Keunggulan Aplikasi Signal, Signal menawarkan layanan chatting yang diklaim dapat melindungi data pengguna, di mana yang jadi masalah WhatsApp saat ini dengan kebijakan baru berbagi data dengan Facebook.

Keunggulan Aplikasi Signal

Baca Yuk :

Aplikasi Signal didirikan oleh Matthew Rosenfeld seorang ahli kriptografi dan peneliti keamanan Australia-Amerika. Aplikasi ini dianggap memiliki fokus yang lurus sebagai aplikasi perpesanan dan memiliki keamanan yang sederhana. Platform ini adalah pilihan untuk mereka yang mengkhawatirkan privasi, pelacakan, iklan atau pengawasan pemerintah.

Kelebihan Signal adalah ia mengumpulkan data dalam jumlah minimal sehingga ia tak akan banyak membagikan data seandainya pun aplikasi menginginkannya. Aplikasi Signal memiliki kebijakan privasi tidak mengumpulkan beragam jenis data pengguna. Salah satu alasan mereka tidak mengumpulkan data, yaitu karena aplikasi ini dikelola oleh organisasi nirlaba sehingga tidak ada tuntutan mendapatkan iklan.

Aplikasi ini menawarkan enkripsi end-to-end secara default untuk semua percakapan. Dengan pengamanan tersebut hanya sesama anggota chat baik chat pribadi maupun chat grup yang memiliki kunci enkripsi dan dekripsi untuk melihat isi chat yang mereka lakukan dan tidak ada pihak lain yang memiliki kunci dekripsi ini, termasuk pengelola server. Bahkan stiker yang bisa dikirim lewat Signal pun dilindungi oleh enkripsi khusus.

Signal menggunakan enkripsi berdasarkan Signal Protocol yang mereka kembangkan sendiri. Protokol ini juga digunakan oleh perusahaan lain, termasuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, dan lainnya.

Untuk bergabung dengan Signal, pengguna bisa mendaftar dengan nomor telepon. Pengguna tinggal menuliskan nama dan juga memperbaharui foto profil. Signal tersedia di ponsel Android maupun iOS. Juga ada versi desktop untuk Linux, Windows dan macOS.

Berikut ini adalah Keunggulan Aplikasi Signal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Disappearing Message
    Dilansir dari Wall Street Journal, fitur ini memungkinkan pengirim mengatur seberapa lama pesan ditampilkan kepada penerima. Pengirim pesan bisa memilih durasi waktu 5 detik sampai dengan 7 hari. Setelah mencapai waktu yang dipilih, pesan akan secara otomatis terhapus. Cara mengaktifkan fitur ini dengan membuka percakapan, lalu klik profil kamu, setelah itu akan ada opsi ‘Disappearing Message’ dan tinggal aktifkan.
  1. View-once Media
    Pengirim pesan mungkin hanya ingin menunjukkan sebuah foto atau video dan tak ingin penerima pesan menyimpan file tersebut. Dengan fitur View-once Media, foto atau video yang dikirim akan terhapus secara otomatis begitu penerima membuka file. Cara menggunakan fitur ini, dengan menekan ikon ‘infinity’ sebelum mengirim file gambar atau video.
  1. Signal Pin
    Signal Pin merupakan gerbang pengaman agar orang lain tidak dapat meregistrasi nomor seluler yang sama pada aplikasi Signal di perangkat lain. Jika pengguna sudah mengaktifkan pin, maka pin tersebut harus dimasukkan ketika registrasi lewat perangkat lain dengan nomor seluler yang sama.
  1. Konfirmasi Video Call
    Saat menjawab video call di aplikasi Signal, video di perangkat penerima panggilan tidak secara otomatis aktif. Video baru akan aktif ketika pengguna mengaktifkan kameranya. Fitur ini memberikan pilihan kepada pengguna apakah bersedia menampilkan video kepada orang yang menelpon.

Semoga artikel Keunggulan Aplikasi Signal dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

source:  cnbcindonesia.com

by feby kurniawati rejeki

Baca Yuk :