Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya. Jika kamu adalah seorang pemula dalam pengelolaan website, SEO adalah hal yang wajib kamu kuasai, kamu sudah semestinya mengetahui SEO itu apa, manfaat, cara kerja hingga jenis-jenis SEO yang nantinya akan membantumu dalam memahami SEO itu sendiri.

Website dengan strategi SEO yang baik akan langsung muncul di halaman pertama hasil pencarian ketika calon pengunjung mencari kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google. Hasilnya, website Anda pun akan dikunjungi oleh lebih banyak orang.


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu langkah optimasi yang dilakukan agar website berada di hasil teratas mesin pencari (SERP).

Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya

Untuk membantu Anda memahami apa itu SEO, di artikel ini kami akan membahas berbagai aspek penting SEO, mulai dari pengertian, cara kerja algoritma pencarian, faktor yang memengaruhi ranking website, dan tips SEO terbaik.

Tentu dengan adanya artikel ini akan membantumu dalam mengenal SEO dengan lebih jelas dan pastinya akan mudah kamu pahami.

Apa yang dimaksud dengan SEO?

Apa sih SEO itu? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user.

Dengan menempati halaman pertama atau dengan menempati di urutan pertama di mesin pencari maka akan lebih berpotensi untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak

SEO sangat berfokus kepada kata kunci yang diinputkan oleh user, oleh karena itu dengan menerapkan teknik SEO ini akan membantumu dalam menemukan target user yang tepat untuk semua konten yang kamu buat. Tentu dengan memfilter kata kunci yang ada, user dengan target yang tepat akan mendapatkan manfaat dari isi konten yang kamu buat. Dengan manfaat yang didapat oleh user dari konten yang kamu buat, tidak mustahil jika user akan kembali lagi ke websitemu dan membaca konten-konten update yang kamu sediakan.

Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya

Kenapa kita harus menerapkan SEO pada website kita?

Kalian ketahui fungsi dari SEO adalah membantu untuk memudahkan mesin pencari untuk menentukan peringkat website di mesin pencari sehingga dapat ditampilkan sesuai dengan relevansi dari kata kunci yang diinputkan user.

  1. Mendapatkan Traffic
    Selain itu, menggunakan teknik SEO pada website, akan meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak pada halaman pertama. Tentu pengunjung akan banyak mengunjungi situsmu jika kamu berhasil menerpakan teknik SEO ini dan tampil dihalaman pertama pada mesin pencari. User secara otomatis akan memilih website yang pertama kali dia lihat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.
  1. Relevansi Target
    Manfaat penerapan SEO pada website yang akan kamu dapatkan adalah relevansi atau ketepatan target. Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan dengan menginputkan kata kunci. Ini akan membuat website atau konten yang kamu buat menjadi lebih sesuai dengan target yang diharapkan.
  1. Meningkatkan Kepercayaan terhadap website kamu
    Website yang tampil di halaman pertama sudah dipastikan memiliki kepercayaan pelanggan lebih tinggi. Itu dikarenakan rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencari dianggap sangat relevan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user.
  1. Meningkatkan Brand
    Jika kamu seorang pembisnis atau seorang marketer, SEO dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang memberikan keuntungan yang berkali-kali lipat. Bagaimana tidak? Bayangkan saja dengan penerapan SEO ini akan meningkatkan mesin pencari untuk menemukan website kamu , jika webite-mu berada pada halaman pertama menyebabkan banyak orang baru yang tahu mengenai website mu. Secara tidak sadar akan menjadi sebuah promosi yang berpeluang mendatangkan pelanggan baru.
  1. Promosi Berkelanjutan
    Kamu dapat memanfaatkan teknik SEO untuk melakukan promosi 24 jam tanpa biaya. Berbeda jika kamu menggunakan google ADS yang memerlukan biaya yang extra untuk mendatangkan pembeli. Dengan menggunakan SEO kamu dapat mempromosikan brand 24 jam tanpa henti selama situs kamu tidak hilang.
Baca Juga :   Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Lalu bagaimana cara kerja SEO?

Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya

Perlu kamu perhatikan bahwa mesin pencari akan membantu user untuk menemukan topik yang dicari dengan menginputkan kata kunci (keyword). Oleh karena itu kamu harus menentukan kata kunci yang tepat untuk artiken ataupun konten yang hendak kamu publikasikan.

Tapi dengan menentukan kata kuncipun belum efektif jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dan bagaimana bisa mesin pencari menempatkan websitemu di top position anatara peringkat 1 sampai peringkat 3.

Search Engine atau yang lebih kita kenali dengan mesin pencari memiliki tiga tugas utama guna memfilter permintaan yang kamu inputkan.

