Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone Cari iPhone Hilang. Fitur Find My iPhone berfungsi untuk melacak dan menemukan posisi iPhone yang hilang. Cara ini dinilai efektif dilakukan di saat pengguna kehilangan ponselnya dalam waktu beberapa menit saja. Selain dapat mencari lokasi ponsel, fitur Find My iPhone diklaim dapat melindungi data dan informasi iPhone penggunanya.

Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone Cari iPhone Hilang

Aplikasi besutan Apple ini telah disematkan pada produk buatannya sejak 2010 lalu. Fitur ini dapat mengunci iPhone pengguna apabila ponsel tersebut hilang atau dicuri oleh orang.

Jika perangkat iOS Anda hilang tanpa jejak, maka Anda dapat melacak keberadaan perangkat Anda. Untungnya, Apple tampaknya unggul dalam kasus seperti ini. Anda dapat melacak keberadaan iOS jika hilang atau dicuri dengan mengaktifkan Find My iPhone. Tetapi bagaimana cara mengaktifkannya? Maka, berikut ini 5 langkah mengaktifkan dan menggunakan Find My iPhone.

Berikut cara mengaktifkan fitur Find My iPhone :

  1. Buka menu seting di smartphone
  2. Klik ID Apple, jika belum sign in maka selesaikan alurnya
  3. Pilih menu Find My > klik Find My iPhone > aktifkan atau geser Find My iPhone ke posisi ON. Fitur ini memungkinkan pemilik menemukan lokasi iPhone melalui perangkat lain
  4. Geser fitur “Send Last Location” ke posisi ON
  5. Buka Find My iPhone pada smartphone iPhone lain
  6. Masukkan ID Apple yang digunakan di perangkat atau ponsel iPhone yang hilang

Cara pakai Find My iPhone

Setelah berhasil login, maka tampilan akan dialihkan menuju tampilan lokasi atau maps.

Selain itu terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih pemilik untuk mengamankan posisi smartphone jika ponsel dipastikan hilang di tempat publik.

Setidaknya ada tiga pilihan yang dapat digunakan, sebagai berikut:

  1. Play sound atau bunyikan ringtone, fitur tombol ini berada di pojok kiri bawah layar. Jika perangkat iPhone masih berada di sekitar, maka pemilik dapat mengklik fitur tersebut untuk mempermudah pencarian.
  2. Lost Mode, pemilik dapat memilih menggunakan pilihan ini jika merasa iPhone ditemukan oleh orang lain atau dicuri oleh orang lain.Caranya masukkan kode kunci smartphone > masukkan serangkaian nomor acak yang tidak berkaitan, seperti jangan gunakan nomor ponsel. Jika iPhone masih hidup atau terhubung dengan jaringan internet, maka iPhone pemilik akan terkunci otomatis dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kunci tadi, sehingga pemilik dapat mengetahui lokasi terakhir iPhone.

    Namun jika kondisi iPhone mati atau tidak tersambung dengan jaringan internet, maka pemilik dapat mendapatkan notifikasi melalui email yang persis dengan email terdaftar ID Apple, sehingga pemilik dapat melacak kondisi terakhir iPhone. Fitur Find My iPhone ini juga dapat dijalankan di smartphone iPhone maupun personal computer (PC).

  3. Erase iPhone, pemilik dapat menggunakan opsi ini jika khawatir tidak dapat menemukan kembali iPhone dan khawatir data di dalam smartphone akan disalahgunakan penemu. Artinya data yang tersimpan di iPhone akan dihapus secara permanen.

Fitur Find My iPhone di PC atau Notebook

Selain menggunakan ponsel, pemilik iPhone yang hilang dapat menggunakan fitur ini untuk melacak posisi terakhir gawai yang hilang. Berikut cara menggunakan Find My iPhone melalui PC atau notebook.

  • Buka browser dari PC
  • Buka situs https://icloud.com
  • Masukkan ID Apple dan kata sandi yang digunakan di perangkat atau smartphone iPhone yang hilang
  • Klik all device > pilih perangkat iPhone yang hilang

Setelah berhasil login, maka tampilan akan dialihkan menuju tampilan lokasi atau maps yang menunjukkan lokasi iPhone terakhir diletakkan. Lengkap dengan daya baterai yang bertahan, hingga kapan smartphone tersebut terakhir dinyalakan.

Cara-cara tersebut mempermudah pengguna yang bingung ketika mereka lupa dimana menaruh ponsel. Selain itu, aplikasi Find My Device dinilai efektif untuk mencegah penyalahgunaan data ketika ponsel yang hilang sampai di tangan kedua atau pencuri.

Itulah cara mengaktifkan dan menggunakan Find My iPhone. Jika perangkat dicuri, disarankan untuk menghubungi pihak berwajib agar membantu untuk mencari ponsel yang hilang.

Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone Cari iPhone Hilang

Read previous post:
PANDI dan Kemenkumham Kerja Sama Lindungi Pengguna Domain

Close