Penyebab Website Lambat Ketika Diakses, website yang lambat diakses menjadi problema tersendiri bagi pemilik bisnis. Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan dalam menarik audiens atau pengunjung website adalah kecepatan pemuatan halaman website. yang lambat diakses, selain berpotensi menurunkan kenyamanan pengunjung, hal ini juga berpeluang besar dalam pergeseran peringkat website di urutan mesin pencari.

Penyebab Website Lambat Ketika Diakses

Baca Yuk :

Beberapa penilaian website yang dikatakn cepat dan lemot mempunyai kriteria seperti berikut:

  • Dibawah 1 detik = Perfect
  • 1-3 detik = above average
  • 3-7 detik = average
  • 7 detik keatas = very poor

Bila terdeteksi Very poor maka website sangat lambat dan lama ketika diakses, maka berikut ini adalah beberapa Penyebab Website Lambat Ketika Diakses, yakni:

Performa Server Kurang Optimal

Performa server merupakan kunci dari kecepatan website. Server berfungsi menyimpan semua data dari website sekaligus melayani permintaan data dari pengunjung website tersebut. Jika server yang digunakan tidak optimal, website akan menjadi lambat. Ada dua faktor utama yaitu jenis server yang digunakan, dan lokasi server. Salah satu penyebab website lambat diakses

Database Terlalu Besar

Menyimpan banyak data pada server akan mempengaruhi kecepatan website Anda. Contohnya, ketika Anda memiliki terlalu banyak postingan pada website yang berisi file berukuran besar. Penggunaan database yang terlalu besar juga terjadi jika Anda kerap mengumpulkan data dari pengunjung yang menjadi penyebab website lambat diakses

Penggunaan Gambar tanpa Optimasi

Untuk menciptakan konten yang menarik, peran gambar sangat penting untuk memberikan ilustrasi. Banyak website yang menggunakan gambar dengan kualitas terbaik dalam setiap postingan website mereka. Namun File gambar yang besar akan memakan banyak bandwidth dan membebani server. Format gambar yang cenderung berukuran besar seperti GIF dan PNG juga akan mempengaruhi loading website Anda sehingga website lambat diakses

Menggunakan WordPress Versi Lawas

Menggunakan versi WordPress lawas berakibat buruk. Anda akan melewatkan berbagai perbaikan yang membuat website lebih cepat. Tidak hanya itu, melewatkan fitur terbaru berarti pengelolaan konten menjadi kurang optimal. Selain itu, dari sisi keamanan, versi terbaru selalu memberikan perlindungan terhadap serangan malware maupun tindakan peretas (hacker) dengan lebih baik.

Pengelolaan Cache Tidak Optimal

Caching adalah proses penyimpanan sementara file HTML supaya halaman website lebih cepat diakses untuk permintaan berikutnya. Dengan cara ini, penggunaan bandwidth lebih minimal dan proses loading menjadi lebih cepat. Tentu saja caching yang dimaksud di sini adalah server-side caching atau proses caching di server. Server yang digunakan sangat mempengaruhi kerja dari server-side caching ini.

Demikian artikel mengenai Penyebab Website Lambat Ketika Diakses, semoga pembahasan ini dapat memberikan sedikit solusi masalah website Anda. Terima kasih.

Sourcce: niagahoster.co.id

Baca Yuk :