Website Untuk Belajar Coding, Saat ini, banyak sekali aplikasi website untuk belajar coding . Untuk melatih kemampuan skill coding dari tingkat pemula hingga menjadi programmer yang handal.

Website Untuk Belajar Coding

Baca Yuk :

Coding atau bahasa pemrograman adalah  bagian dari langkah-langkah pemrograman, yang berfungsi untuk menerjemahkan persyaratan-persyaratan logika dan diagram alur (pseudocode) ke dalam suatu bahasa pemrograman.

Berikut ini adalah beberapa website untuk belajar coding, diantaranya adalah:

  • Code Academy

Code Academy menyediakan belajar pemograman secara gratis,  beberapa layanan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari seperti Javascript, CSS, PHP, HTML. Code Academy juga sebagai situs yang sudah terbukti efektif dan interaktif

Di Code Academy dapat dipelajari secara bertahap dan Code Academy akan menyimpan materi terakhir yang anda  pelajari dan anda  dapat mempelajari materi tersebut di lain waktu.

  • BitDegree

BitDegree menawarkan kursus gratis yang membahas berbagai topik, mulai dari programming hingga game development. Bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di BitDegree  di antaranya adalah:

  1. HTML
  2. CSS
  3. PHP
  4. Javascript
  5. SQL
  6. JQuery

Ada dua jenis kursus di BitDegree, yaitu :

  1. Kursus online standar
  2. Kursus gamifikasi.
    Kursus gamifikasi sendiri menerapkan proses pembelajaran yang interaktif sehingga peserta bisa melakukan sejumlah pencapaian. Tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti kursus ini, cukup pilih bahasa dan Anda sudah bisa mulai belajar.

Pada  kursus BitDegree  terdapat program blockchain, Reward yang transparan dan sistem pencapaian memudahkan perusahaan merekrut talenta terbaik, dan juga membantu peserta dalam mengukur keberhasilan belajar.

  • Coursera

Coursera menawarkan kursus berbasis tutorial, coding, serta resource yang nantinya akan diajarkan langsung oleh professor tingkat universitas. Coursera telah bekerja sama dengan beberapa guru terbaik di universitas terkenal.

Belajar coding dasar di Coursera, maka Anda  belajar langsung dari ahlinya secara gratis. Namun, apabila dalam kursus tersebut Anda menginginkan sertifikat maka Anda perlu membayar sejumlah biaya untuk menebus sertifikat tersebut.
Beberapa hal yang bisa Anda pelajari melalui situs ini seperti :

  1. Java
  2. Phyton
  3. CSS
  4. HTML
  5. IoT Programming
  6. Introduction to programming dll
  • Codewars

Codewars merupakan platform kursus online yang cukup unik karena tantangan yang ada di dalamnya terinspirasi dari seni bela diri. Setiap tantangan pada Codewars menggunakan istilah yang terdapat pada seni bela diri asal Jepang yaitu Judo.

Tujuan nya adalah agar kemampuan dan keahlian dari penggunanya lebih tajam pada bahasa pemrograman tertentu. Selain itu, hasil akhirnya nanti dapat digunakan untuk mempelajari kode yang baru dari awal lagi. Ketika berhasil menyelesaikan tantangan, kamu pasti akan lebih semangat untuk menyelesaikan tantangan selanjutnya.

Dari tantangan-tantangan tersebut, kamu bisa melihat perbandingan solusi milikmu maupun pengguna lainnya. Dengan begitu, kamu akan menggali lebih dalam beragam teknik berbeda untuk mengatasi sebuah masalah yang berkaitan dengan development.

Beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari antara lain:

  1. Javascript
  2. Java
  3. Phyton
  4. SQL
  5. Ruby
  6. C# dll
  • Code Avengers

Code Avengers adalah pembelajaran  coding dengan menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang fun dan ineraktif. Ada banyak variasi kursus yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar coding website, aplikasi, bahkan game.

Di Code Avengers, Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman yaitu:

  1. HTML dan CSS
  2. Python
  3. Javascript
  4. jQuery
  5. Web Development

Code Avengers menawarkan layanan uji coba gratis selama 7 hari sehingga Anda bisa mencobanya terlebih dulu untuk tahu apakah situs ini layak dimiliki atau tidak.

  • Code School

Code School merupakan website belajar coding online gratis maupun berbayar terakhir yang bisa anda pilih. Website ini terbilang cukup populer dengan pengguna sebanyak satu juta orang lebih dari berbagai belahan dunia. Platform ini memiliki metode dan sistem pembelajaran khusus dengan bahasa pemrograman yang bisa dipilih.

Bahasa pemrograman yang tersedia diantaranya yaitu

  1. PHP
  2. HTML
  3. CSS
  4. Ruby
  5. JavaScript
  6. Elixir
  7. Phyton
  8. Database
  9. iOS dll

Tahapan pembelajarannya yaitu pemilihan jalur kursus online dan mempelajari materi, berlatih coding dengan browser, menyelesaikan setiap level dengan reward berupa poin, dan mengukur hasil dengan memonitor progres maupun capaian.

  • Udemy

Udemy adalah Portal edukasi online ini mengadakan ribuan kursus baik yang gratis maupun berbayar. Udemy juga sering memberikan kupon dan penawaran spesial. Keuntungannya, Anda akan mendapatkan potongan harga atau bahkan versi gratis dari kursus berbayar.

Beberapa topik kursus yang ada di Udemy, seperti:

  1. Pengembangan web
  2. Pengembangan game
  3. Pengembangan aplikasi seluler
  4. Pembuatan situs eCommerce
  5. Bahasa pemrograman.

Demikian tadi informasi tentang Website Untuk Belajar Coding ,yang dapat dipelajari secara gratis. Semoga bermanfaat.

penulis feby kurniawaati rejeki

Baca Yuk :