Apa itu Malware?, Malware (sebutan untuk perangkat lunak berbahaya) adalah perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer.

Apa itu Malware?

Baca Yuk :

Menyadur Tech Target, malware atau malicious software, adalah program atau file lunak yang berbahaya bagi pengguna device.

Definisi Malware

Malware adalah singkatan dari malicious software. Malware sendiri adalah sebuah software yang dirancang dengan tujuan untuk membahayakan, menyusup, atau merusak sebuah komputer. Malware merupakan sesuatu yang harus diwaspadai bagi pengguna yang aktifitas sehari-harinya tidak terlepas dari komputer atau jaringan internet.

Malware juga biasa didefinisikan sebagai kode berbahaya. Software ini bisa melumpuhkan atau mengganggu operasi sebuah sistem, memungkinkan hacker untuk mendapat akses ke informasi rahasia dan sensitif serta memata-matai komputer serta pemilik komputer itu sendiri.

Malware dikirim dalam bentuk tautan atau file melalui email, di mana pengguna diharuskan membuka file untuk mengeksekusi malware.

Malware atau malicious software merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang biasanya dibuat untuk melakukan aksi kriminal. Malware biasanya digunakan oleh cybercriminal (penjahat dunia maya) untuk mencuri data, menyebabkan kekacauan, dan merusak perangkat.

Sering kali dibuat oleh para hacker, malware biasanya terdiri dari kode yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan besar pada data dan sistem, atau untuk mendapatkan akses ke sebuah jaringan yang terkunci.

Data-data yang dicuri bisa berupa data kartu kredit, catatan kesehatan, email dan kata sandi pribadi, identitas pribadi, bahkan menambang bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Namun, ada pula malware yang dibuat untuk tujuan lain seperti alat untuk menguji keamanan suatu perangkat, protes, bahkan senjata perang antarpemerintah.

Malware sebenarnya telah menjadi ancaman bagi individu dan perusahaan sejak awal tahun 1970-an ketika virus creeper pertama kali muncul.

Tidak sembarangan orang yang dapat membuat perangkat lunak seperti ini. Biasanya mereka adalah orang-orang yang sudah paham mengenai cara membuat perangkat lunak dan sistem keamanan pada perangkat lunak. Meskipun begitu saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membuat malware. Sejak itu, dunia telah diserang oleh ratusan ribu varian malware yang berbeda, semua dengan tujuan untuk menyebabkan gangguan dan kerusakan sebanyak-banyaknya.

Biasanya, malware juga diciptakan untuk membantu para hacker menghasilkan uang, baik dengan menyebarkan software perusak itu sendiri atau menjualnya ke penawar tertinggi. Intinya, jika anda menemukan malware pada device, itu bukanlah suatu pertanda yang baik. Demikian artikel tentang Apa itu Malware?,semoga bermanfaat.

Source: https://glints.com

Baca Yuk :