Mengenal Apa itu PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) adalah organisasi nirlaba yang melakukan pengelolaan nama domain tingkat tinggi Indonesia (.id) dan domain-domain tingkat dua di bawahnya.

Mengenal Apa itu PANDI
(Pengelola Nama Domain Internet Indonesia)

PANDI adalah organisasi nirlaba berbadan hukum perkumpulan yang terdiri dari individu-individu dari internet multi-stakeholder Indonesia. Keanggotaan PANDI mencerminkan keterwakilan Pemerintah Republik Indonesia, akademisi, dan pelaku bisnis.

Registri Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) adalah Registri Nama Domain Tingkat Atas Indonesia (.ID) yang ditugaskan oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo) Republik Indonesia dengan Keputusan No. 806 tahun 2014.

Pada tanggal 29 Juni 2007, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Indonesia secara resmi memberikan administrasi domain .id kepada PANDI. Delegasi tersebut ditulis dalam Catatan Penugasan Administrasi Domain .id no. BA-343 / DJAT / MKOMINFO / 6/2007 dari Direktorat Jenderal Aptel.

Untuk menjalankan registri nama domain .ID, setiap empat tahun anggota PANDI memilih Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas PANDI melalui Rapat Umum Anggota.

PANDI didukung oleh staf yang cakap dan berdedikasi yang selalu mengembangkan diri untuk mematuhi perubahan dan evolusi teknologi di komunitas pengguna internet – di Indonesia dan internasional. Dengan Visi Dan Misi PANDI sebagai berikut:

  • Menjadikan domain .id sebagai domain pilihan utama di tingkat nasional dan sebagai domain pilihan di tingkat internasional.
  • Memastikan sistem layanan registri dan domain name system beroperasi dengan stabil, aman, terpercaya, dan mengikuti standar Internasional.
  • Meningkatkan penggunaan jumlah nama domain .ID untuk menjadi tuan rumah di Indonesia dan juara di tingkat ASEAN
  • Mengembangkan tata kelola pengelolaan nama domain Indonesia dengan melibatkan publik, dan pemerintah secara transparan dan akuntabel.
  • Berperan aktif dalam komunitas global untuk pengembangan tata kelola internet global.
  • Berperan aktif dalam pengembangan, riset dan inovasi teknologi yang terkait dengan Internet.

Produk dan Layanan

Id, id, ac.id, or.id, go.id, my.id, web.id, biz.id, net.id, mil.id, sch.id, desa.id, ponpes.id

source :

aptika.kominfo.go.id 
https://pandi.id

Read previous post:
Cara Install CMS Opencart Versi 2.x - 3.x
Cara Install CMS Opencart Versi 2.x – 3.x

Close