Tips Membuat Website Booking Hotel. Saat ini, proses reservasi hotel sudah menggunakan sistem online karena dinilai lebih cepat dan up to date. Jadi, kita tidak perlu lagi datang atau telepon ke bagian resepsionis untuk memesan kamar.


Salah satu strategi promosi yang cukup efektif dari sebuah hotel adalah dengan mengandalkan website. Selain bisa menjangkau lebih banyak orang, cara membuat website booking hotel juga sudah semakin mudah, Sob.

Cara membuat website reservasi hotel sendiri tentu akan berbeda dengan website pada umumnya. Setidaknya, dalam website tersebut harus ada form reservasi dan berbagai hal yang mendukungnya.

Tips Membuat Website Booking Hotel

Kebanyakan orang (69%) mengutamakan kenyamanan pemesanan saat memesan akomodasi, itulah sebabnya sistem pemesanan hotel online menjadi sangat populer. Sebanyak 88% orang dewasa di AS memilih untuk memesan hotel secara online. Hasilnya, industri hotel online mengalami pertumbuhan signifikan secara global, mencapai nilai $4,548 triliun pada tahun 2022 .

Membuat reservasi hotel melalui telepon atau iklan di surat kabar mungkin sudah ketinggalan zaman. Saat ini, sebagian besar wisatawan memilih metode yang lebih nyaman.

Lalu bagaimana cara membuat website booking hotel ?

  1. Menentukan Sasaran dan Target Audiens
  2. Merencanakan Struktur dan Fitur Situs Web
  3. Memilih Nama Domain dan Penyedia Web Hosting
  4. Mengoptimalkan Website untuk Mesin Pencari (SEO)
  5. Menguji dan Mengoptimalkan Kinerja Situs Web
  6. Meluncurkan dan Memasarkan Website

Tips Membuat Website Booking Hotel

Mengapa Website Booking Hotel Penting?

Website booking hotel saat ini sudah menjadi gerbang terdepan dalam mendatangkan pengunjung-pengunjung baru. Pasalnya, website akan terus berjalan selama 24 jam full dan siapa pun bisa mengaksesnya kapan saja.

Terlebih website booking hotel biasanya sudah bisa terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi reservasi hotel yang kini semakin menjamur. Hotel yang memiliki website sendiri juga pastinya akan meningkatkan visibilitasnya di internet.

Dengan kemajuan teknologi dan peningkatan penggunaan internet, memiliki sebuah platform online untuk memesan kamar hotel telah menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan perencanaan pembuatan website kamu, Sob.

Halaman Penting yang Harus Ada di Website Booking Hotel

Jika kamu ingin membuat website reservasi hotel, maka kamu harus tahu ada halaman-halaman khusus yang harus ada di dalam website tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sign Up (Pendaftaran)

Halaman Sign Up dibuat untuk mereka yang benar-benar ingin melakukan reservasi atau pemesanan kamar. Sign Up tidak diperlukan hanya untuk melihat paket-paket yang kamu tawarkan.

Baca Juga :   Aplikasi Tools Heatmap untuk Monitoring Analisis Website 2024

Lebih dari itu, halaman ini bisa memuat profil pengunjung yang akan menjadi pelanggan. Semua informasi pemesanan, detail kontak, riwayat pesanan, dan sebagainya akan termuat di halaman ini.

2. Form Reservasi

Selanjutnya, halaman form reservasi juga harus ada di dalam website booking hotel. Nantinya, pengunjung bisa mengisi formulir pemesanan di sini. Halaman tersebut akan memudahkan pengunjung untuk memesan kamarnya.

Formulir reservasi memungkinkan hotel untuk mengumpulkan informasi penting tentang tamu, seperti nama lengkap, tanggal kedatangan dan keberangkatan, jumlah tamu, preferensi kamar, dan informasi kontak.

3. Your Bookings

Di halaman ini, pengunjung bisa melihat pesanan yang telah mereka buat, mulai dari tanggal pemesanan, kamar yang dipilih, waktu check-in, dan berbagai informasi penting lainnya terkait pemesanan.

Halaman ini tentu saja hanya bisa dilihat oleh mereka yang sudah mendaftar dan memesan kamar. Jadi, antara pengunjung satu dengan pengunjung lain tidak akan melihat halaman yang sama di bagian ini.

4. Halaman Penawaran

Selanjutnya, jangan lewatkan juga untuk membuat halaman penawaran demi bisa menggaet pengunjung-pengunjung baru. Nantinya, halaman ini bisa menjadi landing page jika kamu menjalankan marketing secara online.

Pastikan kamu membuat halaman penawaran yang menarik karena bisa jadi pesanan datang setelah pengunjung melihat halaman ini. Gunakan teknik copywriting atau strategi digital marketing lainnya untuk mendatangkan banyak tamu.

5. Lokasi Hotel

Meskipun pemesanan dilakukan secara online, tetapi pada saat menginap tentu pengunjung akan butuh lokasi pasti di mana hotel berada. Itulah kenapa kita perlu memberikan informasi tersebut secara khusus.

Informasi tentang lokasi ini juga sangat penting, terutama jika hotel memiliki beberapa cabang. Hal itu demi memastikan bahwa mereka yang melakukan pemesanan tidak datang ke lokasi hotel yang salah.

6. About Us

Halaman ‘About Us’ atau ‘Tentang Kami’ dari sebuah hotel memiliki peran yang sangat penting dalam membangun citra merek, memperkenalkan identitas hotel, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Halaman ini bisa dibilang halaman perkenalan, Sob. Dengan menyajikan informasi tentang sejarah, nilai, visi, dan misi hotel, pengunjung dapat lebih memahami identitas dan komitmen hotel dalam menyediakan layanan terbaiknya.

