Tips Belajar SEO Website Otodidak. SEO sangat menarik bagi kalangan marketing karena dapat mengakuisisi traffic organic yang relatif berkualitas. Tidak hanya itu, SEO juga gratis jika kamu menguasai tekniknya. Garis bawahi kalimat “jika kamu menguasai tekniknya”. Bagaimana jika tidak menguasai teknik SEO? Maka kamu harus membayar jasa seo atau bahkan agency digital untuk menjalankan sebuah campaign SEO yang biayanya bisa dibilang sangat mahal.


Padahal, SEO sangat mempengaruhi ranking website dalam hasil pencarian. Tanpa menerapkannya, website akan sulit muncul pada halaman awal mesin pencari, sehingga jarang pengguna internet yang mengunjungi.

SEO merupakan faktor krusial dalam digital marketing yang kini semakin berkembang. Namun, untuk seorang pemula, belajar SEO dapat terasa menantang dan membingungkan.

Tips Belajar SEO Website Otodidak

Hal tersebut akan berdampak pada tingkat penjualan jasa atau layanan yang ditawarkan. Maka dari itu, perusahaan perlu staf yang paham mengenai SEO.

Semua orang pasti ingin website-nya muncul di halaman pertama mesin pencari. Namun kenyataannya, agar website kita muncul di halaman pertama Google bukanlah suatu hal yang mudah.

Dalam dunia digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi yang paling efektif untuk mengoptimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencari.

Namun belajar SEO terkadang bisa menjadi hal yang rumit dan membingungkan. Jangan khawatir, artikel ini akan memberi tahu Anda cara belajar SEO otodidak untuk memaksimalkan kemampuan website Anda lebih baik lagi.

1. Mulailah dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar SEO

Sebelum mulai belajar SEO, pastikan Anda memahami prinsip-prinsip dasar di balik SEO. Ini termasuk apa itu kata kunci, bagaimana mesin pencari bekerja, dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi peringkat website. Banyak sumber daya online gratis yang tersedia untuk mempelajari hal-hal ini, seperti blog dan situs web tutorial. Pastikan untuk mengikuti sumber daya yang terpercaya dan up-to-date.

2. Pilih kata kunci yang tepat dan relevan

Baca Juga :   Cara Membuat Alamat di Google Maps dengan Cepat dan Mudah

Kata kunci atau keywords adalah kunci utama dalam SEO. Pertama, buat daftar kata kunci yang relevan dengan bisnis atau niche website Anda. Kemudian, teliti volume pencarian dan tingkat persaingan dari setiap kata kunci. Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian yang cukup tinggi tetapi persaingannya rendah. Pilih kata kunci tersebut sebagai target on-page SEO Anda.

Tips Belajar SEO Website Otodidak

3. Buat konten yang baik dan bermutu

Konten yang baik dan bermutu merupakan faktor penentu terbesar dalam SEO. Buatlah konten yang unik, relevan dengan niche website dan memberikan manfaat bagi pengunjung. Pastikan untuk memasukkan kata kunci pada judul, subtitle, dan seluruh bagian konten. Namun, jangan terlalu memaksa atau memberikan kata kunci berlebihan di dalam konten karena hal ini justru dapat merugikan peringkat website Anda.

4. Optimalkan struktur dan penempatan kata kunci

Setelah membuat konten yang baik dan relevan, optimalkan struktur konten dan penempatan kata kunci. Pastikan judul dan konten relevan dengan kata kunci yang diincar. Gunakan struktur heading dan subheading dengan benar, pastikan tag H1 dan H2 sesuai dengan judul dan subjudul, dan jangan lupa untuk memastikan bahwa struktur konten Anda rapi dan mudah dibaca.

5. Buat tautan balik atau backlink

Tautan balik atau backlink adalah tautan dari website lain yang menuju ke website Anda. Dalam SEO, backlink dapat menunjukkan otoritas dan kredibilitas dari website Anda. Pastikan untuk membuat konten yang bermanfaat dan relevan agar website lain tertarik untuk memberikan tautan balik ke website Anda.

6. Analisis dan pantau hasil

Setelah menerapkan berbagai teknik SEO, pantau dan analisislah hasilnya. Gunakan Google Analytics dan Search Console untuk memantau lalu lintas website Anda dan faktor-faktor apa saja yang dapat ditingkatkan. Dari sana, Anda dapat mengevaluasi teknik mana yang berhasil dan perlu ditingkatkan lebih lanjut.

