Fitur Baru Twitter di Android Semakin Canggih, Para penyedia platform media sosial semakin hari semakin inovatif dengan layanan yang ditawarkan platformnya, salah satunya adalah Twitter.

Aplikasi burung terbang berwarna biru alias Twitter telah mengeluarkan fitur baru Twitter Space. Fitur ini dapat kamu gunakan di HP Android dan iPhone dengan mudah.


Fitur Baru Twitter di Android Semakin Canggih

Berikut ini adalah Fitur Baru Twitter di Android Semakin Canggih yang telah di rangkum dari beberapa sumber, yakni:

  • Birdwatch
    Twitter meluncurkan fitur Birdwatch, program yang memungkinkan pengguna menandai cuitan yang mereka yakini menyesatkan, dan menulis catatan untuk memberikan konteks.
    Melansir Reuters, Selasa (18/1), fitur itu memungkinkan pengguna membantu Twitter memerangi informasi- informasi yang kerap menyesatkan dan berdampak pada banyak hal.
    Lebih lanjut, fitur penandaan cuitan tak benar itu sudah diujicobakan sejak Agustus 2021. Kehadirannya memang disiapkan oleh Twitter agar tidak semakin banyak penggunanya yang termakan pada informasi- informasi menyesatkan di platformnya.
    Pengujian aplikasi itu terbilang sukses di Amerika Serikat, Australia, serta Korea Selatan. Sejak diujicobakan dan digunakan pengguna Twitter, ada sebanyak tiga juta laporan dari pengguna yang menandai cuitan-cuitan dengan dugaan disinformasi.
    Setiap cuitan yang ditandai dan terbukti salah dinilai dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Twitter. Sebagai salah satu raksasa media sosial global, Twitter pun memiliki fitur lainnya bernama “Birdwatch”.
    Fitur itu memungkinkan pengguna untuk menulis catatan tambahan dan memberikan konteks pada sebuah cuitan menyesatkan meski catatan itu tidak berasal dari Twitter dan berada di situs web yang terpisahfitur penandaan cuitan tak benar itu sudah diujicobakan sejak Agustus 2021.
  • Downvote
    Berbeda dengan fitur dislike seperti di YouTube, kehadiran ‘Downvote’ di Twitter dimaksudkan untuk membantu perusahaan memahami konten yang diinginkan penggunanya.
    Layaknya sebuah penggunaan reaksi, pengguna bisa menggunakan fitur balasan ‘Downvote’ dengan memilih opsi itu yang tersedia di sebelah opsi like. Kehadiran opsi downvote tidak akan mengubah urutan balasan di twitter sehingga komunikasi bisa berjalan dengan normal
  • Circle
    Fitur ini mirip dengan Close Friend di Instagram yang memungkinkan pengguna dapat memilih hingga 150 orang untuk bergabung dengan perkumpulan mereka. Orang yang dipilih bisa berasal dari pengikut dan non pengikut.
    Jadi, saat pengguna ingin men-tweet sesuatu tanpa diketahui publik, mereka cukup membuka menu ‘Choose Audience’ sambil menuliskan cuitan dan memilih opsi Twitter Circle. Menurut Twitter sendiri, Circle hanyalah tweet standar yang tidak tersedia untuk dilihat semua orang.
    Pengguna tidak perlu lagi membuat banyak akun jika tidak ingin cuitan dilihat oleh pengikut yang bukan termasuk teman dekat. Fitur ini merupakan cara untuk memiliki privasi yang mirip dengan akun terkunci dan hanya memunculkan orang yang mengikutinya tanpa membatasi diri pada akun yang terkunci.
    Orang-orang yang menjadi anggota Circle akan dapat melihat tweet yang diunggah, tetapi tidak dapat menggunakan ikon retweet bawaan untuk membagikannya secara otomatis. Namun, tak menutup kemungkinan seseorang akan mengambil tangkapan layar atau unduhan konten.
    Dilansir dari The Verge pada Rabu (4/5), Circle berbeda dari fitur komunitas. Biasanya pengguna melakukan diskusi tertentu sesuai topik yang diinginkan, sementara Circle hanya tweet standar yang tidak bisa dilihat untuk semua orang.
    Dijelaskan oleh panduan Twitter, untuk pengujian tetap ada aturan yang berlaku. Fitur ini telah ada sekitar tahun lalu setelah kemunculan branding ‘Trusted Friends’ dan ‘Facet’ untuk pengaturan.
    Sejauh ini, beberapa orang yang terpilih dapat membuat satu Circle dan hanya mereka yang dapat melihat daftar anggotanya. Jika pengguna berada di dalam Circle, mereka tidak dapat menghapus diri, tetapi mereka masih dapat membisukan diskusi untuk menolaknya. Fitur ini baru tersedia untuk pengguna iOS, Android, dan web..
  • Leave This Conversation
    Disadur dari The Verge, Rabu (23/02/2022), fitur Leave this Conversation ini, baru bisa aktif ketika seorang pengguna ditandai oleh orang lain dalam sebuh percakapan.
    Jika fitur itu diaktifkan, maka secara otomatis pengguna tidak akan ditandai kembali dalam sebuah obrolan atau utas yang tak disukainya. Kabar mengenai fitur Leave this Conversation di Twitter tersebut, pertama kali diumumkan oleh seorang periset teknologi Jane Manchun Wong dalam cuitannya.
    Fitur itu, nampaknya berbeda fungsi dari fitur “Mute This Conversation” yang berguna bagi seseorang agat tidak mendapatkan notifikasi pada saat sebuah utas menyebut atau menandainya.
    Dalam percakapan lebih lanjut di utas milik Jane, dikuatirkan kehadiran fitur “Leave this Conversation” bisa menimbulkan gesekan pada pengguna lain ketika diaktifkan.
    Karena pengguna dapat melihat ketidaktertarikan seseorang membahas sebuah topik dan bisa berujung pada pertengkaran karena ketika fitur itu diaktifkan.
    Namun begitu, Twitter dikabarkan enggan berkomentar mengenai rencana fitur barunya. Namun, Twitter memang akhir- akhir ini mengenalkan fitur- fitur bagi penggunanya.
    Salah satunya, pembatasan balasan cuitan hingga pemberitahuan ketika cuitan anda di-retweet oleh banyak akun pengguna.
Baca Juga :   Tips Cara Download Video Instagram buat Disimpan di Galeri HP

Fitur Baru Twitter di Android Semakin Canggih

Referensi:

  • Makin Canggih, Berikut ini 6 Fitur Baru Twitter, teknologi.id
  • Perangi Hoax, Twitter Rilis Fitur Penandaan Cuitan-cuitan Disinformasi,tvonenews.com
  • com
  • Twitter Uji Fitur Baru Circle Mirip Close Friend di Instagram, technologue.id