Tips Cara Mendapatkan Hasil Terbaik ChatGPT, Langsung dari OpenAI. Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Teknis sederhananya adalah seperti kita bertanya dengan guru di kelas, tetapi di Chat GPT kamu bertanya kepada AI dan secara otomatis memperoleh jawaban dalam waktu singkat.

Adanya perkembangan di industri yang semakin canggih, OpenAI berbasis Machine Learning mengembangkan sebuah terobosan dan kini sedang hangat dibicarakan yaitu Chat GPT. Hmm apa itu Chat GPT? Sedikit berbeda dengan Chatbot pada umumnya, Chat GPT adalah Chatbot berbasis Machine Learning digunakan untuk membantu menghasilkan ide konten, esai, bahkan menyelesaikan pertanyaan matematika.


Chat GPT merupakan produk dari perusahaan AI non profit bernama Open AI yang didirikan pada tahun 2015. Open AI diinisiasi oleh Elon Musk dan sejumlah tokoh terkenal di Silicon Valley, San Francisco, California seperti Reid Hoffman dan Sam Altman. Produk semacam chatbot diklaim bisa melakukan berbagai macam tugas dalam waktu singkat.

Tips Cara Mendapatkan Hasil Terbaik ChatGPT, Langsung dari OpenAI

Namun, tidak bisa dipungkiri jika beberapa pengguna merasa kurang puas dengan jawaban yang dihasilkan ChatGPT. ChatGPT telah berkembang secara fenomenal di tahun 2023. Chatbot dari OpenAI ini telah menjadi alat bantu bagi sebagian besar pengguna. Berbagai pertanyaan telah dijawab oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif ini.

Baca Juga :   UI/UX Design : Tips Convert Figma ke HTML dan CSS

Untuk itu, seperti dikutip dari Gadgets Now, Minggu (31/12/2023), OpenAI telah membagikan tips agar pengguna bisa mendapatkan hasil yang terbaik dari chatbot populernya. Apa saja? Simak tipsnya berikut ini.

1. Perjelas instruksi yang diberikan kepada ChatGPT

OpenAI telah menyatakan chatbot besutannya ini tidak bisa membaca pikiran manusia sebagai penggunanya. Maka dari itu, cobalah untuk memberikan contoh dan tentukan batas kata.

Apabila hasil jawaban terlalu panjang, kamu bisa meminta balasan yang singkat. Sementara jika hasilnya terlalu sederhana, kamu bisa meminta balasan tingkat ahli.

Selain itu, kamu juga bisa meminta format jawaban yang dikeluarkan oleh chatbot AI ini.

Pada intinya, kamu harus memberikan perintah yang spesifik sesuai keinginan, sehingga ChatGPT bisa memberikan hasil yang sesuai.

2. Selalu berikan teks referensi

Seperti yang telah dikatakan oleh OpenAI, “menyediakan teks referensi untuk model-model ini dapat membantu menjawab.”

Terlebih, language model terkadang memberikan jawaban tidak sesuai permintaan pengguna, terutama yang berkaitan dengan kutipan atau URL. Untuk itu, memberikan teks referensi sangat penting ketika menggunakan chatbot ChatGPT.

3. Berilah Perintah Sederhana

Menurut OpenAI, tugas yang kompleks cenderung memiliki tingkat kesalahan yang tinggi, dibandingkan tugas lebih sederhana.

Misalnya, saat kamu ingin membuat teks berdasarkan dokumen yang panjang, cobalah untuk membuat ringkasannya.

Dengan demikian, ChatGPT bisa mengolahnya secara mudah dan mencegah adanya kesalahan jawaban yang diberikan oleh chatbot tersebut.

Baca Juga :   Solusi Mengatasi YouTube Lemot di Browser Pengguna yang Pakai Ad Blocker

4. Minta ChatGPT berpikir lebih lama sebelum memberikan jawaban

Beri tahu chatbot untuk mencari solusi dan tidak langsung mengambil kesimpulan dari perintah yang kamu berikan.

Selalu tanyakan apakah ada detail penting yang terlewat. Cara ini akan memberikan waktu bagi ChatGPT untuk “berpikir”, dan kemudian mengartikulasikan tanggapan.

5. Minta ChatGPT mengadopsi persona

Ajukan pertanyaan dalam bentuk yang membuat chatbot menjawab dari sudut pandangnya. Misalnya, mintalah ChatGPT untuk menjadi lucu dengan menyertakan kalimat-kalimat lelucon.

Contohnya, “Saat saya meminta bantuan untuk menulis sesuatu, kamu akan membalas dengan dokumen yang setidaknya berisi satu lelucon atau komentar lucu di setiap paragraf.”

6. Tentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas

Menurut OpenAI, beberapa tugas sebaiknya ditentukan sebagai serangkaian langkah. “Menuliskan langkah-langkah secara eksplisit dapat memudahkan model untuk mengikutinya,” kata OpenAI.

Oleh sebab itu, coba untuk memberikan perintah secara eksplisit dan spesifik. Jadi, ChatGPT memberikan keluaran seperti yang kamu inginkan.

7. Selalu berikan contoh 

Menurut OpenAI, memberikan instruksi umum biasanya lebih efisien ketimbang menjelaskan suatu tugas dengan contoh.

Namun, dalam beberapa kasus, memberikan contoh pada prompt ChatGPT akan mempermudah chatbot itu mengolah model. Kemudian, bisa memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Tips Cara Mendapatkan Hasil Terbaik ChatGPT, Langsung dari OpenAI

Gemini AI Model AI Google Pesaing ChatGPT

Sementara itu, Google baru saja mengeluarkan pesaing dari ChatGPT yang diberi nama Gemini AI. Berikut cara menggunakannya.

Baca Juga :   Tips Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Melalui Bard AI:

  • Buka situs web Bard AI (https://bard.google.com/chat).
  • Masuk menggunakan akun Google kamu.
  • Ajukan pertanyaan kamu atau berikan perintah.
  • Nantinya, Google Bard akan merespons kamu menggunakan Gemini Pro.

Melalui Google Pixel 8:

  • Aktifkan fitur “Smart Reply” di pengaturan pengembang.
  • Buka aplikasi percakapan seperti WhatsApp.
  • Ketika kamu menerima pesan, saran balasan cerdas yang didukung oleh Gemini Nano akan muncul di Gboard.

Melalui Google Pixel 8 (Offline):

  • Pastikan kamu mengaktifkan “AiCore Persistent” di pengaturan pengembang.
  • Buka aplikasi percakapan seperti WhatsApp.
  • Gemini Nano akan tetap berfungsi meskipun perangkat kamu tidak terhubung ke internet.

Melalui layanan Google lainnya (Segera Hadir):

Gemini AI direncanakan akan hadir di berbagai layanan Google lainnya seperti Google Meet, Google Docs, dan Gmail. Fitur-fitur baru yang memanfaatkan kemampuan Gemini AI akan terus dikembangkan dan diumumkan ke depannya.

Tips Cara Mendapatkan Hasil Terbaik ChatGPT, Langsung dari OpenAI

Sumber : https://www.liputan6.com/