Istilah Mobile Aplikasi Development, Untuk menjadi seorang mobile developer, ada beberapa istilah Mobile App Development yang perlu diketahui.

Istilah  Mobile Aplikasi Development

Baca Yuk :

Ada beberapa Istilah  Mobile Aplikasi Development, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • SDK
    SDK (Software Development Kit) atau Android software development adalah Kit yang dapat digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis android.
    SDK merupakan sebuah tools yang digunakan oleh para programmer sebagai alat bantu dan API (Application Programming Interface). SDK yaitu kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat atau sistem operasi tertentu. Contoh dari SDK termasuk Windows 7 SDK, Mac OS X SDK, dan iPhone SDK.
    Didalamnya terdapat beberapa tools seperti dokumentasi, tutorial, sampel kode, debugger dan libraries.
  • APK
    APK merupakan singkatan dari Android Application Package, yaitu suatu paket file yang difungsikan untuk dapat mendistribusikan suatu file menjadi satu kesatuan untuk keperluan instalasi program atau aplikasi di sistem operasi Android.
    Pada dasarnya, .apk merupakan file arsip yang berisi komponen yang digunakan untuk menginstal aplikasi. Meskipun saat ini OS Android sudah dilengkapi dengan built-in APK installer, namun masih banyak pengguna yang ingin menginstal aplikasi langsung melalui file .apk ini.
    APK pada umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang di jalankan pada perangkat android.
  • Native
    Aplikasi native atau aplikasi asli dikembangkan dengan bahasa pemograman tertentu untuk di gunakan pada perangkat mobile dengan sistem android, IOS atau mobil OS yang lain.
    Aplikasi native adalah aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman yang spesifik untuk platform tertentu. Contoh populernya yaitu penggunaan bahasa pemrograman Objective-C atau Swift untuk platform iOS (Apple). Adapun platform Android yang menggunakan bahasa pemrograman Java.
  • Hybrid
    Aplikasi Hybrid adalah aplikasi mobile yang di buat menggunakan framework seperti react native atau flutter untuk membuat aplikasi android,IOS dll.
    Keuntungan membangun aplikasi hybrid yaitu pemeliharaan project menjadi semakin mudah jika dibandingkan dengan aplikasi native. Aplikasi hybrid juga dapat dibangun secara cepat untuk keperluan cross platform dan dana yang bisa menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan native.
  • Kotlin
    Kotlin adalah bahasa pemograman modern untuk aplikasi mobile dengan OS android. Bahasa pemograman kotlin mudah dipelajari jika sudah memahami java.
  • Swift
    Swift adalah sebuah bahasa pemograman yang dikembangkan oleh Apple Inc.  Paltform ini merupakan platform khusus buatan Apple Inc. Bahasa pemogramab swift merupakan bahasa pemograman yang cepat dan type safe.

Demikian tadi merupakan  Istilah  Mobile Aplikasi Development, semoga bermanfaat.

Penulis : Feby Kurniawati Rejeki

Baca Yuk :