Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio. Sering terjadi pengawasan yang menimbulkan faktor ancaman, seperti memberikan akses terhadap data dan telepon pengguna tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka.

WhatsApp telah menawarkan enkripsi untuk obrolan, video, bahkan voice note. Meski demikian, banyak pakar keamanan mengklaim bahwa aplikasi chatting tidak sepenuhnya aman. Dan dalam kasus ini, WhatsApp diklaim sebagai alat yang ideal untuk melindungi dan mengamankan obrolan dan konten.


Secara umum, WhatsApp memiliki tingkat keamanan yang tinggi, tetapi tidak ada sistem yang sepenuhnya kebal terhadap potensi ancaman keamanan atau hacking.

Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

Beberapa langkah telah diambil oleh WhatsApp untuk menjaga privasi dan keamanan penggunanya:

  1. Enkripsi End-to-End: WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end, yang berarti pesan yang dikirim antara pengguna dienkripsi dan hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju. Tidak ada pihak ketiga, termasuk WhatsApp sendiri, yang dapat membaca pesan tersebut.
  2. Verifikasi Dua Langkah: WhatsApp menyediakan fitur verifikasi dua langkah, yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan PIN yang harus dimasukkan saat menginstal ulang WhatsApp. Hal ini dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan.
  3. Autentikasi Sidik Jari: Setiap perangkat memiliki kode identifikasi unik yang disebut sidik jari. WhatsApp memanfaatkan sidik jari untuk memastikan bahwa pesan hanya dapat dibaca oleh perangkat yang ditujukan.

Meskipun demikian, ada beberapa risiko yang harus diwaspadai:

  • Phishing: Pengguna mungkin menjadi target upaya phishing yang mencoba mendapatkan informasi login mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak memberikan informasi login Anda ke situs web atau aplikasi yang mencurigakan.
  • Perangkat yang Tidak Aman: Jika perangkat pengguna terinfeksi malware atau tidak memiliki langkah-langkah keamanan yang memadai, pesan WhatsApp mereka dapat terancam keamanannya.
  • Kehilangan Perangkat: Jika perangkat hilang atau dicuri, pesan dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang jika perangkat tersebut tidak dilindungi dengan kata sandi atau pengamanan lainnya.

Untuk menjaga keamanan akun WhatsApp Anda, pertimbangkan untuk:

  • Memastikan bahwa aplikasi WhatsApp selalu diperbarui ke versi terbaru.
  • Mengaktifkan verifikasi dua langkah.
  • Menjaga keamanan perangkat dan menggunakan kata sandi atau autentikasi sidik jari jika mungkin.
  • Berhati-hati terhadap pesan atau tautan yang mencurigakan.
Baca Juga :   Tips Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Namun, tidak ada jaminan keamanan absolut di dunia digital. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam menggunakan aplikasi dan perangkat Anda, dan selalu ikuti langkah-langkah keamanan yang disarankan oleh penyedia layanan.

Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

Tips Ampuh untuk Amankan Obrolan WhatsApp dari Pelacak dan Hacker

Berikut 5 tips untuk mengamankan obrolan WhatsApp, merangkum dari News18, Selasa (26/12/2023).

  1. Terus aktifkan enkripsi end-to-end secara default untuk semua obrolan. Dengan mengaktifkan enkripsi, maka tidak akan ada yang bisa membaca pesanmu di WhatsApp, bahkan pihak WhatsApp sekalipun.
  2. Aktifkan pesan menghilang untuk obrolan. Tips ini akan sangat berguna apabila perangkatmu sedang dilacak oleh orang lain. Pesan-pesan yang kamu kirim dan terima di WhatsApp akan hilang dalam beberapa menit atau jam. Dengan begitu, pelacak tidak bisa membaca pesan-pesan tersebut.
  3. Aktifkan enkripsi untuk cadangan obrolan di cloud, sehingga Google atau Apple tidak dapat mengakses konten cadangan.
  4. Gunakan kunci obrolan untuk melindungi obrolan sensitif.
  5. Untuk menghindari penipuan panggilan, gunakan fitur senyapkan penelepon tak dikenal dan Relai panggilan yang menyembunyikan alamat IP selama panggilan.

Itu dia lima tips yang bisa kamu praktikkan untuk memastikan keamanan pesan-pesanmu di aplikasi chatting milik Meta ini.

Selain mengamankan pesan teks, kamu juga bisa mengamankan pesan berupa gambar/foto, video, dan voice note dengan fitur sekali lihat.

Fitur View Once ini pertama kali diperkenalkan untuk foto dan video pada tahun 2021. Dan di tahun 2023 ini, fitur tersebut diperluas untuk pesan suara.

Fitur View Once Pesan Suara

Dengan fitur View Once, pesan suara yang dikirimkan oleh pengguna, nantinya hanya akan bisa dibuka satu kali, untuk kemudian langsung menghilang setelah didengarkan.

“Baik untuk memberi tahu detail kartu kredit Anda kepada teman, atau saat Anda merencanakan sebuah kejutan, Anda sekarang dapat berbagi informasi sensitif melalui pesan suara tanpa perlu khawatir,” tulis WhatsApp dalam pengumumannya.

