Perbedaan HTTP dan HTTPS, pada kolom bar address browser selalu menampilkan awalan berupa kata HTTP atau HTTPS.  Letak protokol tersebut, klik URL, lalu kata “https” akan muncul di bilik URL pada browser.Http atau Https memiliki peran penting khususnya dalam penyaluran data laman web yang sedang dikunjungi.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Hypertext Transfer Protokol (HTTP)

Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer. Protokol ini berguna untuk mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar, dan video antar komputer.

Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara pengguna dan server.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation.

Pada dasarnya HTTP dan HTTPS memiliki fungsi yang sama. Namun ada beberapa perbedaan antara HTTP dan HTTPS, berikut penjelasan Perbedaan HTTP dan HTTPS yaitu:

  • Keamanan data yang dikirimkan

HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.

Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.

Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

  • Port yang digunakan

Pada HTTP port yang digunakan adalah port jenis 80. Jenis port ini berguna sebagai konektivitas web server secara umum dengan client. Sedangkan untuk bisa mengakses HTTPS melalui SSL dibutuhkan port 443 sebagai jaringan konektivitasnya.

Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

  • Kebutuhan SSL

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.

Secara garis besar, protokol komunikasi antara client dengan server selalu menggunakan konsep HTTP. Jika ingin menerapkan protokol HTTPS, maka dibutuhkan sertifikat berupa SSL (Secure Socket Layers). Terdapat 6 jenis SSL yang dapat dibeli oleh web developer. Penggunaan ini akan memunculkan tanda gembok pada bilah alamat URL website. Sehingga pengunjung akan mempercayai website tersebut aman digunakan untuk pemberian informasi atau transaksi yang tergolong sensitif. SSL sangat berguna untuk merahasiakan informasi penting seperti password e-banking, e-money, identitas dan sebagainya.

Demikian penjelasan tentang Perbedaan HTTP dan HTTPS, semoga bermanfaat

Sumber: wikipedia, fossbytes, digicert, codepolitan

source : feby kurniawati rejeki

Read previous post:
website untuk belajar coding
Website Untuk Belajar Coding

Close