Pengertian Hosting, Hosting adalah lokasi atau media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Layanan hos web adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Pengertian Hosting

Baca Yuk :

Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website.



Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hos adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hos terdiri dari sebuah peladen atau gabungan peladen-peladen yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hos yaitu hos berbagi (shared hosting), hos dedikasi (dedicated hosting), VPS (virtual private server), dan peladen kolokasi (colocation server).

Sejarah Hosting

Hingga 1991, Internet terbatas hanya digunakan “…untuk penelitian dan pendidikan dalam ilmu pengetahuan dan rekayasa…”dan digunakan untuk lalu lintas surel, telnet, FTP dan Usenet—tetapi hanya di halaman web yang sedikit. Protokol Waring Wera Wanua baru saja ditulis dan baru pada pengujung 1993 ada penjelajah web grafis untuk komputer Mac atau Windows. Meskipun telah mulai dibukanya akses internet, situasinya masih membingungkan sampai 1995.

Untuk menghos situs web di internet, seseorang atau suatu perusahaan memerlukan komputer atau peladen mereka sendiri.Karena tidak semua perusahaan punya anggaran atau keahlian untuk melakukan ini, muncul layanan-layanan hos web yang menawarkan untuk menghos situs web para pengguna di peladen mereka, tanpa membutuhkan klien untuk memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengoperasikan situs web. Pemilik situs webnya, disebut juga webmaster, yang bisa membuat situs web yang akan dihos di peladen layanan hos web dan diterbitkan ke jaringan oleh layanan hos web.




Dengan meningkatnya banyak pengguna www, tekanan yang dihadapi perusahan, baik besar maupun kecil, untuk memiliki keberadaan dalam jaringanpun meningkat. Pada 1995, perusahaan seperti GeoCities, Angelfire dan Tripod menawarkan layanan hos gratis.

Baca Yuk :