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa website booking hotel sangatlah penting untuk mendukung kemajuan bisnis. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Tips Membuat Website Booking Hotel

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menginstal plugin di Photoshop?

1. Buat Perencanaan tentang Tujuan Website

Cara membuat website hotel yang pertama adalah menentukan perencanaan awal pembuatan website. Kamu harus tahu siapa saja yang akan menjadi target pasar, apa saja yang akan ditawarkan, bagaimana promosi akan kamu jalankan, dan sebagainya.

Jika hal itu sudah bisa kamu tentukan, maka proses pembuatan website ke depannya akan lebih mudah. Kamu hanya perlu menyesuaikannya saja dengan tujuan-tujuan yang telah dibuat sebelumnya.

2. Buat Domain

Hal kedua yang perlu lakukan adalah membuat domain website menggunakan domain nama hotel bersangkutan. Pastikan nama tersebut belum digunakan sehingga alamat web akan lebih eksklusif.

Pemeriksaan dan pembuatan nama domain ini bisa kamu lakukan dengan, Sob. Salah satunya Domain Murah dari Jagoanhosting.com. Jika kamu sudah menemukan nama domain yang cocok, segera beli domain tersebut agar bisa segera digunakan.

3. Siapkan Layanan Web Hosting

Pilih layanan web hosting yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan layanan hostingmu memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung traffic website. Kamu bisa pilih layanan web hosting di Jagoan Hosting yang siap onlinekan website bookingmu tanpa kendala.

3. Pilih Website Builder

Cara membuat website booking hotel berikutnya adalah dengan memilih platform website builder yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Beberapa platform yang populer adalah WordPress, Wix, Squarespace, atau Shopify.

Pilihlah platform yang menawarkan fleksibilitas, kemudahan penggunaan, dan fitur-fitur yang dapat mendukung fungsi website booking hotel kamu, Sob. Dengan begitu, langkah-langkah pembuatan website berikutnya akan jadi lebih mudah.

3. Buat Desain yang Menarik

Selanjutnya, desain website kamu harus menarik dan responsif sehingga bisa diakses dengan baik oleh siapa saja dan melalui perangkat apa saja, termasuk desktop, tablet, maupun smartphone.

Gunakan desain yang bersih, navigasi yang intuitif, dan gambar-gambar yang menarik sehingga memberi kesan yang baik pada pengunjung. Jika bingung, beberapa platform website builder sudah menyediakan templates website hotel yang sangat menarik.

4. Tambahkan Fitur untuk Kebutuhan Booking

Beberapa fitur penting yang harus ada di website booking hotel antara lain:

  • Halaman informasi hotel
  • Galeri foto
  • Deskripsi kamar dan harga
  • Kalender ketersediaan kamar
  • Formulir reservasi online
  • Sistem pembayaran online
  • Halaman FAQ
  • Halaman kontak

5. Pastikan Website Mudah Digunakan Siapa Saja

Pastikan website yang kamu buat mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Utamanya memang untuk pengunjung, tetapi pihak-pihak internal perusahaan juga harus memahaminya sehingga sistem bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

Cara membuat website booking hotel tidak perlu terlalu ribet. Asalkan semua fungsi pemesanannya baik tentu sudah cukup. Dengan begitu, proses pemesanan akan berjalan dengan lancar, begitu juga dengan respon dari petugas yang berjaga.

6. Jalankan Strategi SEO

Jika semua komponen website sudah siap, lakukan strategi optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas website kamu di internet. Semakin baik strategi SEO yang kamu jalankan, maka traffic ke website akan berjalan dengan baik.

Lakukan riset kata kunci, technical SEO, serta buat konten website secara reguler untuk meningkatkan peringkat pencarian hotel kamu di Google. Semua hal tersebut bisa kamu lakukan secara organic.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa menghadirkan layanan penginapan hotel yang lebih luas. Lagi, siapa saja bisa memesan kamar di hotel kamu melalui website tersebut.

Bagaimana, Sob? Mudah bukan cara membuat website booking hotel? Segera praktikkan apa yang sudah kita bahas di atas, dan siap-siap kebanjiran pesanan dari para pendatang baru maupun pelanggan lama.

Tips Membuat Website Booking Hotel

Buat Website Booking Hotel Mudah dan Terjangkau di Jagoan Hosting

Siap untuk mengangkat bisnis hotelmu ke level berikutnya?

Mulai sekarang dengan membuat website booking hotel yang mengagumkan! Dengan Jagoan Hosting, buat situs webmu dengan mudah dan cepat.

Dapatkan hosting dan domain terbaik untuk memulai petualangan onlinemu. Tak perlu menunggu lagi, jadikan hotelmu terlihat lebih menarik dan mudah ditemukan oleh tamu potensial!

FAQ

Apa saja langkah-langkah membuat web booking hotel?

Buat perencanaan, membuat domain website, gunakan website builder pilihanmu, buat desain yang menarik, buat website yang mudah digunakan, dan tingkatkan visibilitas website di Google dengan SEO.

Apa saja yang harus ada dalam form pemesanan kamar hotel?

Nama pemesan, nomor yang bisa dihubungi, jumlah kamar, jenis kamar, paket layanan, dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana agar website lebih responsif?

Pastikan website kamu bisa diakses dari berbagai platform, baik PC, tablet, maupun smartphone.

Tips Membuat Website Booking Hotel

Selamat mencoba 🙂