Tips Memilih Server Sesuai Budget dan Kebutuhan Untuk Bisnis Anda. Fungsi utama server adalah untuk mengakses, menyimpan dan mentransfer semua file dan data dari mesin komputer lain melalui jaringan komputer.

Server dimulai sebagai perangkat kecil yang hanya mentransfer data ke komputer yang lebih fungsional kemudian tumbuh dalam ukuran dan kemampuan untuk melakukan fungsi yang lebih kompleks. Sekarang, hadir juga server virtual dalam platform komputasi awan yang ditempatkan di internet.

Baca Yuk :

Server merupakan sebuah perangkat komputer yang memiliki performa tinggi yang dapat membantu mengirimkan banyak sumber, data dan pelayanan ke perangkat lainnya. Server itu sendiri dapat berbentuk physical atau virtual.

Tips Memilih Server Sesuai Budget dan Kebutuhan Untuk Bisnis Anda

Pada era digital ini, teknologi semakin canggih dan semuanya bergerak cepat. Berdasarkan fungsinya, peran server sangat dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis.

Server adalah komputer jarak jauh yang umumnya disimpan di pusat data server. Akan selalu aktif dan terhubung ke internet. Dapat digunakan untuk menampung beragam layanan dan aplikasi untuk mencapai tujuan bisnis.

Tips Memilih Server Sesuai Budget dan Kebutuhan Untuk Bisnis Anda

Server untuk keperluan bisnis biasanya digunakan untuk :

  • Hosting email yang aman
  • File sharing
  • Cloud storage
  • Hosting situs web atau toko eCommerce
  • Hosting aplikasi SaaS seperti manajemen pelanggan, manajemen faktur, manajemen karyawan, atau perangkat lunak perencanaan dan kolaborasi.
  • Mendukung beberapa server virtual
  • Mencadangkan data bisnis
  • Menyimpan dan berbagi dokumen penting
  • Menyediakan desktop virtual untuk karyawan

Small business server mampu menunjang pada semua layanan diatas dan berbagai keperluan bisnis lainnya. Server yang berkualitas dapat mendukung semuanya secara bersamaan, namun bagi sebagian bisnis terutama bisnis besar biasanya setiap server memiliki perannya masing-masing dan tidak menggabungkan semuanya menjadi satu karena dapat berbahaya jika terjadi hal tak terduga, misalnya seperti kebakaran.

Tips Memilih Server Sesuai Budget dan Kebutuhan Untuk Bisnis Anda

1. Membuat Daftar Kebutuhan Aplikasi

Pertama ada membuat daftar kebutuhan aplikasi apa saja yang akan dijalankan oleh bisnis saat ini dan di masa depan. Pertimbangkan juga jumlah pengguna aplikasi-aplikasi yang akan dijalankan.

2. Lakukan Pencarian Spesifikasi Server

Setelah semua daftar aplikasi dan jumlah pengguna sudah ada, maka perlu dilakukan pencarian spesifikasi server itu sendiri. Carilah spesifikasi server yang ideal, spesifikasi itu bisa dilihat dari sisi prosesor, RAM dan penyimpanan. Pastikan spesifikasi server memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

3. Pilih Tipe Server Yang Sesuai

Apabila Anda telah menentukan spesifikasi yang dibutuhkan, maka selanjutnya Anda perlu memilih tipe server seperti apa yang akan digunakan.

4. Tentukan Lokasi Server

Terdapat dua pilihan untuk menentukan lokasi mana yang cocok untuk menyimpan server bisnis Anda. Pertama dapat melakukan setting up server di tempat berlangsungnya bisnis (location). Kedua dapat melakukan setting up server di co-location.

5. Perhitungkan Anggaran Server

Setelah melakukan proses assasesment yang telah disebutkan di atas, maka Anda perlu memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan server perusahaan, demi kelangsungan bisnis yang telah direncanakan.

6. Teliti
Teliti spesifikasi server berdasarkan keperluan atau program yang ingin Anda jalankan.

Ada dua cara berbeda untuk menentukan prosesor, RAM, dan hard drive. Yang mana harus Anda pilih saat hendak memilih server:

Tips Memilih Server Sesuai Budget dan Kebutuhan Untuk Bisnis Anda

Riset mandiri:

Buatlah daftar semua program atau aplikasi yang akan Anda jalankan di server tersebut. Pertimbangkan berapa banyak pengguna yang harus dilayani setiap aplikasi, sekarang dan dalam waktu dekat.

List ke dalam daftar dan buka Google untuk mencari saran dan riview yang dilakukan oleh orang lain. Ulangi langkah ini untuk setiap program dan tambahkan setidaknya 20% buffer untuk memperhitungkan beban yang mampu ditampung oleh server.

Konsultasikan kebutuhan server yang sesuai untuk bisnis Anda bersama IT consultant KamiWebDevelopment.com, temukan solusi server terbaik untuk bisnis Anda dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Tips Memilih Server Sesuai Budget dan Kebutuhan Untuk Bisnis Anda

Sumber :

Baca Yuk :
Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »