Harga Microsoft Surface SE Rp 3 Jutaan, Pesaing Chromebook. Surface Laptop SE harganya mulai Rp 3 jutaan, dan sejauh ini menjadi perangkat Surface yang paling murah. Perangkat ini ditujukan untuk keperluan pendidikan, tepatnya untuk para pelajar.

Laptop dengan harga Rp 3 jutaan ini memakai keyboard dan trackpad yang sama seperti Surface Laptop Go. Bodinya terbuat dari plastik dan layarnya berukuran 11,6 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixel.

Baca Yuk :

Microsoft merilis Surface Laptop SE. Laptop murah meriah yang bakal menjadi kompetitor Chromebook. Sebagai basisnya, dipakai sistem operasi Windows 11 SE, yang didesain khusus untuk pelajar dan bakal dipakai di banyak perangkat laptop murah yang bakal dirilis ke depannya.

Harga Microsoft Surface SE Rp 3 Jutaan, Pesaing Chromebook

Ini adalah perangkat Surface pertama dalam enam tahun terakhir yang menggunakan layar 16:9, di mana perangkat Surface lain sudah memakai layar dengan rasio 3:2 sejak Surface Pro 3 dirilis pada 2014.

Layar ini juga tampaknya menjadi titik paling lemah di Surface Laptop SE, karena resolusinya yang kecil. Padahal, Lenovo punya Chromebook Duet dengan layar 10,1 inch yang punya resolusi 1920 x 1200 pixel, dan harganya sama-sama USD 249.

Sebagai otaknya, Surface Laptop SE memakai Intel Celeron N4020 atau N4120, dipasangkan dengan RAM 4GB atau 8GB, serta storage 64GB atau 128GB eMMC. Di bagian atas layar ada webcam 1MP yang mendukung gambar 720p.

Lalu konektivitasnya ada satu port USB-A, satu port USB-C, jack audio 3,5mm, dan port charger khusus. Port charger ini membuat Surface Laptop SE menjadi satu-satunya Surface yang tak memakai port charging magnet seperti Surface lainnya.

Microsoft menjanjikan Surface Laptop SE bakal mudah diperbaiki. Contohnya penggunaan baut biasa yang mudah dibuka, sehingga mempermudah tim IT untuk mengganti panel layar, baterai, keyboard, dan bahkan motherboardnya, dan semua komponen itu bakal dijual lewat beberapa mitra Microsoft.

Mereka mengaku menghabiskan 18 bulan berdiskusi dengan berbagai tim IT untuk menemukan hal terpenting dalam mengurus laptop untuk sekolah, dan kemudahan perbaikan adalah salah satu hal terpenting.

Surface Laptop SE mulai dijual pada awal 2022 di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Jepang. Model paling murahnya 4GB/64GB dijual dengan harga USD 249 atau kisaran Rp 3,6 juta dan versi lebih mahalnya adalah 8GB/128GB dengan harga USD 329 atau sekitar Rp 4,7 juta .

Deretan laptop lain degan Windows 11 SE juga sedang disiapkan oleh Acer, Asus, Dell, Dynabook, Fujitsu, HP, JP-IP, Lenovo, dan Positivo, yang akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan.

Harga Microsoft Surface SE Rp 3 Jutaan, Pesaing Chromebook

Sumber : detik.com

Baca Yuk :