Profesi yang Tidak Dapat Digantikan Robot, Teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence)saat ini sangat berkembang dengan pesat. Walau begitu, dengan adanya AI tersebut tidak semua pekerjaan dapat tergantikan dengan kehadiran robot.

Profesi yang Tidak Dapat Digantikan Robot

Dengan adanya teknologi yang semakin maju, maka tugas-tugas yang di bagian telemarketing, resepsionis, dan bahkan profesi market research analyst berpotensi digantikan oleh mesin.

Dikutip CNNBusiness, Laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF), menjelaskan otomatisasi dapat menggantikan 85 juta pekerjaan dalam 5 tahun ke depan. Menurut WEF, sejumlah pekerjaan yang berisiko digantikan oleh robot, seperti kasir bank, asisten administrasi, penjaga buku (bookkeepers), dan pendata gaji (payroll clerk).

Namun, sejumlah pengamat menilai bahwa tidak semua pekerjaan bisa digantikan oleh robot. Beberapa pekerjaan pada setiap bidang masih membutuhkan sentuhan manusia. Karena proses pengalihan dari manual pada robot terbilang mahal.

Berikut ini adalah Profesi yang Tidak Dapat Digantikan Robot atau kecerdasan buatan diataranya adalah:

1.Pekerjaan yang Membutuhkan Empati

Pekerjaan yang membutuhkan kasih sayang, kepercayaan, dan empati dari orang yang melakukannya seperti perawat, guru, psikolog, musisi, pelukis, desainer, dll, sehingga robot dengan kecerdasan buatan yang tidak memiliki empati tidak akan bisa menggantikannya.

2.Software Developer

Para software developer telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari teknis, meningkatkan kemampuan, dan memperkaya pengalaman. Dengan keahlian tersebut, ia bisa membuat aplikasi, software, dan situs web yang disesuaikan sesuai kebutuhan klien. Kemampuan untuk berkreasi tersebut tidak bisa dilakukan robot.

3.Penulis

Penulis akan membuat ide baru yang bisa dipengaruhi oleh perasaan, pengalaman hidup, imajinasi dan bahan bacaan. Kemudian, penulis memproduksinya dalam blog, buku, atau naskah drama dan film. Robot hanya bisa saja membuat tulisan berdasarkan data saran judul dan pedoman penulisan yang dimasukkan ke dalam programnya saja. Akan tetapi hasil karya dan orisinalitas karya robot tentu tidak sebaik penulis.

4.Editor

Walaupun saat ini tugas editor semakin terbantu dengan adanya software yang dapat mendeteksi kesalahan pada tata bahasa atau tanda baca, akurasi dll, akan tetapi editor sangat berperan dalam memperhalus cara bertutur bahasa yang baik sehingga tidak dapat di gantikan oleh robot.

5.Dokter

Dokter mampu mengenali emosi manusia sehingga bisa melakukan penanganan lebih tepat. Salah satunya pada saat dokter harus menyampaikan seorang pasien yang menderita kanker. Walaupun kecerdasan buatan di bidang medis sudah bisa mendeteksi penyakit dengan akurat melalui pemindaian. Namun, profesi dokter tetap tidak bisa digantikan robot.

6.CEO (Chief Executive Officer)

Seorang CEO atau pimpinan harus menetapkan strategi perusahaan, menyesuaikan dengan misi dan tujuan perusahaan, dan memotivasi tim sehingga perusahaan akan maju dan saling berkesinambungan. Kemampuan leadership seorang pemimpin tersebut sulit hampir tidak bisa diotomatisasi oleh robot.

Robot dengan kecerdasan buatan dirancang oleh program untuk mengoptimalkan kemampuan untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, robot tidak bisa mencipta. Demikian artikel tentang Profesi yang Tidak Dapat Digantikan Robot, semoga bermanfaat.

Source: prakerja.go.id, aqi.com

Read previous post:
chatbot untuk bisnis virtual
Chatbot Untuk Bisnis Virtual

Close