Cara Menghindari Whatsapp Disadap, Sebenarnya ada banyak cara untuk mengamankan Whatsapp dengan fitur-fitur yang tersedia dalam layanan Whatsapp tersebut.

Cara Menghindari Whatsapp Disadap

WhatsApp adalah aplikasi pesan singkat yang terenkripsi end to end. Maksudnya adalah setiap pesan yang kita kirim hanya akan bisa dilihat oleh si penerima.

Menyadap WhatsApp milik orang lain adalah suatu perbuatan yang melanggar hukum. Dan  sangat merugikan bagi korbannya.

Dilansir dari kominfo.go.id, Tindakan menyadap ponsel melanggar 2 pasal sekaligus, yakni UU ITE pasal 31 dan UU Telekomunikasi pasal 40.
Dalam pasal 40 UU Telekomonikasi disebutkan:
“Setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyadapan atas informasi yang disalurkan melalui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun”.
Sedangkan dalam UU ITE pasal 31 disebutkan:
“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain”.

Dilansir dari teknologi.bisnis.com, Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melindungi akunWhatsApp anda dari penyadapan, Berikut ini adalah Cara Menghindari Whatsapp Disadap, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Dua Langkah Verifikasi

Untuk membuat akun WhatsApp anda  semakin aman, anda  dapat menerapkan Sistem dua verifikasi pada akun anda. Dengan fitur ini, bagi orang yang hendak menyadap akun anda , selain harus memasukan nomor anda , dia juga harus memasukan 6 digit nomor pin. Hal itu akan terasa sulit bagi mereka karena hanya anda  yang mengetahui.

2.Menjaga OTP

Setelah anda mengunci aplikasi dan menerapkan verifikasi ganda terhadap akun WhatsApp, selanjutnya yang anda harus lakukan adalah berhati-hati. anda harus tahu bahwa akun WhatsApp anda hanya dapat digunakan oleh satu nomor ponsel.

3.Mengunci Aplikasi

Anda dapat menggunakan kunci aplikasi agar akun WhatsApp tidak dibobol dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi pengunci atau pengaman aplikasi bisa anda dapatkan di Google Play Store. WhatsApp tidak menyediakan fitur ini. Dengan fitur pengunci aplikasi, siapapun yang hendak membuka aplikas WhatsApp anda harus memasukan kode pin khusus, yang hanya diketahui oleh pemilik gawai.

4.Selalu Pantau WhatsApp Web

WhatsApp Web harus mendapat perhatian lebih, dengan memantau WhatsApp Web kamu bisa mengetahui perangkat yang sedang menggunakan akun WhatsApp anda. Jika ada perangkat yang mencurigakan maka anda harus segera menekan bacaan “log out from all devices”.

5.Batasi Penggunaan WiFi Publik

Salah satu jalur para peretas menyadap akun WhatsApp anda adalah melalui WiFi publik. Jika anda sedang berada di WiFi publik, dan di sana terdapat juga terdapat jaringan peretas, maka peluang penyadapan akun WhatsApp anda akan terbuka. Sehingga harus selalu berhati-hati jika sedang menggunakan Wifi secara publik

6.Memasang Aplikasi Antivirus

Jika Anda di sadap whatsapp maka anda harus menggunakan aplikasi aplikasi antivirus untuk menghilangkan berbagai macam virus.

Dengan berbagai cara tambahan untuk melindungi akun WhatsApp anda, maka anda akan terhindar dari aktivitas penyadapan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Demikian artikel tentang Menghindari Whatsapp Disadap, semoga bermanfaat.

Source: teknologi.bisnis.com, kominfo.go.id

Read previous post:
ciri-ciri whatsapp disadap
Ciri-Ciri WhatsApp Disadap

Close