Baca Juga :   Perbedaan Android Developer dan Web Developer

Dalam belajar SEO, konsistensi dan berusaha terus menerus sangat penting. Dengan menerapkan teknik-teknik yang dijelaskan di atas dan berkomitmen untuk belajar secara otodidak, Anda akan bisa meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Sekali lagi. Semua orang pasti ingin website-nya muncul di halaman pertama mesin pencari. Namun kenyataannya, agar website kita muncul di halaman pertama Google bukanlah suatu hal yang mudah. Dalam dunia digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi yang paling efektif untuk mengoptimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencari. Namun belajar SEO terkadang bisa menjadi hal yang rumit dan membingungkan. Jangan khawatir, artikel ini akan memberi tahu Anda cara belajar SEO otodidak untuk memaksimalkan kemampuan website Anda lebih baik lagi.

Tips Belajar SEO Website Otodidak

7. Memperdalam Pengetahuan SEO

Tidak seorang pun bisa mempelajari setiap detail dari SEO dalam sekali duduk. Oleh karena itu, kamu juga tidak perlu buru-buru dalam mempelajarinya, Sob.

Setelah belajar SEO dasar dan menerapkan beberapa strategi SEO sesuai CMS, maka waktunya kamu mempelajari aspek lain dari SEO.

Di antara berbagai aspek SEO, kamu bisa mendalami area yang lebih umum atau yang menurutmu perlu dikuasai. Beberapa contoh aspek SEO yaitu internal link, optimasi kecepatan web, optimasi gambar, analisis backlink dan banyak lagi.

Kamu juga bisa memilih untuk mendalami satu aspek SEO tertentu, namun tetap memahami mengenai aspek lainnya.

8. Menerapkan Otomatisasi SEO

Banyak tugas terkait SEO yang pengerjaannya butuh waktu lama dan harus kamu lakukan secara berkala. Untungnya, tugas-tugas tersebut dapat dapat diotomatisasi menggunakan tools tertentu.

Banyak digital marketer yang menerapkan otomatisasi SEO supaya lebih efisien waktu. Berikut beberapa tugas SEO yang bisa kamu otomatisasi:

  • Website crawls
  • Menganalisa kualitas profil link
  • Position tracking
  • Memantau penyebutan brand dan link baru
  • Analisis keyword intent
  • Membuat meta description dalam skala besar
Baca Juga :   Aplikasi Tools Monitoring Server Terbaik 2024

Melansir dari Surfer SEO, berikut beberapa tool otomatisasi SEO terbaik yang bisa kamu gunakan:

  • SEMrush Keyword Magic Tool
  • Surfer
  • Ahrefs Content Explorer
  • SEO PowerSuite
  • Little Warden

Tips Belajar SEO Website Otodidak

9 Mengikuti Update SEO

Meskipun dasar-dasar SEO tetap sama, ada banyak aspek SEO yang terus mengalami perubahan secara.

Terlebih lagi Google melakukan beberapa kali update dalam setahun, sehingga berdampak pada berubahnya cara mesin pencari menangani aspek teknis SEO. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu mengikuti kabar dan update SEO.

Berikut beberapa tips untuk melakukannya:

  • Mengikuti konferensi SEO
  • Bergabung ke grup Facebook SEO
  • Mendengarkan podcast SEO
  • Bergabung ke komunitas SEO
  • Mengikuti kabar dari sumber resmi, seperti Search Console Blog dari Google

10. Melengkapi SEO dengan Keterampilan Lain

Meskipun sekarang tersedia banyak cara untuk belajar SEO gratis, terkadang terdapat aspek yang tidak bisa kita pelajari secara mandiri.

Nah, untuk menyempurnakannya kamu bisa mengikuti kursus atau webminar SEO. Melalui program tersebut kamu menyediakan kesempatan untuk belajar dari praktisi SEO yang sudah ahli.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi SEO dengan keahlian lain, seperti pemahaman mengenai Google Analytics dan Javascript.

Kamu juga bisa mengasah berbagai soft skill yang menunjang SEO, seperti kemampuan analisis, penulisan konten, kemampuan dalam menggunakan tools SEO, web coding, dan banyak lagi.

Tips Belajar SEO Website Otodidak

Dalam belajar SEO, konsistensi dan berusaha terus menerus sangat penting. Dengan menerapkan teknik-teknik yang dijelaskan di atas dan berkomitmen untuk belajar secara otodidak, Anda akan bisa meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari. Selamat mencoba!