Pengertian Front End developer, bagian front-end dari sebuah website adalah bagian yang langsung dilihat oleh user. User juga bisa langsung berinteraksi pada bagian ini. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Pengertian Front End developer

Menurut penjelasan yang dikutip dari Career Foundry, front end developer adalah orang yang bertugas untuk menghubungkan suatu situs atau aplikasi dengan para pengguna. Secara umum, front end developer ini membuat gambar, teks, tombol, dan menu serta interaksi antar situs atau aplikasi dengan pengguna.

Oleh karena itu, peran ini juga bisa disebut dengan client side. Front end juga memiliki tugas untuk memindahkan desain dari UI designer ke dalam bentuk yang lebih hidup dan interaktif.

HTML (HyperText Markup Languange) adalah tulang punggung dari web. Semua website yang anda kunjungi dibuat menggunakan HTML. HTML menentukan struktur dan konten website. Versi terakhir dari HTML adalah HTML5.

CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa pemograman yang mengontrol tampilan HTML pada halaman website. CSS menentukan warna, font, gambar background, dan bahkan bagaimana tampilan keseluruhan website-mu. Versi terakhir dari CSS adalah CSS3, yang menambahkan fitur seperti interaktifitas dan animasi dasar.

Front end menciptakan sebuah website hanya dengan menggunakan HTML dan CSS, tetapi yang benar-benar akan membuat website anda tampil menarik adalah JavaScript. Dengan JavaScript, anda bisa melakukan banyak hal, seperti interaktifitas, animasi yang lebih kompleks, dan bahkan anda juga bisa membuat fully feature web application.

Dulu (sekitar tahun 2012), kebanyakan browser tidak dapat menginterpretasikan JavaScript dengan baik sehingga menambahkan fungsi-fungsi kompleks JavaScript bukanlah ide yang bagus. Tetapi, saat ini browser sudah menjadi lebih canggih dan bisa menjalankan JavaScript dengan baik. Ini menjadikan JavaScript tidak hanya digunakan untuk bagian back-end lagi. JavaScript sendiri juga telah mengalami banyak kemajuan dengan bertambahnya framework-framework seperti Angulars, jQuery, dan Node.js. Singkatnya, apa yang didefinisikan dengan front-end telah banyak berubah dalam waktu yang singkat.

Front-end developer menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript untuk coding website. Mereka menciptakan design website dan kemudian membuat website tersebut dapat berfungsi.

Sebagian website hanya menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Tetapi sebagian lainnya juga ada menggunakan back-end programming language.

Seorang front end developer harus memikirkan bagaimana tampilan website atau aplikasi agar menarik. Mulai dari gambar yang ditampilkan, tombol, dan lain sebagainya. Karena tampilan memiliki peranan penting untuk menarik perhatian calon pengunjung atau pengguna.

Untuk menjadi seorang front end developer, dibutuhkan kemampuan dasar dalam 3 bahasa pemrograman yaitu HTML, CSS, dan Javascript. HTML dan CSS adalah bahasa pemrograman dasar yang digunakan dalam membuat suatu situs atau aplikasi. Sementara itu, Javascript dipilih karena bahasa pemrograman ini mampu membuat elemen interaktif seperti menu atau form. Selain 3 bahasa pemrograman tersebut, untuk menjadi front end dibutuhkan kemampuan mengelola framework dan library.

Semoga artikel tentang Pengertian Front End developer dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

penulis feby kurniawati rejeki

 

 

Read previous post:
pengertian web developer
Pengertian Web Developer

Close