Robot Bantu Disabilitas Pakai Baju Sendiri. Bagi orang-orang normal untuk memakai pakaian sendiri hal yang biasa dan mudah, namun tidak bagi mereka penyandang disabilitas yang kerap mengalami kesulitan.

Keren, Robot Bantu Disabilitas Pakai Baju Sendiri

Baca Yuk :

Meski dibantu orang lain tapi adakalanya mereka harus bisa melakukannya sendiri jika tidak ada siapapun yang bisa membantunya.



Untuk itu para peneliti di MIT CSAIL telah menemukan solusi yang dianggap potensial, di mana mereka membuat robot yang dapat membantu tugas-tugas seperti itu.

Gagasan tentang robot adalah membantu seseorang berpakaian tampaknya tidak terlalu rumit, tetapi memang demikian. Ini karena ketika seseorang membantu orang lain mengenakan pakaian, mereka tahu cara memegangnya dan bagaimana membuat penyesuaian agar orang lain bisa memakainya.

Dengan robot, ada salah satu masalah yakni ‘freezing robot’ di mana robot menghentikan apa yang telah diprogram untuk dilakukan karena mereka menabrak secara fisik.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu peneliti di tim, Shen Li, mengembangkan algoritma untuk mendefinisikan kembali keselamatan gerak robot dengan memungkinkan apa yang mereka sebut ‘safe impact’.




Mengembangkan algoritma untuk mencegah kerusakan fisik tanpa memengaruhi efisiensi tugas yang tidak perlu adalah tantangan kritis. Dengan mengizinkan robot untuk membuat dampak yang tidak berbahaya dengan manusia, metode kami dapat menemukan lintasan robot yang efisien untuk mendandani manusia dengan jaminan keamanan.

Keren, Robot Bantu Disabilitas Pakai Baju Sendiri

Sejauh ini apa yang telah dikembangkan para peneliti menunjukkan cukup menjanjikan. Namun, konsep tersebut tampaknya menunjukkan bahwa selain membantu orang berpakaian sendiri, itu dapat digunakan di area lain di mana bantuan robot diperlukan.

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-5644069/canggih-robot-ini-bantu-disabilitas-pakai-baju-sendiri?tag_from=wp_nhl_9

Baca Yuk :