Google Classroom Offline Akan Bisa Di Akses Tanpa Internet, Google Classroom adalah layanan gratis yang dikembangkan Google untuk sekolah yang ditujukan untuk menyederhanakan mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas.

Google Classroom Offline Akan Bisa Di Akses Tanpa Internet

Baca Yuk :

Sejak pandemi COVID-19, banyak  melumpuhkan semua aktifitas semua negara di segala bidang terutama ekonomi dan pendidikan. Di Indonesia pun  memberlakukan bekerja maupun bersekolah di rumah. Sehingga memunculkan banyak istilah seperti work from home dan belajar secara online dari rumah. Guru dan siswa terpaksa harus belajar dan mengajar di rumah.

Google Classroom membantu siswa dan pengajar mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi yang lebih baik.

Google Classroom Offline Akan Bisa Di Akses Tanpa Internet

Google classroom banyak di gunakan untuk pembelajaran secara online seperti saat ini Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) beberapa sekolah menggunakan Google Classroom sebagai pengganti tatap muka.

Google Classroom bakal segera tambahkan mode offline di HP Android. Ini menjadi solusi bagi sebagian siswa atau pelajar yang tinggal di wilayah yang jaringan internetnya sulit sekaligus bisa menghemat kuota.

Google Classroom kabarnya bakal mendapatkan mode offline. Mode tersebut memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengakses dan mengerjakan tugas di Google Classroom secara offline.

Dengan demikian, para siswa tidak perlu terhubung dengan internet ketika mengerjakan tugas di Google Classroom.

Melansir blog resmi Google, seiring bertambahnya pengguna dan untuk meningkatkan kenyamanan maka mulai akhir tahun 2021 Classroom menghadirkan fitur baru yakni mode offline. Nantinya, melalui mode ini para pengguna bisa mengakses data-data di Classroom tanpa internet.

“Kami memperbarui aplikasi classroom untuk Android agar dapat berfungsi saat offline atau ketika koneksi tidak lancar.” Tulis Google dalam unggahannya.

Dengan fitur tersebut, guru juga akan lebih mudah ketika memeriksa tugas siswanya  dan memberikan feedback. Selain itu, akhir tahun ini, Google juga akan menghadirkan pendekatan pada fitur penilaian.

Hingga saat ini Google mengklaim pengguna Classroom telah digunakan lebih dari 150 juta pelajar dan guru di seluruh dunia. Jumlah itu naik dari tahun lalu yang hanya sekitar 40 juta.

Google Classroom

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan.

Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Demikian artikel tentang Google Classroom Offline Akan Bisa Di Akses Tanpa Internet, semoga bermanfaat.

source : tekno.kompas.com, google blog

Baca Yuk :