Tips Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis,  kecanggihan teknologi dan fitur aplikasi, hampir dari semua aplikasi yang ada saat ini mengakibatkan baterai dan kuota internet cepat habis.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Baca Yuk :

Dirangkum dari berbagai sumber, di bawah ini merupakan beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi baterai HP cepat habis.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

  • Tingkat kecerahan layar
    Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab baterai ponsel mudah habis karena sistem memerlukan daya lebih besar.
  • Aplikasi terlalu banyak
    Aplikasi yang terlalu banyak sangat memengaruhi pemakaian baterai jadi baterai cepat habis.
  • Usia ponsel sudah Lama
    usia ponsel mempengaruhi performa kekuatan baterainya sehingga cepat habis.
  • Pengisian daya portabel
    Menggunakan pengisi daya portabel ketika situasi darurat tentu boleh saja, namun jika sepenuhnya bergantung pada power bank maka akan performa baterai.
  • Suhu dingin
    Baterai HP lithium-ion akan berhenti mengalirkan listrik apabila berada pada suhu dingin.
    Tipsnya adalah Anda tetap harus mengupayakan bahwa ponsel tetap dalam suhu normal.

Tips Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Saat baterai HP anda telah menunjukkan kapasitas yang tinggal sedikit, sedangkan Anda sedang berada dalam perjalanan sehingga tidak dapat segera melakukan pengisian daya baterai, tentu saja situasi ini menjadi hal yang membuat Anda bingung. Karena, Anda juga masih membutuhkan ponsel namun jika kehabisan baterai HP akan mati.

Dilansir dari laman resmi Google berikut ini merupakan beberapa Tips Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis untuk menghemat daya baterai HP yaitu:

Tips Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

  • Aktifkan penghemat baterai atau mode daya rendah
    Beberapa ponsel Android dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah. Setelan ini membantu pengisian daya bertahan lebih lama. Untuk mengetahui apakah ponsel Anda memilikinya, buka situs dukungan produsen perangkat Anda.
  • Hindari layar yang tetap menyala
    Layar yang tetap menyala dapat menguras daya baterai pada ponsel Anda. Oleh karena itu untuk menghemat baterai maka hindari aktivitas yang cukup intens pada perangkat seperti menggunakan navigasi untuk waktu yang lama, menonton video. Selain itu, memainkan game dengan grafis yang berat juga merupakan aktivitas yang cukup menghabiskan
  • Hindari pemakaian koneksi Internet
    Selain menghindari aktivitas yang membuat layar ponsel tetap menyala, Anda juga harus menghindari penggunaan internet karena ini juga merupakan faktor yang dapat dengan cepat memeras daya pada baterai.
    Untuk lebih menghemat daya baterai, cobalah untuk tidak tether ponsel Anda (hotspot) pada orang lain, menggunakan GPS untuk waktu yang lama, streaming video atau music serta melakukan panggilan telepon saat bepergian, seperti di dalam mobil.
  • Hindari tindakan yang memproses terlalu banyak informasi
    Memproses banyak informasi seperti menggunakan kamera dan browsing juga dapat membuat daya baterai Anda cepat terkuras. Untuk menghemat baterai, cobalah untuk tidak menggunakan kamera terlalu sering, memainkan game yang sangat interaktif, serta menggunakan aplikasi untuk waktu yang lama.
  • Batasi pemakaian lokasi
    Penggunaan koneksi dan mengaktifkan lokasi pada ponsel juga merupakan hal yang dapat menguras daya baterai.

Oleh karena itu, untuk menghemat daya anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

Tips menghemat daya

  • Jika Anda tidak memerlukan jaringan seluler, aktifkan mode Pesawat.
  • Gunakan Wi-Fi alih-alih data seluler.
  • Matikan Bluetooth.
  • Matikan akses Lokasi.

Ada baiknya casing dilepas saat mengecas ponsel. Karena casing dapat menghasilkan panas berlebih dan dapat mempengaruhi umur pakai dan kapasitas baterai. Dan gunakan Mode penggunaan daya rendah dapat menghemat penggunaan daya dengan mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja perangkat dan meminimalkan animasi sistem. Demikian tadi informasi tentang Tips Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis, semoga bermanfaat.

Source:cnn.com, suara.com

Baca Yuk :