Aplikasi Google Translate 1 Milyar Unduhan Di Play Store, Google Translate merupakan layanan penerjemah milik Google telah mencatatkan rekor baru, yaitu telah mencapai 1 miliar unduhan di Google Play Store.

Aplikasi Google Translate 1 Milyar Unduhan Di Play Store

Aplikasi dan layanan milik Google hampir semua populer di semua kalangan, karena layanan Google tersebut kebanyakan gratis.

Aplikasi Google Translate dirilis pada Januari 2010 di Android, saat ini telah telah menjadi layanan terjemahan bahasa tak tertandingi.

Melansir dari Gizmochina, Aplikasi Google Translate 1 Milyar Unduhan Di Play Store, angka tersebut merupakan hasil kalkulasi berdasarkan total unduhan oleh pengguna, bukan dari kemitraan dengan OEM yang menyediakan aplikasi Google Translate secara pre-installed.

Pada Usianya yang ke 11 tahun dan 3 bulan sejak dirilis Google Translate telah mencapai lebih dari 1 miliar unduhan di Google Play Store. Pemasangan ini berasal dari pengguna dan bukan OEM karena aplikasi ini bukan bagian dari paket aplikasi inti GMS (Layanan Seluler Google) wajib.

Saat ini Google terus mengembangkan Translate dengan fitur-fitur terbaru, agar lebih mudah digunakan. Salah satunya fitur Live Transcribe yaitu berfungsi untuk menerjemahkan percakapan langsung ke dalam format teks.

Google Translate saat ini juga mendukung sekitar 109 bahasa dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Dengan begitu, Translate bisa sangat membantu ketika traveling keliling dunia.

Google Translate juga mendukung tulisan tangan, voice input, dan typing input. Terakhir, aplikasi bahkan bisa menerjemahkan percakapan lengkap dalam real-time.

Awal Mula Google Translate

Google Translate pada awalnya hanya terbatas menerjemahkan dalam satuan kata dan frasa. Hal tersebut karena algoritma yang digunakan hanya membaca pola dan statistik (statistical machine translation/SMT), sehingga formulasi tata bahasanya buruk dan tidak akurat.

Namun Google terus melakukan berbagai inovasi dan pada akhir 2016 Google Translate beralih menggunakan Google Neural Machine Translation (GNMT). Sistem ini dapat menerjemahkan kalimat utuh sekaligus, bukan hanya mengartikan kata per kata.

Oleh karena itu  penggunaannya mendapatkan terjemahan yang paling relevan, yang kemudian kalimat tersebut disusun kembali dan diselaraskan sesuai dengan tata bahasa yang tepat.

Fitur Google Translate Offline

Kelebihan Google Translate adalah bisa digunakan saat sedang tidak tersambung dengan internet (offline). Jika saat bepergian tanpa ada koneksi internet sama sekali atau memang sedang tidak ingin menggunakan paket data.

Untuk menggunakan Google Translate secara offline pada perangkat Android dan iOS, Anda cukup mengunduh dahulu aplikasinya. Pastikan mengunduh versi terbarunya. Berikut langkahnya:

  1. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi
  2. Buka aplikasi Translate
  3. Pilih menu di sisi kiri atas layar
  4. Pilih offline translation
  5. Pilih bahasa yang ingin digunakan secara offline, lalu Unduh (download)

Jika proses unduh bahasa sudah selesai, selanjutnya tinggal gunakan saja tanpa perlu terhubung internet.

Fitur-fitur Google Translate

  1. Terjemahan Teks (Type to Translate)
    Fitur ini adalah fitur klasik. Pengguna bisa mencari arti kata dalam bahasa lain yang hendak dicari dengan cara mengetiknya.
  1. Terjemahan Suara (Speak to Translate)
    Pada terjemahan suara yaitu dengan mengucapkan kata atau kalimat secara langsung atau dari orang lain, aplikasi dapat mengalihbahasakannya dengan cepat. Dan usahakan pada saat menggunakan fitur ini dengan suara yang jelas dan bersih.
  1. Terjemahan Kamera (Instant Camera Translation)
    Terjemahan kamera yaitu pengguna dapat menerjemahkan teks dalam foto yang telah diambil atau bisa juga mengambil foto baru melalui aplikasi Google Translate dengan mengetuk logo kamera.
  1. Terjemahan Tulis (Write to Translate)
    Yaitu dengan menggunakan pensil layar sentuh, jika tidak punya gunakan jari pun bisa. Biasanya ini digunakan untuk mendefinisikan bahasa yang tidak menggunakan alfabet latin atau aksara romawi.

Aplikasi Google translate tidak hanya bisa menerjemahkan bahasa yang diketik oleh pengguna tapi juga tulisan yang tertera. Demikian artikel tentang  Aplikasi Google Translate 1 Milyar Unduhan Di Play Store, semoga bermanfaat.

Source: techno.okezone.com, inet.detik.com, cnnindonesia.com/teknologi

Read previous post:
cara mengetahui akun facebook bocor
Cara Mengetahui Akun Facebook Bocor

Close