Selain itu, mengutip siaran persnya, Minggu (10/12/2023), platform messenger milik Meta ini mengatakan bahwa pesan suara Sekali Lihat juga akan ditandai dengan ikon “satu kali” dan hanya dapat diputar satu kali.

Baca Juga :   Solusi Mengatasi YouTube Lemot di Browser Pengguna yang Pakai Ad Blocker

“Seperti halnya semua pesan pribadi Anda, WhatsApp selalu melindungi pesan suara dengan enkripsi end-to-end, dan fitur Sekali Lihat hanyalah contoh lain dari inovasi privasi kami yang terus berlanjut.”

Fitur baru WhatsApp ini akan dirilis secara global dalam beberapa hari mendatang.

Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

Cara Bikin Pesan Suara View Once di WhatsApp

Berikut ini cara untuk membuat pesan suara agar hanya bisa dilihat satu kali di WhatsApp, seperti dikutip dari situs resminya:

  • Buka chat individual atau grup.
  • Gesek ke atas untuk mengunci rekaman.
  • Ketuk dan tahan untuk merekam.
  • Ketuk view once dengan ikon angka “1” dalam lingkaran. Saat ikon ini berubah warna menjadi hijau, Anda berada dalam mode sekali lihat.
  • Ketuk Send.
  • Jika penerima mengaktifkan laporan dibaca, Anda akan melihat label Dibuka di chat saat mereka telah membuka media atau pesan suara sekali lihat Anda.

Membuka media atau pesan suara sekali lihat di WhatsApp

  1. Ketuk pesan sekali lihat.
  2. Lihat foto, video, atau dengarkan pesan suara.
  3. Gesek atau ketuk back untuk keluar dari penampil.

WhatsApp Tambahkan Fitur Kode Rahasia untuk Chat Lock

Sebelumnya, WhatsApp pada Jumat (1/12/2023) mengumumkan peluncuran fitur baru berupa Kode Rahasia untuk Kunci Chat atau Chat Lock, secara global.

Pengumuman ini juga disampaikan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg, melalui Saluran WhatsApp-nya. “Meluncurkan kode rahasia untuk Chat Lock di WhatsApp sehingga Anda dapat melindungi chat Anda dengan kata sandi unik,” katanya.

“Sekarang Anda dapat mengatur chat terkunci untuk muncul hanya saat Anda mengetik kode rahasia di bilah pencarian, sehingga tidak ada yang bisa ‘secara tidak sengaja’ menemukan percakapan Anda yang paling pribadi,” Zuck menambahkan.

Fitur WhatsApp Chat Lock sendiri diperkenalkan awal tahun 2023 ini, untuk membantu orang-orang melindungi percakapan mereka yang dinilai sensitif. Untuk melengkapinya, perusahaan pun meluncurkan fungsi kode rahasia sebagai langkah tambahan perlindungan.

Menurut perusahaan, dengan tambahan ini, chat bakal lebih sulit ditemukan oleh orang yang memiliki akses ke ponsel Anda atau saat Anda berbagi ponsel dengan orang lain.

Baca Juga :   Tips Aplikasi Discord buat Obrolan Komunitas, Menggunakan Suara, Teks, Video, Secara Real Time

Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

WhatsApp Siapkan Kemampuan Baru di Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

WhatsApp baru saja merilis aplikasi beta versi 23.25.10.72 untuk perangkat iOS. Versi beta ini hadir dengan penambahan fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi audio dan video selama panggilan video.

Untuk diketahui, fitur Share Screen di WhatsApp memungkan pengguna berbagi layar mereka ketika melakukan panggilan video. Namun, fitur ini masih terbatas untuk sekadar untuk menampilkan apa yang diakses pengguna di layarnya.

Sementara dengan fitur baru ini, pengguna bisa tidak sekadar membagikan aktivitas di perangkat mereka, melainkan juga berbagai konten video dan audio. Jadi, pengguna bisa mendengarkannya bersama seluruh peserta panggilan video lainnya.

Cara kerja fitur ini di WhatsApp sangat sederhana. Selama panggilan video, pengguna tinggal memilih opsi berbagi layar dengan peserta lain dalam panggilan.

Setelah itu, mereka dapat memutar file video yang ingin dibagikan, dan WhatsApp akan mentransfer tampilan konten di layar beserta audionya.

Uji coba fitur ini sedang dilakukan pada versi beta iOS dan tersedia untuk pengguna TestFlight tertentu.

Diperkirakan, seperti dikutip dari Times of India, Minggu (31/12/2023) WhatsApp akan segera meluncurkannya ke platform lain,  dan memperluas jangkauannya kepada lebih banyak pengguna sebelum meluncurkan versi lebih stabil.

Di samping itu, WhatsApp juga sedang menguji fitur keamanan baru yang memungkinkan pengguna melindungi akun mereka dari serangan dan penipuan.

Alat keamanan baru ini memungkinkan pengguna memblokir atau melaporkan kontak yang mencurigakan, meningkatkan keamanan pengalaman menggunakan aplikasi WhatsApp.

Tips WhatsApp Aman dari Pelacak dan Hacker, Ada Fitur Share Screen, Bisa Berbagi Konten Video dan Audio

Sumber : https://www.liputan6.com