Green NewsPaper, The Mainichi Shimbun mampu menciptakan 100 persen koran daur ulang ramah lingkungan.Mainichi Shimbun menciptakan koran yang terbuat dari kertas daur ulang dan bisa tumbuh menjadi tanaman. Konsep ramah lingkungan ini disebut Green Newspaper atau surat kabar hijau.

Green NewsPaper

KOSUKE TAKESHIGE

Green NewsPaper

Green NewsPaper

Green NewsPaper

Dilansir dari blookup.com, News literally sowing and blooming to make gardens and balconies more beautiful, In the collective imagination, we see paper burning to warm us during cold winter times or to light our barbecues !  But we don’t think about making it recyclable to the point of returning it to the earth, This amazing concept comes from Japan! It is  the Mainichi Shinbun (毎 日 新聞), a daily newspaper created in 1872 and printed over 5 million copies, presented the idea of proposing a bio-degradable and easy-to-plant paper version of itself, The project, entitled “Green Newspaper”, is very successful with an urban Japanese population keen on reconnecting with nature. You just have to crumble the paper! Which is made with (a mixture of recycled paper, seeds, grass, water, flowers such as daisies, poppies or roses and vegetable ink) ! Then disperse it in freshly worked soil, add water.

The Mainichi Shimbun Newspaper

Green Newspaper memang bukan koran sembarangan. Di dalamnya, terdapat benih-benih mikro yang membuatnya tumbuh menjadi bunga cantik bila ditanam.

Koran ini diproduksi oleh penerbit paling tua di Jepang yaitu The Mainichi Newspaper. Didirikan di jepang pada tahun 1872 yang memiliki arti “Berita harian”. Tujuan perusahaan tersebut adalah untuk membuat bumi menjadi lebih hijau serta mengurangi polusi udara.

Koran The Mainichi Shimbun jadi koran pertama yang menggunakan teknologi kertas yang bisa tumbuh jadi tanaman. Koran yang diberi nama green newspaper ini bisa ditanam layaknya tanaman biasa.

Dalam kertas koran Green NewsPaper ini terkandung biji tanaman. Bahkan, tinta yang digunakan oleh koran Mainichi ini terbuat dari tanaman sehingga ketika kertas tersebut ditanam, tinta akan berfungsi sebagai pupuk.

Caranya menanam Green NewsPaper adalah sebagai berikut :
Begitu koran sudah tidak dipakai  lagi

  • Potong – potong kecil
  •  Taruh di atas tanah
  • Siram setiap hari seperti menanam tanaman
  • Kemudian  beberapa hari kemudian akan tumbuh tunas bunga baru

The Mainichi memberikan contoh nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kepada anak–anak serta mengajarkan pentingnya untuk mengurangi sampah kertas dengan mendaur ulang.

Mainichi Shimbun memakai kertas bio-degradable atau kertas yang mampu terurai secara alami. Komponen kertas terdiri dari campuran air, rumput, biji-bijian, sayuran, dan aneka bunga seperti aster, poppy atau mawar.

Inisiatif ini juga melibatkan sekolah untuk meningkatkan kesadaran anak-anak tentang masalah lingkungan dan mengajarkan pentingnya daur ulang. Untuk mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh sistem pembuangan limbah tradisional, maka salah satu upayanya adalah mendaur ulang.

Source: greeners.co, blookup.com

Green NewsPaper

Read previous post:
microsoft mesh bisa meeting dengan hologram
Microsoft Mesh Bisa Meeting dengan Hologram

Close