Kebijakan baru WhatsApp Sabtu 15 Mei 2021. WhatsApp menjelaskan perubahan dan yang tidak berubah ketika pengguna menekan tombol setuju akan aturan privasi terbaru.

Kebijakan baru WhatsApp

Dilansir dari inet.detik.com , WhatsApp menegaskan bahwa pembaruan aturan ini tidak mempengaruhi privasi dari pesan-pesan pengguna yang dikirim ke keluarga, teman, atau lainnya. Perubahan ini berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional di WhatsApp.




“Komitmen kami terhadap privasi Anda tidak berubah. Percakapan pribadi Anda tetap terlindungi oleh enkripsi end-to-end. Ini berarti tidak seorang pun di luar chat Anda, termasuk WhatsApp atau Facebook, yang dapat membaca atau mendengarkannya,” tulis WhatsApp di blog resminya.

Di WhatsApp, Anda akan terhubung dengan lebih banyak bisnis untuk menyelesaikan berbagai hal secara lebih cepat dibandingkan dengan melalui telepon atau email. Ini sepenuhnya bersifat opsional.

Ada dua jenis akun bisnis di WhatsApp, yaitu akun bisnis normal dan akun bisnis khusus yang menggunakan cloud. Saat chat dengan akun bisnis normal, layaknya mengobrol dengan teman. Sedangkan chat dengan akun bisnis khusus, obrolan yang terjalin akan digunakan untuk menghasilkan iklan bertarget di Facebook.

WhatsApp akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai cara mereka mengumpulkan, membagikan, dan menggunakan data.

Privasi dan keamanan chat pribadi Anda dengan keluarga dan teman tidak akan pernah berubah.

Pengguna WhatsApp sendiri yang memegang kendali. Anda dapat memilih apakah ingin membagikan telepon dengan bisnis atau tidak dan dapat memblokir bisnis kapan saja.

Penerimaan Anda atas ketentuan layanan yang baru tidak akan memperluas kemampuan WhatsApp untuk membagikan data pengguna dengan Facebook, perusahaan induk kami.

Setelah mengundang pro dan kontra, serta kekhawatiran pengguna, kebijakan baru WhatsApp resmi berlaku hari ini, Sabtu (15/5/2021).

Sejak jauh-jauh hari, WhatsApp telah mengirimkan notifikasi kepada para pengguna untuk menyetujui aturan privasi terbaru, yang mana sering muncul muncul lewat pop up saat membuka aplikasi WhatsApp.

“Berkaitan dengan pembaruan ini, WhatsApp tidak akan menghapus akun pengguna dan tidak satu pengguna pun akan kehilangan fungsionalitas WhatsApp pada tanggal 15 Mei 2021,” ujar WhatsApp.

Fungsi dasar layanan WhatsApp, seperti mengirim/menerima chat dan panggilan/menerima telepon masih bisa dilakukan walaupun belum menyetujui kebijakan baru WhatsApp.

Saat membagikan kebijakan baru WhatsApp, banyak terjadi kesalahpahaman yang menimbulkan pro dan kontra. Alhasil, tak sedikit yang beralih ke Telegram maupun Signal.




WhatsApp pun kembali menegaskan kebijakan privasi baru yang berlaku 15 Mei tidak memengaruhi pesan pribadi. Perubahan tersebut hanya berhubungan dengan fitur bisnis.

“Pembaruan ini juga memberikan transparansi lebih lanjut mengenai cara kami mengumpulkan data dan menggunakan data,” kata Whatsapp.

Source : https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5570090/begini-perubahan-setelah-update-kebijakan-baru-whatsapp

Read previous post:
Tips Menghindari Aplikasi Jahat di Android
Tips Menghindari Aplikasi Jahat di Android

Close