Siap-siap, Sinyal Jaringan 3G Bakal Dihapus, Operator-operator di Indonesia kini berkomitmen melakukan migrasi jaringan 3G ke 4G, yang ditargetkan selesai akhir 2022.

Di beberapa lokasi, penghapusan 3G untuk dimigrasikan ke 4G membuat masyarakat harus segera beralih ke jaringan 4G dalam waktu dekat.


Siap-siap, Sinyal Jaringan 3G Bakal Dihapus

Namun nyatanya, masih ada jutaan orang yang sehari-harinya bergantung pada jaringan 3G untuk mengakses internet dari ponsel.

Migrasi 3G ke 4G akan memberikan manfaat besar bagi para pengguna smartphone 4G, karena kecepatan jaringan 4G yang lebih tinggi dan stabil bisa memperlancar aktivitas online pengguna.

Berdasarkan keterangan resmi Samsungata-rata kecepatan download yang dirasakan pengguna 3G ternyata 60 persen lebih rendah dibandingkan oleh pengguna 4G.

Pengguna smartphone yang hanya bisa terkoneksi dengan jaringan 3G saja hanya punya akses terhadap mobile data 82,2 persen dari keseluruhan waktu yang dimiliki. 14,4 persen lebih rendah dari pengguna jaringan 4G.

Migrasi 3G ke 4G akan memberikan manfaat besar bagi para pengguna smartphone 4G, karena kecepatan jaringan 4G yang lebih tinggi dan stabil bisa memperlancar aktivitas online pengguna.

Baca Juga :   Pengertian Artificial Intelligence (AI), Sejarah, Kegunaan, Contoh Penerapan dan Tips Menggunakan AI yang Aman

Berikut adalah sejumlah manfaat jika pelanggan beralih dari layanan 3G ke 4G:

  • Browsing, streaming video, hingga download konten jadi lebih lancar
  • Komunikasi jadi lebih nyaman dengan berkirim chat lebih cepat, video call tanpa putus-putus, hingga menelepon dengan layanan VoLTE yang suaranya lebih jernih
  • Banyak layanan yang bisa digunakan dengan lebih maksimal, misalnya akses media sosial, streaming di platform OTT, belanja online, main gim online, hingga aplikasi maps.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menyatakan, perlu mempertimbangkan dan kajian yang mendalam terkait penghapusan jaringan 3G.

Kominfo masih mempertimbangkan penyediaan sinyal 4G dan kepentingan pengguna layanan. “Yang menjadi pertimbangan kita setidaknya ada dua hal, yaitu:

  • Pertama adalah kita sudah memastikan wilayah-wilayah layanan telekomunikasi itu sudah teraliri akses internet 4G, baru kita bisa kemudian melakukan penghapusan 3G,” ujar Dedy.
  • Yang kedua pertimbangannya adalah pertimbangan kepentingan masyarakat secara umum,” imbuhnya.
Baca Juga :   Tips Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Dedy Permadi mengatakan, kajian yang dilakukan untuk kebijakan penghapusan 3G juga perlu menetapkan mekanisme kebermanfaatan layanan tersebut di tengah masyarakat.

Menteri Kominfo Johnny G Plate meminta operator seluler menghapus jaringan 3G. “Kami minta operator seluler fade out 3G,” ujarnya dalam acara Retrospeksi Kominfo 2021 dan Outlook 2022, akhir tahun lalu (28/12/2021).

Alasannya, jaringan 3G sama dengan jaringan 4G yang menawarkan layanan internet. Akan tetapi, koneksinya lebih lambat dibandingkan 4G. Sedangkan, jaringan 2G hanya untuk komunikasi.

Di samping itu, penghapusan 3G bertujuan mendorong efisiensi infrastruktur. Pemerintah ingin jaringan 4G tersedia di seluruh Nusantara pada akhir 2022.

Sedangkan masih ada 12.548 desa/kabupaten yang belum terjangkau jaringan 4G. Riset dari perusahaan analisis jaringan telekomunikasi, OpenSignal juga menyebutkan bahwa spektrum jaringan 2G dan 3G perlu dihapus untuk memaksimalkan jaringan 4G atau 5G.

Apabila pita frekuensi 2G dan 3G milik operator seluler dihapus dan digunakan untuk perluasan 4G atau pengembangan 5G, pengalaman seluler Indonesia akan meningkat. Pemanfaatan spektrum untuk 4G dan 5G pun menjadi lebih efisien.

Baca Juga :   Tips Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Email Google, Google Map, Whatsapp, Nomor IMEI Walaupun dalam Keadaan Mati

Setelah mendapatkan jaringan 4G atau 5G, masyarakat akan mendapatkan manfaat berupa akses internet yang lebih cepat dan penggunaan data lebih banyak.

Siap-siap, Sinyal Jaringan 3G Bakal Dihapus

  • Alasan Kominfo Dorong 3G Dihapus: Efisiensi dan Keterbatasan Frekuensi, katadata.co.id
  • 3G Dihapus, Ini Alasan Pengguna Perlu Berpindah ke Jaringan dan Smartphone 4G, liputan6.com
  • Jangan Heran, Saat 3G Dimatikan HP Kalian Bisa Jadi Lemot,detik.com