas pemilik nomor telepon asing yang menghubunginya. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara melacak nomor HP tidak dikenal melalui aplikasi-aplikasi pelacak nomor HP adalah sebagai berikut.

Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan

1. Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal via GetContact

Ilustrasi GetContact.

Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal paling populer di Indonsia adalah melalui Get Contact. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui identitas penelepon asing dari tag yang diberikan orang lain atau bagaimana pemilik nomor tersebut menamai dirinya sendiri. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu memblokir nomor HP yang sering melakukan spam panggilan atau tidak kamu inginkan.

Untuk menggunakannya mudah, cukup jalankan aplikasi. Di bagian beranda, masukkan nomor yang ingin kamu identifikasi, bisa juga dengan melalui log panggilan pada aplikasi Getcontact. Selanjutnya, klik nama untuk mengetahui identitas pemilik nomor. Kamu juga bisa melaporkan nomor HP yang teridentifikasi sebagai spam atau penipu untuk membantu melindungi orang lain.

  • Unduh aplikasi Getcontact di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Getcontact dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Kemudian, masukkan nomor telepon asing yang hendak diketahui identitas pemiliknya.
  • Setelah itu, periksa dan Getcontact bakal menyajikan sejumlah nama terkait identitas pemilik nomor telepon asing tersebut.
Baca Juga :   Tips Cara Hapus Riwayat Pesanan di Shopee

Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan

2. Cara cek pemilik nomor telepon via TrueCaller

Ilustrasi TrueCaller.

Cara ini memang jauh lebih mudah dibanding harus instal aplikasi, bukan? Bisa jadi langkah andalan dari berbagai pilihan cara melacak nomor HP yang tidak dikenal.

  • Unduh aplikasi Truecaller di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Truecaller dan pastikan telah login akun. Untuk login, salah satunya bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, di kolom pencarian, masukkan nomor telepon asing yang hendak diketahui identitasnya.
  • Mulai pencarian dan Truecaller bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon asing tersebut.

3. Cara mengetahui nomor tidak dikenal milik siapa via Me Caller ID

Ilustrasi Me Caller ID.

  • Unduh aplikasi Me Caller ID di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Me Caller ID dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, di kolom pencarian, silakan masukkan nomor telepon asing di WhatsApp yang hendak dicek identitasnya.
  • Selanjutnya, Me Caller ID bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon asing itu.

Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan

4. Cara cek pemilik nomor telepon via Mr. Number

Ilustrasi Mr. Number.

  • Unduh aplikasi Mr. Number di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Mr. Number dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, silakan masukkan nomor telepon asing yang hendak dicek identitas pemiliknya.
  • Kemudian, lakukan pencarian dan Mr. Number bakal menyajikan sejumlah nama yang diberikan oleh orang lain atas nomor tersebut.
Baca Juga :   Aplikasi Tools Heatmap untuk Monitoring Analisis Website 2024

5. Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal via Sync.me

Ilustrasi Sync.Me.

  • Unduh aplikasi Sync.Me di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Sync.Me dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, silakan masukkan nomor telepon asing di WhatsApp yang hendak dilacak identitas pemiliknya.
  • Kemudian, lakukan pencarian dan Sync.Me bakal menyajikan sejumlah nama yang diberikan oleh orang lain atas nomor tersebut.

Cukup mudah bukan cara mengetahui nomor tidak dikenal milik siapa? Melalui beberapa cara di atas, pengguna bisa mengetahui siapa pemilik nomor asing yang tengah menghubungi.

Dengan demikian, pengguna bisa mengantisipasi tindakan penipuan yang datang dari nomor asing itu. Untuk diketahui, pada aplikasi pelacak nomor HP, nomor penipu biasanya bakal dilabeli orang lain dengan nama “penipu” atau “spam”.

Jika nomor asing itu banyak ditandai sebagai penipu, aplikasi tersebut akan turut memberikan peringatan bahwa nomor tersebut berpotensi berbahaya.

Setelah diketahui identitasnya, jika ternyata nomor tersebut banyak dilabeli sebagai nomor penipu, pengguna bisa langsung memberikan label serupa dan memblokirnya untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Demikianlah penjelasan lengkap beberapa cara melacak nomor HP yang tidak dikenal untuk cegah penipuan, semoga bermanfaat.

Tips Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Agar Terhindar dari Penipuan