Cara Menampilkan Hasil Google Search yang Tak Tampil di bawah Pencarian. Perubahan ini muncul lagi di Google Search Generative Experience pada bulan Juni lalu, dan sekarang Search tidak lagi menampilkan jumlah hasil secara default sebagaimana dilansir Android Police.


Tidak bisa dipungkiri, Google Search, menjadi rujukan hampir seluruh pengguna internet di seluruh dunia untuk mencari informasi tentang apapun. Namun, cara orang mendapatkan informasi di Google Search agaknya sedikit berubah.

Saat mencari sebuah keyword di Google Search, biasanya kita akan ditampilkan jumlah hasil penelusurannya. Namun sejak tahun 2016 silam, Google mulai menguji coba perubahan untuk menghilangkan fitur tersebut.

Cara Menampilkan Hasil Google Search yang Tak Tampil di bawah Pencarian

Search Engine Roundtable telah menunjukkan bahwa Google Penelusuran sekarang menyembunyikan jumlah hasil untuk semua jenis penelusuran, termasuk perintah situs. Baru-baru ini, telah menjadi jelas bahwa jumlah yang biasanya muncul di antara filter pencarian dan hasil pencarian sudah tidak terlihat lagi.

Meskipun demikian, jumlah tersebut tidak hilang untuk selamanya. Hal ini diketahui berdasarkan cuitan dari akun @si1very di X (sebelumnya Twitter), angka tersebut baru saja dipindahkan ke bawah menu “alat” di kanan atas bilah pencarian, di samping Pencarian Lanjutan dan filter lainnya.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Tersimpan di Galeri

Perubahan ini memang sedikit menyulitkan untuk melihat dengan cepat berapa banyak hasil yang muncul dari kueri penelusuran. Namun berdasarkan cuitan tersebut dapat dikonfirmasi bahwa jumlah hasil masih muncul ketika pengguna mengklik menu Alat.

Meskipun perubahan ini bisa dibilang tidak berdampak pada fungsionalitas dengan jumlah hasil sering kali mencapai jutaan atau bahkan miliaran, tapi ini telah menjadi andalan di Google Search selama bertahun-tahun.

Mesin pencari di dunia maya menjadi salah satu kebutuhan para peselencar dunia maya. Pencari tinggal mengetikkan kata yang dia cari, dalam hitungan detik bermunculan hasil pencarian. Salah satu mesin pencari yang popular adalah google search.

Cara Menampilkan Hasil Google Search yang Tak Tampil di bawah Pencarian

Manfaat Google Search

Tapi, tahukan Anda banyak kemampuan mesin pencari Google yang jarang digunakan. Berikut 5 fungsi Google Search yang tidak banyak diketahui orang:

1. Mencari konten dari situs tertentu

Baca Juga :   Aplikasi Tools Heatmap untuk Monitoring Analisis Website 2024

Mungkin banyak orang sudah mengetahui Google Search dapat digunakan untuk mencari situs website. Ternyata, mesin pencari situs tersebut dapat digunakan untuk mencari spesifik situs tertentu.  Pencarian tersebut dapat menggunakan perintah site.

2. Mencari dengan huruf yang hilang atau tidak lengkap

Terkadang Anda mungkin tahu apa yang ingin Anda cari. Tapi terkadang sulit mengingat kata atau frase yang tepat. Percaya atau tidak, ada solusi untuk membantu Anda. Mesin pencari Google dapat menggunakan tanda bintang (*) sebagai wildcard. Dengan tanda ini Anda dapat mengganti setiap kata atau huruf dengan kemungkinan alternative.

3. Mencari situs serupa

Jika situs atau layanan yang Anda gunakan selama ini tidak cukup dan perlu sedikit yang berbeda, maka Anda perlu sedikit yang berbeda. Anda dapat menggunakan tanda: “related: (situs yang digunakan)”. Mesin pencari akan mengeluarkan beberapa situs serupa dengan situs yang sering Anda gunakan.

4. Mencari definisi

Jika Anda sedang mencari definisi sebuah kata, Anda tidak perlu untuk pergi mencari kamus online. Mesin pencari bisa menunjukkan definisi dari kata yang Anda cari. Anda tinggal mencantumkan kata “define: (kata yang dicari)”. Mesin pencari akan menunjukkan semua definisi kata yang dibutuhkan.

Baca Juga :   Tips Cara Hapus Riwayat Pesanan di Shopee

5. Menghitung konversi

Google Search mampu mengkonversi banyak unit yang berbeda ukuran. Sebagai contoh, Anda hanya perlu mengetikkan “10,5 cm in inch”. Mesin pencari dengan otomatis akan mengkonversikan dua satuan unit tersebut. Hal ini pun berlaku untuk konversi mata uang.

Google Search adalah mampu mengkonversi banyak unit yang berbeda ukuran. Untuk membuat hal lebih mudah, juga mampu melakukannya berdasarkan bahasa alami. Jadi, misalnya, Anda hanya perlu mengetikkan “10,5 cm dalam inci” dan Anda akan diberikan dengan angka dikonversi. Singkatan juga akan bekerja dan mesin pencari juga mengakui konvensi kode, seperti mata uang.

Cara Menampilkan Hasil Google Search yang Tak Tampil di bawah Pencarian

Selamat mencoba 🙂