  1. Crawling
    Crawling merupakan proses yang pertama dilakukan oleh mesin pencari. Mesin pencari akan melakukan crawling ini dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi mendetail dari sebuah website. Proses ini dilakukan oleh Bot yang bekerja secara terus-menerus mengumpulkan detail website seperti halaman, judul, kata kunci, gambar hingga internal link yang ada pada website.
  2. Indexing
    Setelah mesin pencari melakukan crawling, selanjutnya data-data akan disimpan pada database search engine dengan kata kunci tertenu. Halaman-halaman yang belum terindex tidak akan tampil di search engine.
  3. Processing
    Pada tahap processing ini mesin pencari akan menerima permintaan dari user dengan inputan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Selanjutnya mesin pencari akan melakukan perbandingan kata kunci dengan membandingkan website-website yang terindex di database mesin pencari.
  4. Calculating Relevancy
    Calculating relevancy ini merupakan pembandingan halaman-halaman website yang sebelumnya telah terindex untuk mencari website dengan kata kunci relevan sesuai dengan permintaan user. Semakin relevan website tersebut akan memiliki kemugkinan besar untuk tampil di halaman utama mesin pencari
  5. Retrieval
    Tahap ini merupakan langkah mesin pencari dengan memberikan halaman website yang relevan dengan permintaan user. Setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda untuk menentukan suatu halaman yang akan ditampilkan di halaman pertama. Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda, oleh karena itu akan berbeda pula hasil pencarian yang ditampilkan walau dengan kata kunci yang sama.
  6. Ranking
    Mesin pencari tidak akan sebarangan dalam memposisikan ranking pencarian. Mesin pencari akan melakukan proses di atas guna menampilkan halaman yang relevan untuk user dengan inputan kata kunci yang relevan. Ini sangat berkaitan erat dengan SEO (Search Engine Optimization) dimana semakin relevan halaman website, maka memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan ranking teratas.
Baca Juga :   Ide Mudah Desain Rapor Siswa Menggunakan Canva

SEO sendiri bekerja untuk mengoptimalkan keyword yang digunakan guna mudah teridex oleh mesin pencari sehingga halaman mendapat peringkat teratas dan ditampilkan dihalaman utama mesin pencari sesuai dengan relevansi kata kunci yang diinputkan oleh user di mesin pencari.

Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya

Jenis-jenis SEO

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memfilter website guna ditampilkan di halaman utama, selanjutnya kamu harus mengetahui jenis-jenis dari Search Engine Optimization.

  1. SEO on Page
    SEO on page merupakan optimisasi SEO pada halaman depan website dengan memperhatikan, Permalink, Judul Konten, Struktur Konten, Gambar Konten, Sebaran Kata Kunci, Kualitas konten, Internal linking dan Elemen SEO menyangkut (meta description, tag, dll)
    Dengan mempraktikan SEO on page pada website, dapat mengoptimalkan halaman website untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi dan lebih mudah untuk tampil di penelusuran mesin pencari.
    Selain itu kamu juga harus memiliki kualitas konten yang relevan sehingga mesin pencari dapat menemukan website kamu dengan kata kunci yang relevan. Dengan konten yang relevan akan menjawab dari kebutuhan audiens bukan? Jadi untuk kamu yang baru memulai dan baru belajar SEO, alangkah baiknya kamu memahami tentang SEO on page ini. Untuk meningkatkan peringkat website kamu pada hasil pencarian, kami telah menyiapkan artikel khusus yang membahas mengenai 10 Strategi Optimasi SEO On Page Tingkatkan Peringkat Website dalam Semalam!
  1. SEO Off Page
    Jika SEO on page berfokus kepada internal website berbeda dengan SEO off page yang lebih berfokus kepada eksternal website.
    SEO off page merupakan upaya optimisasi SEO di luar website dengan memperhatikan aspek-aspek yang semestinya ditingkatkan, seperti: Link building (menanamkan backlink), Peningkatan Domain Authority (DA), Peningkatan PA (Page Authority), dan Promosi melalui media sosial atau marketing lainnya.
    Dengan menerapkan SEO off page ini akan membuat websitemu memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari google untuk ditempatkan di ranking teratas.
  1. Technical SEO
    Technical SEO merupakan upaya optimisasi SEO dari bagian dalam website, dengan memperhatikan aspek berupa: Kecepan website, Struktur website, XML Sitemap, Kemanan (SLL), Tema yang SEO Friendly, Layout website dan Navigasi.
    Dengan menerapkan technical SEO, website kamu akan memiliki struktur yang bagus dan mudah untuk di baca oleh mesin pencari.
Baca Juga :   Tips Cara Download Video Pinterest dengan Cepat dan Mudah

Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya

Kesimpulan

Selesai! Di artikel ini, Anda sudah mempelajari apa itu SEO beserta semua hal tentangnya. SEO adalah usaha yang harus terus dijalankan agar performa website tetap terjaga. Ada banyak faktor dan strategi yang perlu diperhatikan, dan tentunya diselaraskan dengan algoritma yang sepertinya akan terus diperbarui.

Website yang teroptimasi SEO akan mudah ditemukan. Trafik pun akan terus berdatangan.

Berikut kami ingatkan kembali jenis-jenis SEO:

  • On-page SEO – berfokus pada elemen konten di halaman website, seperti image-alt, title tag, dan meta description.
  • Off-page SEO – melibatkan upaya yang dilakukan di luar website, misalnya link building, outreach marketing, dan guest post.
  • Technical SEO – meliputi aspek-aspek teknis untuk mengoptimalkan kecepatan loading, kompatibel tidaknya website dengan perangkat, keamanan, dan usability atau kemudahan penggunaan.
  • Local SEO – Strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian lokal.

Untuk mendapatkan manfaat SEO jangka panjang, terapkanlah strategi, faktor, praktik terbaru dalam mengoptimasi website.

Pengertian SEO, Cara Kerja, Jenis dan Manfaatnya

Sumber : https://www.hostinger.co.id/