Apa itu API (Application Programming Interface), API adalah sekumpulan definisi dan protokol untuk membangun dan mengintegrasikan perangkat lunak aplikasi. API adalah singkatan dari antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface).

Apa itu API (Application Programming Interface)

Baca Yuk :

API atau Application Programming Interface adalah sebuah interface yang dapat menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. API berperan sebagai perantara antar berbagai aplikasi berbeda, baik dalam satu platform yang sama atau lintas platform.

API sudah ada sejak lama beberapa saat ini semakin populer. Perusahaan menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan keunggulan dari yang lain dengan menemukan cara yang lebih efisien untuk mengambil informasi lebih cepat untuk melayani pelanggan.

Di era digital seperti sekarang ini semua hal menjadi saling terkoneksi dengan mudah dan bahkan tidak terbatas. Mulai dari proses berkunjung dari toko online satu ke toko online yang lain sambil berbelanja dengan transaksi menggunakan debit, atau memesan kerandaraan online dan mencari tahu lokasi dari driver. Contoh tadi dapat terjadi karena adanya penggunaan API (Application Program Interface).

API dapat sepenuhnya berfungsi secara khusus, terutama untuk komponen, atau dapat dirancang berdasarkan standar industri untuk memastikan interoperabilitas. Melalui penyembunyian informasi, API memungkinkan pemrograman modular, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan antarmuka secara terpisah dari implementasinya.

API dapat digunakan pada sistem berbasis web, sistem operasi, sistem basis data, dan perangkat keras komputer. Dengan menggunakan API untuk membuat pekerjaan pengembang menjadi lebih efisien dengan menggunakan kembali kode dari sebelumnya dan hanya mengubah bagian yang relevan dengan proses yang ingin mereka perbaiki.

Berikut ini beberapa fungsi API yang umum bagi setiap pengembang yang menggunakannya:

  • Jika Anda ingin menyematkan peramban web untuk menampilkan satu atau beberapa laman web, misalnya, Anda tidak harus memprogram peramban web Anda sendiri dari awal hanya untuk aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan WKWebView API untuk menyematkan objek browser WebKit (Safari) di aplikasi Anda.
  • Jika Anda ingin mengambil foto atau video dari kamera iPhone, Anda tidak perlu menulis antarmuka kamera Anda sendiri. Anda menggunakan API kamera untuk menanamkan kamera bawaan iPhone di aplikasi Anda. Jika API tidak ada untuk mempermudah metode ini, pengembang aplikasi harus membuat perangkat lunak kamera sendiri dan menginterpretasikan input perangkat keras kamera.

Untuk membuat Web API, beberapa hal yang harus disediakan adalah:

  • Mendukung fungsi CRUD yang bekerja melalui HTTP protocol dengan method GET, POST, PUT dan DELETE
  • Memiliki response Accept Header dan HTTP status code
  • Response dengan format JSON, XML atau format apapun yang kamu inginkan. Akan tetapi kebanyak digunakan kedalam format JSON.
  • Mendukung fitur MVC seperti routing, controllers, action results, filter, model, IOC container, dll.
  • Web API dapat berjalan di Apache atau web server lainnya yang didukung sesuai bahasa pemrograman yang digunakan.
  • Web API seperti sebuah alamat web (end point) yang dibuat untuk menangani beberapa task sesuai request yang diterima, juga terkadang memiliki parameter sebagai data yang dibutuhkan agar dapat menampilkan hasil yang diinginkan, juga pada beberapa kasus untuk mengakses API dibutuhkan kode otentikasi yang telah diizinkan untuk melihat data yang diinginkan. Semua rule ini ditentukan oleh programmer yang membuatnya.

Keuntungan menggunakan API Bagi Para Developer Antara Lain:

  •  Aplikasi
    API membantu kinerja dari aplikasi lebih cepat dan fleksibel seperti layanan dan informasi yang diberikan karena API dapat memasuki komponen-komponen aplikasi.
  •   Kustomisasi
    Dengan API, kustomisasi untuk konten dan layanan dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan keinginan.
  •  Fleksibel
    API membuat layanan menjadi lebih fleksibel. Hal tersebut karena API mendukung data migrasi lebih baik dan informasi yang didapat ditinjau lebih dekat.
  • Integration
    API dapat menjamin pengiriman informasi lebih lancar dikarenakan API memungkinkan konten tertanam dari aplikasi maupun situs dengan mudah. Hal tersebut memberikan pengalaman yang terintegrasi bagi pengguna.
  • Lebih banyak data
    API memberikan banyak pilihan karena semua informasi yang dihasilkan di tingkat pemerintah tersedia untuk setiap warga negara.

API berkomunikasi melalui serangkaian aturan yang menentukan bagaimana komputer, aplikasi atau mesin dapat berbicara satu sama lain. Web API bertindak sebagai perantara antara dua mesin yang ingin terhubung satu sama lain untuk tugas tertentu.

Contoh yang sederhana adalah ketika Anda masuk ke Facebook dari ponsel, Anda memberi tahu aplikasi Facebook bahwa Anda ingin mengakses akun Anda. Aplikasi seluler melakukan panggilan ke Web API untuk mengambil akun Facebook dan data Anda. Facebook kemudian akan mengakses informasi ini dari salah satu servernya dan mengembalikan data ke aplikasi seluler. Demikian informasi tentang Apa itu API (Application Programming Interface), semoga bermanfaat.

 source: niagahoster.co.id, qwords.com,idcloudhost.com

Baca Yuk :