Perbedaan Blogspot dan WordPress, Saat optimasi website, tentu saja antara blogspot atau WordPress bukanlah menjadi hal yang utama. Hal yang paling penting  pada setiap halaman baik blog maupun website dapat memenuhi kriteria sehingga dapat teroptimasi dan berada di halaman satu menurut target kata kuncinya. Namun demikian, apa sajakah perbedaan antara WordPress dan Blogspot?

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Baca Yuk :

Ketika akan membuat website atau blog tentu memerlukan banyak waktu, karena Anda harus menentukan beberapa hal. Diantaranya seperti strategi melakukan promosi blog, baik itu melalui mesin pencari atau sosial media untuk mendapatkan pengunjung. Selain itu yang paling utama adalah menentukan platform yang akan digunakan.

Pengertian Blogspot

pengertian blogspot adalah sebuah platform blog yang berasal dari google. Untuk membuat sebuah blog dari blogspot adalah hanya membutuhkan akun google saja.

Blogspot adalah salah satu platform milik Google. Platform ini menawarkan banyak fitur bawaan Google, seperti Google Ads, Google AdSense, dan integrasi Google Analytics. Fitur-fitur tersebut tentunya sangat berguna untuk blogger yang ingin mengembangkan situsnya.

Blogspot merupakan salah satu penyedia akun website gratis dimana kita bisa posting, sharing, dan lainnya. Akun Blogspot juga merupakan akun google karna saat kita login blog tersebut menggunakan akun google.

Pada layanan Blogspot juga terintegrasi dengan layanan yang Google Adsense yaitu program pay per click (PPC) dari Google yang akan membayar kita saat ada yang klik iklan di blog kita. Bila kita menggunakan blog dari blogspot kita bebas memasang kode adsense. Begitu juga dengan javasript, script yang terkenal dikarenakan bisa memberi nuansa lebih dinamis dan intraktif pada blog.

Pengertian WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang menaungi lebih dari 35% website di dunia, dan persentase ini masih akan terus meningkat.

CMS sendiri merupakan aplikasi berbasis website. Baik pemilik website maupun editor dan pembuat konten bisa mengelola website dan mempublikasikan konten mereka melalui aplikasi ini tanpa harus menguasai pemrograman terlebih dulu.

Cara penggunaan yang mudah, fitur yang lengkap, dan tentunya gratis menjadikan WordPress sebagai pembuatan website favorit di seluruh dunia. WordPress menggunakan PHP dan MySQL yang kompatibel di hampir semua layanan web hosting.

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Perbedaan

Blogspot

WordPress

Dari Segi Platform

 

 

 

 

 

 

Blogger dikenal sebagai platform yang user-friendly. Dengan tool ini, Anda dapat membuat blog hanya dalam hitungan menit, lalu mempublish postingan. Semuanya bisa Anda lakukan secara gratisWordPress terbagi atas dua tipe:

  • Platform WordPress.com, adalah layanan hosted yang digunakan untuk membuat blog gratis. Anda pun bisa mendapatkan akses ke paket premium untuk mengaktifkan fitur-fitur tambahan.
  • Platform WordPress.org, adalah layanan self-hosted dan merupakan proyek open-source sehingga punya lebih banyak fitur dan opsi yang canggih.
Dari Segi TampilanTemplate adalah hal mendasar ketika kita menggunakan blog. Pada Blogspot kita bisa dengan mudah dan bebas melakukan utak atik pada template yang akan digunakan.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya eksistensi HTML yang dimiliki oleh Blogspot yang memungkinkan template bisa diubah sesuai selera kita.

Sedangkan ketika menggunakan platform WordPress kita tidak bisa melakukan perubahan pada template karena eksistensi yang digunakan adalah PHP.

Template jenis ini hanya bisa diutak-atik oleh mereka yang sudah ahli saja sedangkan kalau Anda baru pemula hal tersebut akan sulit untuk dilakukan.

Dari Segi Keamanan 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Karena Blogspot dikelola oleh Google, Blog spot bisa dibilang cukup aman untuk digunakan.

Jarang ada kasus hacking dalam dunia Blog jika menggunakan blog spot. Hanya saja kita tidak dapat meng-custom sistem keamanannya karena sudah default.

Ketika menggunakan Blogspot, Anda tidak bisa mengubah pengaturan keamanan karena platform tersebut merupakan closed platform.

COM
Sama seperti blogspot, keamanan WordPress.com cukup bisa diandalkan. Hanya saja tidak banyak yang bisa di ubah dari WordPress.com.Menggunakan WordPress.com hanya tinggal menulis blog. dan tidak perlu memikirkan keamanan website dan plugin apa yang harus di-install. Semua sudah dikelola oleh WordPress sendiri.ORG
Berbeda dengan dua platform sebelumnya, WordPress.org lebih membebaskan pemilik blog untuk mengamankan websitenya. Misalnya dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer), menginstall plugin keamanan, dan lain sebagainya.Walaupun banyak kasus blog WordPress.org sering terkena serangan hack, namun  tidak perlu khawatir. WordPress.org selalu melakukan pembaharuan rutin untuk mengamankan blog anda secara maksimal.

Yang terpenting adalah menjaga blog anda untuk tidak memasang aplikasi atau plugin pihak ketiga yang tidak jelas.

Kemampuan SEOBlogspot memiliki kemampuan yang setara atas SEO. Hanya saja memang seseorang yang dari awal berniat untuk menjadikan blogger sebagai profesinya lebih banyak menggunakan WordPress. Jadi memang biasanya orang mengggunakan platform WordPress untuk sebagai pondasi untuk membangun sebuah blog yang profesional.Platform WordPress akan lebih optimal. kelebihan SEO pada WordPress disebabkan karena plugin yang ada didalamnya.

Blogger adalah platform pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuat blog sederhana dan di dalamnya terdapat tema serta fitur yang sederhana pula. Sedangkan WordPress menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi hampir di semua aspek. Meskipun yang dibuat hanyalah blog sederhana, WordPress tetap memberikan beragam fitur canggih yang tidak ada di Blogger. Sehingga keduanya memiliki kelebihan nya masing-masing, demikian artikel tentang Perbedaan Blogspot dan WordPress, semoga bermanfaat.

source: niagahoster.co.id, idcloudhost.com,

Blogspot Atau WordPress?

 

Baca Yuk :